Brazing Adalah: Pengertian, Fungsi dan Bedanya dengan Welding

Pengertian brazing adalah cara penyambungan atau pengelasan dua buah logam menggunakan logam pengisi (filler) atau logam patri di antara permukaan logam induk yang disambung. Logam pengisi (filter) atau logam patri adalah bahan tambah yang titik cairnya jauh lebih rendah dibanding dengan titik cair logam yang akan disambung.

BELI MESIN LAS LISTRIK DISINI

Ada 2 jenis logam filler yang dipakai pada sistem brazing yaitu logam lunak dengan titik cair lebih rendah dari 450 °C dan filler dengan titik cair lebih tinggi dari 450 °C yang disebut logam patri keras. Bentuk bahan pengisi atau filler berbentuk batang, kawat dan berbentuk cincin. Metode pengelasan brazing umumnya ada 2 cara yaitu las gas Oksi-Asetilin dan Oksi-LPG.  Oksi-Asetilin menggunakan oksigen dan gas asetilin sedangkan Oksi-LPG menggunakan oksigen dan gas LPG.

Baca Juga : Cara Membedakan Besi Putih Asli dan Palsu

Pengertian Brazing

Nama lain dari brazing adalah braze atau soldering. Tidak ada perbedaan brazing dan soldering karena keduanya termasuk ke dalam jenis penyambungan solid state welding. Apa itu solid state welding? Solid state welding adalah pengelasan dimana tidak ada pelelehan pada benda kerja yang dilas.

Baca Juga : Perbedaan Pipa Galvanis dan Stainless

Dapatkan Informasi Tentang BRAZING di HPmu KLIK TOMBOL BINTANG DISINI ).

Fungsi Brazing

  • Fungsi brazing untuk melelehkan timah putih.
  • Fungsi brazing mencabut IC atau komponen eloktronik kecil yang menempel di impek.
  • Fungsi brazing bisa menyambung dua buah logam.
  • Fungsi brazing biasanya dipakai oleh para servicer eloktronik.

BELI MESIN LAS WELDING DISINI

Perbedaan Brazing dan Welding

Jika dilihat dari pengertiannya, pengertian brazing adalah penyambungan dua buah logam dengan logam pengisi (filler) atau logam patri yang titik cairnya lebih rendah dari titik cair logam yang akan disambung. Sedangkan pengertian welding adalah penyambungan dua buah logam dengan menggunakan alat pemanas yang temperaturnya sangat tinggi sehingga dapat mencairkan kedua logam tersebut dan dapat menyatukan kedua logam tersebut. Berdasarkan pengertian diatas, perbedaan brazing dan welding adalah temperaturnnya.

Baca Juga : Fungsi Mortar Laboratorium, Jenis dan Ukurannya

Kelebihan Brazing

  • Dapat menggabungkan dua jenis logam yang berbeda.
  • Memerlukan temperatur pengelasan yang rendah.

Kekurangan Brazing

  • Tidak dapat dilakukan pada suhu tinggi. Jika suhu yang tinggi dapat merusak logam dasar.
  • Tidak mampu menahan tekanan yang tinggi.

Itulah penjelasan mengenai brazing mulai dari pengertian, fungsi dan bedanya brazing dengan welding. Intinya, brazing adalah cara pengelasan logam logam pengisi (filler) atau logam patri. Saat pengelasan brazing biasanya ada bahan tambahan berupa fluks. Fungsi fluks adalah untuk mencegah oksidasi pada saat proses brazing. Selain itu, Fluks juga berguna untuk mengurangi asap yang timbul saat brazing. Bentuk Fluks berbentuk serbuk atau pasta ada juga yang langsung ditambahkan pada batang filler. Pada saat brazing, fluks ditambahkan sebelum dan pada saat pengelasan.

Jika ada tambahan informasi mengenai brazing atau ada permintaan pembahasan cara pengelasan logam lainnya bisa kirim pesan ke alamat email kpopsquadmedia@gmail.com. Atau mungkin ada keinginan untuk kerjasama dengan KPOP SQUAD MEDIA seperti pemasangan iklan, promosi youtube, content placement, backlink atau sejenisnya langsung kontak kami melalui alamat email diatas.

Ingin Pasang Iklan di kpopsquad.com? Hubungi kpopsquadmedia@gmail.com