Cara Ibu Menjaga Anak dari Wabah Virus Corona


Munculnya wabah virus corona tentu banyak membuat para orang tua khawatir terhadap kesehatan keluarga, terutama si kecil. Oleh karena itulah, banyak ibu yang khawatir dan mulai panik mencari bagaimana menjaga anak dari wabah virus corona ini. Sebenarnya, ibu tidak perlu khawatir dan panik berlebihan.

Meskipun vaksin untuk virus corona hingga kini belum ditemukan, namun orang tua tetap bisa melindungi buah hati tercinta dengan berbagai cara. Kunci utama agar anak dan keluarga terbebas dari ancaman virus corona adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Untuk itu, Ibu perlu memberikan arahan kepada si kecil agar mau menjaga kebersihan.

Cara Menjaga Anak dari Wabah Virus Corona 


Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran infeksi virus corona pada anak:

1. Ajari Si Kecil untuk Rajin Mencuci Tangan 



Rajin mencuci tangan sangat penting di masa-masa pandemi virus corona seperti sekarang ini. Bukan hanya bagi orang dewasa, rutin mencuci tangan juga wajib diterapkan kepada si kecil. Oleh karena itu, Ibu harus mengajari dan membiasakan si kecil untuk mencuci tangannya dengan baik. Terutama sebelum si kecil makan, setelah bersin atau batik, dan menyentuh hewan.

Pastikan anak mencuci tangan menggunakan air mengalir serta sabun minimal selama 20 detik. Mencuci tangan yang benar adalah dengan membasuh semua bagian tangan, termasuk sela-sela jari, ujung kuku, hingga punggung tangan.

2. Jangan Biarkan Anak Terlalu Lama Bermain di Luar Rumah


Di masa pandemi virus corona, pemerintah Indonesia memutuskan untuk mengganti sistem belajar menjadi online. Artinya, anak-anak libur sekolah dan harus belajar di rumah. Nah, Ibu harus mengawasi buah hatinya. Jangan sampai kesempatan libur sekolah ini digunakan oleh si kecil untuk bermain-main di luaran sana bersama teman-temannya. Hal ini sangat riskan terhadap penularan virus corona dari lingkungan sekitar. Sebaiknya, temani anak belajar dan bermain di rumah saja. Ajak anak untuk melakukan berbagai kegiatan yang menarik, sehingga anak tidak bosan saat harus berada di rumah. Misalnya, memasak makanan favorit bersama si kecil, menonton film kesukaannya, membuat kerajinan tangan, dll.

3. Biasakan Si Kecil Memakai Masker 



Pada beberapa situasi, mungkin orang tua terpaksa harus mengajak anak ke luar rumah karena kepentingan yang mendesak. Jika mengalami hal ini, sebaiknya berikan masker pada si kecil.

Hal ini bertujuan agar si kecil bisa terlindungi jika nanti di luar rumah berpapasan dengan orang yang sedang batuk atau sakit. Jangan lupa bawa hand sanitizer saat bepergian ke luar rumah. Selain itu, ingatkan pada anak untuk selalu cuci tangan terlebih dahulu sebelum ataupun sesudah menyentuh masker.

4. Beri Asupan Makanan yang Bergizi


Untuk melawan infeksi virus corona, maka kekebalan tubuh harus kuat. Oleh karena itu, Ibu harus memberikan asupan makanan yang bergizi untuk mendukung sistem kekebalan tubuh si kecil. Sayur dan buah-buahan dengan kandungan beta karoten tinggi sangat penting diberikan pada si kecil. Pastikan pula bahwa semua makanan yang diberikan untuk anak dimasak hingga benar-benar matang.

5. Ajak Anak untuk Rutin Berolahraga



Rutin berolahraga sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh, baik bagi orang dewasa maupun bagi si kecil. Ajaklah si kecil untuk berolahraga minimal selama 30 menit setiap harinya. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, lakukan saja olahraga-olahraga ringan yang membuat anak senang saat melakukannya.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menjaga anak dari penyebaran virus corona. Dengan tubuh yang sehat dan hati yang gembira, semua anak pasti bisa terbebas dari ancaman virus corona.

Sumber :

Gambar Utama : Huffingtonpost.co.uk
Gambar 1 : Exame.abril.com.br
Gambar 2 : Parkwayeast.com.sg
Gambar 3 : Moneycrashers.com

Note : Artikel Ini dibuat oleh tim Prokonten | Jasa Penulis Artikel SEO Professional