Tugas MD Adalah: Ini Perbedaan MD dan SPG

TRENDING : CEK LINK VIDEO GISEL DIBAWAH INI

Halo sobat Kpop Squad Media tercinta semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca informasi mengenai Merchendiser Display atau disingkat MD di kpopsquad.com. Apa Itu MD? MD adalah singkatan dari Merchendiser Display yaitu orang bagian team promosi yang bertugas mendisplay atau memajang produk di etalase toko dengan baik. Tugas MD adalah melakukan pengecekan semua produk yang dia handle di area atau toko yang telah ditentukan. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak tugas-tugas merchendiser display dan perbedaan MD dengan SPG dibawah ini.

Baca Juga : Frozen Island Adalah: Pengertian dan Fungsi Manfaat

TUGAS MERCHENDISER DISPLAY

1. Tugas MD adalah memajang, mendisplay, merapikan dan menata produk.

2. Tugas MD adalah menjaga kebersihan produk yang dipajang.

3. Tugas MD adalah Menjalankan semua progam promosi perusahaan.

4. Tugas MD adalah membantu menjaga stok produk dan memperlebar shelving di etalase toko.

5. Tugas MD adalah membuat hasil laporan yang ditentukan oleh perusahaan.

6. Tugas MD adalah menjalankan tugas kunjungan ke toko sesuai dengan rencana kerja.

7. Tugas MD adalah memberikan informasi tentang produk baru.

Baca Juga : Perbedaan Mesin Cash Register dengan Mesin Pos

Dapatkan Notifikasi Info Terbaru Mengenai TUGAS MD DAN PERBEDAAN MD DAN SPG di HPmu ( KLIK TOMBOL BINTANG DISINI ).

PERBEDAAN MD DAN SPG

1. Perbedaan MD dan SPG yang pertama adalah singkatan. Singkatan MD adalah Merchendiser Display. Sedangkan singkatan SPG adalah Sales Promotion Girl.

2. Perbedaan MD dan SPG yang kedua terletak pada pengertiannya. Pengertian MD adalah seseorang yang bertugas untuk melakukan pengecekan semua produk yang dia handle di area atau toko yang telah ditentukan. Sedangkan pengertian SPG adalah seseorang yang ditugaskan suatu perusahaan untuk melakukan direct selling ke pelanggan yang berada dalam suatu toko.

3. Perbedaan MD dan SPG yang ketiga adalah fungsi dan tanggung jawab. Fungsi MD dan tanggung jawab MD memastikan produk ada dan juga terlihat. Jangan sampai ada di rak namun tertutup merek lain. Sedangkan fungsi SPG dan tanggung jawab SPG memastikan seberapa banyak produk yang bisa mereka jual.

4. Perbedaan MD dan SPG yang keempat adalah lokasi area kerja dan jumlah toko. Lokasi area kerja MD dan jumlah toko MD lebih banyak ketimbang lokasi area kerja SPG dan jumlah toko SPG. MD tidak terlalu dibebani untuk bisa jualan langsung sehingga jam kerja MD lebih banyak digunakan untuk kunjungan ke lebih banyak toko.

5. Perbedaan MD dan SPG yang kelima adalah goal atau sasaran kerja. Goal MD atau sasaran kerja MD tertuju ke visibility (keterlihatan) dan availablelity (ketersediaan). Sedangkan goal SPG atau sasaran kerja MD berfokus pada berapa banyak produk yang bisa mereka jual di toko yang mereka tempati.

6. Perbedaan MD dan SPG yang keenam adalah struktur organisasi. Struktur organisasi MD umumnya untuk produk yang sudah besar atau memiliki jaringan distribusi luas. Sedangkan struktur organisasi SPG adalah tim dari distributor. MD atau merchandiser masuk dalam struktur tim markerting sedang SPG masuk tim sales. MD adalah bagian dari principle (produsen) sedangkan SPG adalah bagian dari distributor (penjualan).

Itulah tugas MD dan perbedaan MD dan SPG. Intinya, tugas MD adalah memastikan produk bisa sampai ketangan konsumen dengan baik dan memuaskan. Jika ada tambahan atau pertanyaan mengenai tugas MD dan perbedaan MD dan SPG atau ada permintaan perbedaan pakaian atau seragam lainnya bisa kirim pesan ke alamat email kpopsquadmedia@gmail.com. Atau mungkin ada keinginan untuk kerjasama dengan KPOP SQUAD MEDIA seperti pasang iklan, content placement, backlink dan lainnya langsung kontak kami melalui alamat email diatas.

Tertarik pasang iklan di kpopsquad.com? Hubungi kpopsquadmedia@gmail.com