Perbedaan MCB dan MCCB

Halo sobat Kpop Squad Media tercinta semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca informasi mengenai review mcb dan mccb terbaru di kpopsquad.com! Kali ini kita akan membahas seputar perbedaan mcb dan mccb, perbezaan mcb dan mccb, mcb mccb, mcb mccb acb, mcb mccb elcb eccb difference, mcb mccb difference, mccb adalah, fungsi mcb, mcb adalah, jenis mcb, cara kerja mccb, gambar mccb, perbedana mcb dan elcb, perbedaan mcb cl dan c. Apa itu mcb dan mccb? MCB dan MCCB adalah alat yang memiliki switch yang terdapat pada panel listrik di rumahJenis Circuit Breaker (CB) ini berfungsi sebagai proteksi dan pemutus arus apabila terjadi kelebihan beban ataupun terjadi hubung singkat. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak perbedaan mcb dan mccb dibawah ini.

Baca Juga : Jenis Kabel yang Memerlukan Grounding

PERBEZAAN MCB DAN MCCB

1. Perbedaan mcb dan mccb yang pertama adalah harga. Harga MCB terbaru sekitar Rp 66.900. Sedangkan harga MCCB terbaru sekitar Rp 126.400 - Rp 269.100. Harga mcb dan mccb bisa berubah sewaktu-waktu. Intinya, harga MCB listrik lebih murah dari harga MCCB.

BELI MCB DISINI

BELI MCCB DISINI

BELI PENGIKAT KABEL DISINI

2. Perbedaan mcb dan mccb yang kedua adalah singkatan. Singkatan MCB adalah miniature circuit breaker sedangkan singkatan MCCB adalah Molded Case Circuit Breaker.

3. Perbedaan mcb dan mccb yang ketiga adalah pengertian atau definisi. Pengertian MCB adalah Jenis sakelar yang melindungi sistem dari arus berlebih. Sedangkan pengertian MCCB adalah melindungi peralatan dari suhu berlebih dan hubungan singkat arus listrik.

4. Perbedaan mcb dan mccb yang keempat adalah rating arus atau rating current. Rating arus mcb hanya sampai 63 Amps. Sedangkan rating arus MCCB memiliki kapasitas rating arus sampai dengan 1000 Amps.

5. Perbedaan mcb dan mccb yang kelima adalah ukuran. Ukuran MCCB lebih besar dibandingkan ukuran MCB.

6. Perbedaan mcb dan mccb yang keenam adalah kegunaan. Kegunaan MCB cocok dipakai di alat-alat dengan rating kecil, sedangkan kegunaan MCCB cocok digunakan untuk alat-alat yang lebih berat. Penggunaan MCB untuk penggunaan domestik seperti Rumah, industry, komersil dan penggunaan MCCB untuk Industri dan komersil.

7. Perbedaan mcb dan mccb yang ketujuh adalah trip level. Trip level mcb tetap atau tidak bisa diatur, sedangkan trip level MCCB bisa diatur oleh pengguna sesuai kebutuhan.

Baca Juga : PLN Manual Advice adalah: Pengertian dan Cara Kerja

Dapatkan Notifikasi Info Terbaru Mengenai PERBEDAAN MCB DAN MCCB di HPmu ( KLIK TOMBOL BINTANG DISINI ).

8. Perbedaan mcb dan mccb yang delapan adalah Interrupting Capacity atau interrupting rating. Interrupting Capacity MCCB memiliki nilai yang lebih tinggi dari Interrupting Capacity MCB listrik. Interrupting Capacity MCCB Sekitar 10 kA – 100 kA sedangkan Interrupting Capacity MCB Sekitar 10000 Amps.

9. Perbedaan mcb dan mccb yang kesembilan adalah under voltage trip. Under voltage trip MCB tidak ada sedangkan under voltage trip MCCB ada.

10. Perbedaan mcb dan mccb yang kesepuluh adalah shunt trip. Shunt trip MCB tidak ada sedangkan shunt trip MCCB ada.

11. Perbedaan mcb dan mccb yang kesebelas adalah pole atau kutub. Pole MCB atau kutub MCB tersedia atau memiliki satu,dua dan tiga Pole (kutub) sedangkan pole MCCB atau kutub MCCB tersedia atau memiliki satu,dua, tiga hingga empat Pole (kutub).

12. Perbedaan mcb dan mccb yang keduabelas adalah remote on off. Remote on off MCB tidak memungkinkan sedangkan remote on off MCCB memungkinkan.

13. Perbedaan mcb dan mccb yang ketigabelas adalah aplikasi. Aplikasi MCB di sirkuit penerangan dan untuk beban rendah. Sedangkan aplikasi MCCB di sirkuit arus berat.

Itulah perbedaan mcb dan mccb. Jika ada tambahan atau pertanyaan mengenai perbedaan mcb dan mccb atau ada permintaan pembahasan perbedaan alat-alat listrik lainnya bisa kirim pesan ke alamat email kpopsquadmedia@gmail.com. Atau mungkin ada keinginan untuk kerjasama dengan KPOP SQUAD MEDIA seperti pasang iklan produk alat listrik, content placement produk alat listrik, backlink produk alat listrik dan sejenisnya langsung kontak kami melalui alamat email diatas.

Tertarik pasang iklan di kpopsquad.com? Hubungi kpopsquadmedia@gmail.com