Perbedaan Toleransi dan Tenggang Rasa

Perbedaan Toleransi dan Tenggang Rasa

Berperilaku toleransi menjadi salah satu sikap penting yang harus dilakukan oleh setiap orang. Terutama dalam menjalani hidup di tengah masyarakat, yang terdiri dari berbagai latar belakang. Tentunya dengan adanya toleransi akan menjamin terciptanya kerukuran antar sesama anggota masyarakat.

Perbedaan Toleransi dan Tenggang Rasa

Banyak orang mendefinisikan tenggang rasa dan toleransi sebagai hal yang sama. Padahal keduanya memiliki beberapa perbedaan yang perlu kamu ketahui. Berikut ini beberapa perbedaan toleransi dan tenggang rasa.

Definisi

Definisi

Secara definisi keduanya juga memiliki perbedaan meskipun cenderung sedikit mirip. Hal ini juga menjadi salah satu alasan kenapa sejauh ini banyak orang yang menggolongkannya dalam pengertian sama.

Dikutip dari Mejapintar.com, toleransi adalah sikap menghargai dan menghormati adanya perbedaan, Baik itu pendapat, kebiasaan maupun keyakinan. Sementara itu tenggang rasa akan mempunyai makna yang lebih luas, yaitu mampu menempatkan diri pada posisi orang tersebut.

Sikap tenggang rasa akan identik dengan memahami perasaan dan mempertimbangkan orang lain. Sehingga akan menghasilkan sikap membantu, untuk meringankan beban orang tersebut.

Fokus Sikap

Fokus Sikap

Perbedaan berikutnya bisa kamu lihat dalam fokus sikap individunya. Bersikap toleransi berarti kamu bisa menerima perbedaan, yang ada antara diri sendiri dengan orang lain. Sehingga adanya perbedaan tersebut tidak akan menimbulkan masalah dari kedua belah pihak.

Selanjutnya untuk sikap tenggang rasa lebih kepada menunjukkan kepedulian serta empati, yang diberikan kepada orang lain. Sehingga ketika berperilaku tenggang rasa kamu juga mampu menunjukkan kepedulian dengan menolong serta memberikan bantuan secara langsung.

Contoh Perilaku

Contoh Perilaku

Ada banyak sekali contoh berperilaku toleransi yang bisa kamu lakukan. Berikut beberapa sikap toleransi, yaitu:

  • Menghormati perbedaan.
  • Tidak memaksakan pendapat.
  • Menerima perbedaan.
  • Dll.

Sementara itu untuk sikap tenggang rasa juga memiliki beberapa contoh sikap yang dapat kamu ketahui, yaitu:

  • Membantu orang yang membutuhkan.
  • Bersikap sopan ketika berkomunikasi.
  • Menghormati hak orang lain.

Itulah pengertian dan perbedaan toleransi dan tenggang rasa. Tentunya keduanya merupakan sikap penting yang harus ditanamkan dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga nantinya kamu bisa membangun sikap bertoleransi yang baik agar kerukunan dimasyarakat dapat terjaga.