Perbedaan Mesin Cash Register dengan Mesin Pos

TRENDING : CEK LINK VIDEO GISEL


Halo sobat Kpop Squad Media tercinta semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca informasi mengenai review mesin cash register dengan mesin pos terbaru di kpopsquad.com! Kali ini kita akan membahas seputar perbedaan mesin cash register dengan mesin pos, perbedaan mesin pos dan cash register, perbedaan mesin cash register dengan mesin point of sale pos, apakah persamaan dan perbedaan cash register dengan sistem pos, apakah perbedaan cash register dengan mesin point of sale, mesin pos kasir adalah, keunggulan mesin pos, informasi mengenai mesin cash register dan mesin point of sales, kelemahan mesin pos, jelaskan langkah langkah mengoperasikan mesin cash register dan pos register. Apa itu mesin cash register? Apa itu mesin pos? Mesin cash register adalah mesin kasir eletronik manual berfungsi untuk menghitung dan mencatat transaksi penjualan yang terintegrasi secara modul dengan laci cash drawer untuk menyimpan uang. Cash regsiter mencetak struk penjualan untuk konsumen sebagai tanda bukti. Sedangkan mesin pos adalah mesin kasir modern dirancang sesuai dengan kebutuhan usaha ritel. Mesin pos terdiri dari sistem operasi, hardware, software yang terintegrasi dengan sejumlah alat pendukung untuk memudahkan dan mempercepat proses transaksi. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak  perbedaan mesin cash register dengan mesin pos dibawah ini.

Baca Juga : Perbedaan Mesin Kopi Otomatis dan Semi Otomatis

PERBEDAAN MESIN POS DAN CASH REGISTER


1. Perbedaan mesin cash register dengan mesin pos yang pertama adalah harga. Harga mesin cash register termurah sekitar 2 juta rupiah dan harga mesin cash register termahal sekitar 8 juta rupiah [Data harga berdasarkan Tokopedia]. Sedangkan harga mesin pos termurah sekitar 3 juta rupiah dan harga mesin pos termahal sekitar 10 juta rupiah. Intinya, harga mesin pos mahal dibandingkan harga mesin cash register. Nilai investasi mesin pos lebih mahal.

2. Perbedaan mesin cash register dengan mesin pos yang kedua adalah fasilitas teknologi. Fasilitas teknologi mesin pos lebih maju dan beragam dibandingkan teknologi mesin cash register. Mesin pos terdiri dari sistem operasi, hardware, software yang terintegrasi dengan sejumlah alat pendukung untuk memudahkan dan mempercepat proses transaksi. Sedangkan mesin cash register dirancang khusus untuk menghitung dan menyimpan setiap transaksi penjualan. Mesin POS dapat menyediakan sistem penghitungan secara FIFO (First In First Out) dan LIFO (Last In First Out), Mesin POS diintegrasikan dengan alat barcode, printer, scanner, laci tempat menyimpan uang dan peralatan lainnya.

3. Perbedaan mesin cash register dengan mesin pos yang ketiga adalah fungsi. Fungsi mesin cash register untuk menghitung dan menyimpan setiap transaksi penjualan. Sedangkan fungsi mesin pos untuk melakukan berbagai fungsi selain hanya merekam penjualan seperti kontrol pada stock yang cepat dan akurat yang hanya bisa dilakukan dengan sebuah sistem bukan dengan cara manual, fasilitas cetak faktur dan nota yang berbeda-beda ukurannya, tidak selalu menggunakan struk kecil dan lain-lain.

4. Perbedaan mesin cash register dengan mesin pos yang keempat adalah fitur. Fitur mesin cash register terdiri dari Laci uang tunai, pencetak struk penjualan, pemindah barcode, tombol ns (no sale) dan laporan penjualan sederhana. Sedangkan fitur mesin pos terdiri dari Laci uang tunai, pencetak struk penjualan, pemindah barcode, tombol ns (no sale), pembaca kartu kredit, timbangan digital, manajemen staf dan konsumen, pelacak persediaan stok barang, laporan penjualan lengkap, sistem berbasis cloud, layar sentuh dan terintegrasi dengan software akuntansi dan software.

5. Perbedaan mesin cash register dengan mesin pos yang kelima adalah tempat penggunaan. Tempat penggunaan mesin cash register cocok digunakan untuk usaha kecil, toko sederhana dan rumah makan skala kecil yang tidak terlalu membutuhkan stok, hanya membutuhkan pencatatan cash flow saja. Sedangkan tempat penggunaan mesin pos sering digunakan pada perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang skala besar.

Baca Juga : Perbedaan Mesin Cup Sealer Manual dan Otomatis

Dapatkan Informasi PERBEDAAN MESIN CASH REGISTER DENGAN MESIN POS di HPmu KLIK TOMBOL BINTANG DISINI ).

6. Perbedaan mesin cash register dengan mesin pos keenam adalah cara pengoperasiannya. Cara pengoperasian mesin cash register mudah sedangkan cara pengoperasian mesin pos agak sulit. Cara pengoperasian mesin cash register manual dengan bantuan kasir atau manusia. Sedangkan cara pengoperasian mesin pos full otomatis.

7. Perbedaan mesin cash register dengan mesin pos ketujuh adalah komponen. Komponen mesin cash register sedikit sedangkan komponen mesin pos banyak.

8. Perbedaan mesin cash register dengan mesin pos kedelapan adalah pembaruan. Pembaruan mesin cash register tidak perlu pembaruan sedangkan pembaruan mesin pos wajib dilakukan.

9. Perbedaan mesin cash register dengan mesin pos kesembilan adalah keuntungan. Keuntungan mesin cash register harga lebih terjangkau, mudah digunakan, komponen yang digunakan lebih sedikit, memiliki fitur dasar pelaporan dan tidak perlu pembaruan. Sedangkan keuntungan mesin pos lebih efisien dan akurat, memiliki manajemen persediaan, mampu mengelola kinerja karyawan, kemampuan pelaporan yang lebih baik, mampu mengatur seluruh manajemen toko (karyawan, inventaris, konsumen, dan lainnya), program loyalitas atau kartu hadiah, metode pembayaran yang diperluas, sistem akuntansi yang efisien, penerimaan terperinci, layanan lebih baik dan lebih cepat.

10. Perbedaan mesin cash register dengan mesin pos kesepuluh adalah kekurangan. Kekurangan mesin cash register penggunaan kertas yang boros dalam mencetak laporan, program tidak fleksibel sehingga tidak dapat disesuaikan kebutuhan, beberapa tipe mesin kasir tidak menyediakan menu untuk mengetahui jumlah stok barang. Sedangkan kekurangan mesin pos nilai investasi lebih mahal daripada mesin kasir.

Itulah perbedaan mesin cash register dengan mesin pos. Jika ada pertanyaan mengenai mesin cash register dengan mesin pos atau ada permintaan pembahasan perbedaan mesin kasir terbaru lainnya bisa kirim pesan ke alamat email kpopsquadmedia@gmail.com. Atau mungkin ada keinginan untuk kerjasama dengan KPOP SQUAD MEDIA seperti pasang iklan produk mesin kasir, review produk mesin kasir, promosi produk mesin kasir, content placement produk mesin kasir, backlink produk mesin kasir dan produk-produk lainnya langsung kontak kami melalui alamat email diatas.

Tertarik pasang iklan di kpopsquad.com? Hubungi kpopsquadmedia@gmail.com