Perbedaan Operasi Katarak Laser dan Manual

Perbedaan Operasi Katarak Laser dan Manual

Jika pandangan mata mulai buram, berkabut, atau terlihat berawan bisa jadi ini adalah tanda-tanda mata katarak. Gangguan mata ini bisa bertambah buruk jika tidak ditangani dengan tepat. Penanganan yang tepat bisa didapatkan dari dokter spesialis mata terdekat seperti operasi hingga pemberian obat.

Ada banyak hal yang perlu Anda pahami jika dokter menyarankan untuk melakukan tindakan operasi. Agar lebih paham, Anda bisa simak penjelasan lengkap mengenai apa itu mata katarak, ciri-ciri, perbedaan operasi kataran laser dan manual hingga biaya operasi katarak dibawah ini.

Apa Itu Mata Katarak?

Apa Itu Mata Katarak?

Mata katarak adalah suatu gangguan yang menyebabkan lensa mata menjadi tampak lebih keruh dan berawan sehingga membuat penderita tidak bisa melihat objek di depannya dengan jelas.

Pada awalnya, katarak tidak mengganggu aktivitas sehari-hari penderita. Namun, lama kelamaan akan membuat penderita merasa terganggu karena sulitnya melihat sekitar dengan jelas, membaca, hingga menyetir mobil.

Ada banyak kondisi yang menyebabkan katarak, seperti proses penuaan dan trauma yang akhirnya menyebabkan perubahan jaringan mata.

Meskipun demikian, genetik dan beberapa penyakit seperti diabetes juga bisa meningkatkan resiko seseorang mengidap katarak. Selain itu, penggunaan obat steroid jangka panjang juga diketahui bisa menjadi salah satu penyebab katarak terus berkembang.

Perbedaan Operasi Katarak Laser dan Manual

Perbedaan Operasi Katarak Laser dan Manual

Di tahap awal, kedua jenis tindakan operasi ini sama-sama harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu untuk mengetahui kesanggupan mata mendapatkan intervensi.

Terutama untuk Anda yang memilih operasi katarak dengan laser. Belum tentu semua kornea mata sanggup untuk menghadapi operasi laser tersebut. Terlebih, apabila kornea matanya sudah terlalu tipis.

Operasi katarak dengan laser bertujuan untuk mengobati rabun jauh, rabun dekat, dan silindris. Jadi, Anda tidak perlu lagi menggunakan kacamata maupun lensa kontak.

Sedangkan, saat melakukan operasi katarak biasa yang dihilangkan hanyalah kekeruhan lensa mata saja. Namun, tak menutup kemungkinan juga bisa menghilangkan rabun jauh dan silindris.

Metode pengerjaan operasi laser juga terbilang lebih sebentar, bahkan bisa berlangsung dalam waktu 30 menit saja. Berbeda dengan operasi katarak manual yang lensa keruhnya harus dihancurkan dulu. Setelah itu, diganti dengan yang baru dan tentu memakan waktu yang cukup lama.

Berapa Biaya Operasi Katarak?

Berapa Biaya Operasi Katarak

Biaya operasi katarak cukup bervariasi dilihat dari jenis tindakan yang dilakukan. Misalnya menggunakan pisau bedah atau teknologi Phaco yang lebih canggih dan mahal.

Dengan berbagai keunggulannya, setiap tindakan operasi tetap punya risiko tersendiri. Oleh itu, Anda harus tahu tindakan operasi yang paling cocok digunakan.

Pastinya Anda sudah menebak operasi dengan memanfaatkan teknologi jauh lebih mahal. Ya, itu benar sekali perbedaan teknologi turut menentukan perbedaan harga di setiap rumah sakit.

Jika ingin menerima pelayanan yang lebih maksimal dan prima, tentu saja operasi katarak di klinik mata lebih direkomendasikan seperti KMN EyeCare karena sudah menggunakan berbagai teknologi canggih. Akan tetapi, Anda harus siap dengan nominal uang yang tak sedikit.

Namun, jangan bersedih apabila dananya belum mencukupi. Anda masih berkesempatan  melakukan operasi katarak manual untuk mendapatkan penglihatan yang lebih jelas melalui program pemerintah yang disebut sebagai BPJS Kesehatan.

Itulah perbedaan operasi katarak laser dan manual. Jika Anda mengalami tanda-tanda di atas, segera periksakan ke dokter sebelum parah.