5 Fakta Menarik Wisata Bendungan Kamijoro di Bantul Jogja


Bicara tentang wisata Jogja, tentu tidak ada habisnya. Banyak sekali tempat wisata baru Jogja bermunculan bahkan selalu hits di media sosial. Mulai dari wisata alam, wisata Kuliner, tempat bersejarah hingga event menarik selalu menjadi dambaan para traveller di kota manapun. Salah satu wisata baru yang menarik dikunjungi adalah Bendungan Kamijoro.

Sebuah bendungan? Yups wisata ini adalah bendungan. Mungkin banyak diantara kamu yang menganggap bendungan hanya sebagai sarana irigasi. Namun, itu salah besar. Bendungan bisa digunakan sebagai tempat wisata, salah satu contohnya Bendungan Kamijoro. Bendungan yang terletak di pinggir Sungai Progo ini menjadi salah satu destinasi wisata Jogja. Meski fungsi utamanya sebagai sarana irigasi, di sini terdapat taman dan jembatan yang dibangun dengan apik.

Berikut ini 5 fakta menarik wisata bendungan kamijoro di bantul jogja yang bisa kamu jadikan referensi tempat berlibur.

1.     Berada di Perbatasan Bantul – Kulon Progo



Wisata bendungan ini terletak di perbatasan Bantul dan Kulon Progo terbentang di pinggir Sungai Progo. Posisi persisnya berada di Kecamatan Pajangan, Bantul. Selesai dibangun pada 2018 lalu, bendungan ini jadi alternatif wisata warga Jogja dan sekitarnya. Jarak dari Kota Jogja menuju tempat wisata ini sekitar 45 menit perjalanan.

2.     Dulunya Sebuah Dam



Sebelum dibangun bendungan kamijoro, Sungai Progo memiliki sebuah dam. Menurut masyarakat setempat, dam di Sungai Progo merupakan peninggalan era kolonial. Masyarakat menyebutnya dengan nama Dam Ngantru Kamijoro.

3.     Dilengkapi Taman dan Jembatan



Pembangunan bendungan di kawasan ini dibarengi dengan pembuatan taman di seberang sungai. Untuk memberikan akses jalan penghubung ke sungai, terdapat jembatan mini yang sudah dibangun menyerupai jembatan ampera di palembang. Setelah sampai di Taman, kamu bisa menikmati fasilitas playground dan dome. Banyak warga yang sengaja datang untuk sekadar berfoto atau duduk dan menikmati udara di ruangan terbuka.

4.     Didatangi Ribuan Pengunjung



Dengan fasilitas memadai dan pemandangannya yang cantik, Bendungan Kamijoro langsung hits di kalangan masyarakat Jogja dan sekitarnya. Meskipun intensitas paparan cahaya matahari cukup terik karena di luar ruangan, bendungan Kamijoro  tetap ramai dikunjungi.

Jika ingin main-main ke bendungan ini, sebaiknya datang pada jam 16.00-18.30 WIB. Pada waktu tersebut, cuaca sudah tidak terlalu panas dan terdapat suguhan sunset yang menawan. Di tempat wisata ini sudah tersedia mushola, parkir, toilet dan lain sebagainya.
Tiket disini sangat murah sekitar 2 ribuan saja untuk masuk, selebihnya 2-5 ribu untuk parkir. Dengan berkunjung ke tempat ini, kamu bisa ikut membantu perekonomian masyarakat setempat dan menambah retribusi yang masuk ke wisata bendungan ini.

Hampir lupa, selain fasilitas dan pemandangan kamu juga bisa menikmati sajian beberapa kuliner khas jogja di tempat ini. Aneka kuliner dijajakan oleh warga setempat, seperti pecel, mie lethek, es krim, dan beragam jajanan pasar khas Yogyakarta.

5.     Fungsi Utama Sebagai Irigasi




Selain sebagai tempat wisata, fungsi utama bendungan ini sebenarnya adalah mengairi sawah seluas 2.370 hektar yang ada di Kabupaten Bantul dan menyediakan prasarana pengambilan air baku ke arah Kulon Progo dengan besaran 500 liter/detik.

Itulah 5 fakta menarik wisata bendungan kamijoro di bantul jogja yang bisa kamu jadikan referensi tempat berlibur. Dengan budget minim, kamu sudah bisa menikmati semua fasilitas tempat wisata ini. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel