Ciri-Ciri Media Terkini yang Terpercaya

Ciri-Ciri Media Terkini yang Terpercaya

Ada beberapa ciri-ciri media terkini yang terpercaya. Seperti diketahui, belakangan ini banyak sekali media terkini yang justru memberikan informasi hoax dan sesat. Hal ini membuat pembaca harus lebih bijak dalam mengambil sumber informasi apalagi kutipannya ditulis dan direport ulang ke media lainnya.

Ciri-Ciri Media Terkini

Masih banyak pembaca yang justru menyepelekan hal ini dan menganggap semua media sama saja. Bahkan diantara media tersebut ada yang berujung pada penipuan loh. Untuk itu, kita harus selalu waspada dan seperti apa sih cara untuk mengenali media terkini yang terpercaya? Berikut ciri-cirinya.

1. URL Website yang Sesuai

URL Website yang Sesuai

Pertama, Anda bisa mengenalinya dari alamat atau URL yang digunakan oleh website tersebut. Pertama, memiliki domain yang ejaannya benar, tidak dipalsukan, dan sesuai nama perusahaannya.

Kedua, menggunakan ekstensi domain terpercaya. Media terkini pastinya memperhatikan betul domain yang digunakan. Beberapa domain terpercaya dan populer seperti .com, .id, .co.id, dan sebagainya. Sedangkan beberapa website palsu banyak yang menggunakan domain tidak dikenal seperti .tl, .qg, dan .tk.

Terakhir, eksistensi domainnya sesuai dengan niche. Harusnya media resmi menggunakan ekstensi domain sesuai dengan nichenya. Contoh sederhananya, website pemerintah cenderung menggunakan domain .gov, go.id, dan desa.id.

2. Keamanan Website Terjamin

Keamanan Website Terjamin

Untuk tahu aman atau tidaknya sebuah website bisa menggunakan Google Transparency Report. Melalui tools ini akan dicek keamanan berdasarkan standar yang telah dimiliki pihak Google.

Apabila setelah dilakukan pengecekan, muncul tanda “no unsafe content found”, artinya website aman untuk dikunjungi. Namun, jika muncul “some pages on this site are unsafe”, artinya website tidak aman dikunjungi dan memuat konten-konten yang berbahaya.

3. Data Pemilik Domain Tidak Mencurigakan

Data Pemilik Domain Tidak Mencurigakan

Darimana sih bisa tahu data pemilik domain? Gampang kok, Anda bisa mengecek WHOIS. Ini adalah layanan internet yang bisa memberikan Anda informasi tentang siapa yang mendaftarkan nama domain serta kontak lengkapnya.

Dari sini, bisa di cek apakah informasi data pemilik yang didapatkan. Lalu, apakah ada perbedaan antara nama pendaftar dengan kontak. Jika memang ada perbedaan, jangan sesekali mengunjungi website itu.

Misalnya, pemilik domain adalah Siti Rahayu. Namun, di email justru alamatnya adalah murialinaaewq@gmail.com. Media seperti ini bisa dicurigai tidak dapat dipercaya karena informasi pendaftarnya saja disembunyikan.

4. SSL Sudah Terpasang di Website

SSL Sudah Terpasang di Website

Media resmi yang terpercaya bisa dilihat dari terpasangnya SSL (Secure Socket Layer) di websitenya. Nah, ini digambarkan dengan adanya ikon atau simbol gembok pada address tersebut.

Hal ini sekaligus menandakan bahwa pertukaran data yang terjadi di situs tersebut aman karena sudah melalui proses enkripsi. Sehingga, saat transfer data tidak mudah disadap, dicuri, apalagi dimanipulasi oleh oknum.

Ciri lain untuk tahu bahwa SSL sudah terpasang atau belumnya di website bisa dilihat dari URL yang awalnya HTTP berubah menjadi HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure.

5. Penulisan Kalimat di Website Benar dan Rapi

Terakhir, mengetahui media terkini itu resmi atau tidaknya bisa dilihat dari penulisan kalimat yang ditampilkan. Rata-rata website palsu memakai tatanan kalimat yang salah, buruk. dan pemilihan katanya juga sangat aneh.

Lain halnya dengan website resmi yang pasti menggunakan ejaan yang disempurnak. Begitu juga dengan tatanan kalimat yang lebih rapi dan bagus.

Salah satu media terkini dan terpercaya yang bisa dijadikan sebagai sumber informasi utama Anda adalah HarlanMedia.com. Anda bisa cek sendiri bahwa media tersebut memenuhi semua persyaratan yang harus dimiliki oleh media resmi terpercaya.