5 Alasan Pelajar SMP Magelang Harus Masuk SMA Taruna Nusantara

TRENDING : CEK LINK VIDEO GISEL


Memang sulit rasanya menemukan sebuah sekolah lain yang setara dengan SMA ini. SMA ini memang dikenal memiliki banyak sekali keunggulan. Sangat wajar sekali, jika para pelajar seluruh Indonesia berlomba-lomba untuk bisa masuk ke SMA Taruna Nusantara. SMA ini benar-benar menjadi favorit seluruh pelajar.

Baca Juga : 5 Tempat Kuliner Rantau Prapat Buka Siang dan Malam Harga Murah

Berikut ini adalah beberapa alasan yang membuat SMA Taruna Nusantara sangat diminati banyak pelajar dan menjadi salah satu SMA bertaraf internasional di indonesia. 

1. Membentuk Generasi Sekuat Gatot Kaca


Ketika kamu mengingat kisah pewayangan Indonesia, pasti sangat paham bagaimana sosok Gatot Kaca. Hal ini juga yang akan dialami siswa-siswi SMA TN. Setelah resmi diterima maka mereka akan menjalani masa basis selama beberapa bulan.

Pada saat itu para siswa tidak diperbolehkan untuk dijenguk, menerima telpon, ataupun menerima surat dari siapapun. Mereka juga tidak diperbolehkan meninggalkan kompleks sekolah, hal ini dilakukan untuk membentuk anak-anak yang kuat dan mandiri.

Baca Juga : Pengertian, Keunggulan dan Cara Bisnis Online Dropnshop Tanpa Modal 

2. Memupuk Jiwa Nasionalisme


Terdapat 3 wawasan yang dikembangkan di SMA Taruna Nusantara ini, yaitu wawasan kejuangan, kebangsaan, dan kenusantaraan.  Di sana para siswa memiliki pelajaran khusus yang diberi nama Kenusantaraan dan Bela Negara untuk membuat mereka lebih cinta tanah air.

Selain itu, pada awal masuk sekolah setelah mengikuti semua tes yang telah ditetapkan semua anak-anak terbaik bangsa ini wajib melakukan ritual pembacaan ikrar dan mencium bendera merah putih.

Baca Juga : Fasilitas dan Rute Lokasi Wisata Pantai Kualo di Kota Bengkulu, Murah Meriah!



Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa SMA yang didampingi oleh TNI Angkatan Darat ini terkenal sangat disiplin. Semua hal yang berkaitan dengan kebaikan siswa atau apapun itu mulai diatur di sini. Mulai dari cara berpakaian, jam bangun dan jam tidur, sikap dan perilaku, dan lain sebagainya.

Aturan yang dibuat tentunya tidaklah semata-mata sebagai bentuk untuk menekan para siswa. Melainkan telah menjadi faktor pendorong buat para siswa untuk menjadi sosok yang disiplin dan bertanggung jawab. Mungkin hal inilah yang menjadi hal yang paling disoroti banyak orang tua yang menyekolahkan anak-anak mereka di SMA Taruna Nusantara ini.

Baca Juga : 5 Cara Membuat Kolam Renang dengan Biaya Minim

4. Mengajarkan Siswa untuk Peduli


Di Taruna Nusantara para siswa diwajibkan untuk mengingat nama semua rekan satu angkatannya beserta wajah masing-masing rekan tersebut. Selain itu, mereka juga harus mampu mengidentifikasi teman tersebut walau hanya dari suara serta cara berjalan. Para siswa juga diharuskan mengenali lingkungan sekeliling mereka dalam radius tertentu demi memupuk semua rasa kepedulian terhadap sekitar.

Baca Juga : Cara Ibu Menjaga Anak dari Wabah Virus Corona

5. Melatih untuk Berpikir ke Depan


Selain memperlakukan para siswanya dengan dewasa, SMA Taruna Nusantara juga mengajari siswanya untuk mampu berpikir tentang masa depan. Di SMA ini sering diadakan diskusi yang membahas seputar persoalan negara dan bangsa yang digelar secara pleno ataupun melalui kelompok kecil. 

Kualitas SMA yang dicetuskan oleh Jenderal LB Moerdani ini memang sangat pantas diacungi jempol. Apalagi sekolah ini menjadi sebuah institusi pendidikan setaraf SMA pertama yang dikunjungi oleh presiden. Presiden Joko Widodo juga mengungkapkan agar semua pola dan sistem pendidikan di sekolah SMA Taruna Nusantara ini bisa diterapkan juga di SMA yang lain. sehingga akan muncul pribadi-pribadi yang pintar, pandai, serta mempunyai karakter ke-Indonesia-an.

Itulah 5 alasan penting SMA Taruna Nusantara menjadi tujuan favorit pelajar SMP di indonesia khususnya Magelang. Semoga bermanfaat!

Note : Artikel Ini dibuat oleh tim Prokonten | Jasa Penulis Artikel SEO Professional