Cara Membuat Lirik Rap untuk Pemula

Cara Membuat Lirik Rap untuk Pemula

Cara membuat lirik rap sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Menulis lirik rap sama saja seperti membuat bait puisi. Rap adalah kependekan dari ritme dan puisi. Dalam kata lain rap adalah puisi berima yang diratakan dengan irama. Menulis lirik rap harus dapat menarik telinga pendengarnya dengan pesan yang ringkas namun tetap sambil menjaga ritme supaya terdengar mengalir seperti air.

Adapun cara membuat lirik rap cukup berbeda dengan membuat puisi. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh penulis lagu rap pemula.

1. Menemukan Tema Lagu

Menemukan Tema Lagu

Bagian tersulit dari membuat lirik rap adalah saat memulai menulis. Daripada mencari tema lagu berdasarkan lagu-lagu populer di chart musik, akan lebih baik bila menemukan tema berdasarkan pengalaman pribadi. Lirik rap bersifat personal, sehingga akan lebih mudah bila subjek lagu adalah sesuatu yang dialami dan dirasakan oleh penulisnya. Seperti dengan mencurahkan isi hati, menceritakan kehidupan di masa lalu, atau menceritakan sesuatu yang terjadi dalam mimpi.

Dengan menentukan tema lagu, maka selanjutnya menulis lirik rap akan lebih mudah dan terfokus. Bisa juga menemukan tema dengan membuat judul lagunya terlebih dahulu, namun akan lebih baik bila judul dibuat setelah lagunya selesai. Jika kesulitan menentukan tema lagu, silahkan kunjungi website Babasmedia.com. Website ini menyediakan berbagai contoh lirik lagu beserta arti dan maknanya.

2. Menambahkan Wordplay dalam Menulis Lirik

Keunikan dari rap terletak pada permainan katanya, alias wordplay. Cara penulis menempatkan kata pada liriknya menentukan bagus tidaknya lirik rap itu saat didengar. Lirik rap yang terdapat di lagu-lagu hip hop terutama, umumnya memiliki lirik yang sangat padat. Disinilah penulis harus sangat kreatif memainkan kata. Yaitu dengan memikirkan bagaimana caranya supaya dapat mengisi ruang yang ada dengan lirik yang padat, namun tidak boleh memiliki makna yang ‘kosong’.

Tentu saja menguasai wordplay ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Perlu banyak latihan seperti dengan mendengarkan lagu rap lainnya atau berlatih menulis kalimat bersajak ringan. Tidak perlu terburu-buru, penulisan lirik rap memang membutuhkan waktu untuk menemukan pas dan tidaknya penempatan kata dalam lirik.

3. Membuat Punch Line yang Unik dan Memukau

Membuat Punch Line yang Unik dan Memukau

Punch line adalah bagian lirik yang seolah memberikan dampak jangka panjang terhadap pendengarnya. Dampak yang dimaksud adalah menjadi sesuatu yang paling diingat, yang memberikan kesan bahkan menjadi favorit para pendengar.

Ibarat adegan klimaks dalam sebuah film, penulis harus selihai mungkin membuat punch line berisi pesan lagu dengan cara yang unik dan sekeren mungkin. Semakin unik dan keren punch line sebuah lirik rap, maka akan semakin diingat pula oleh para pendengar. Cara melatihnya tak lain adalah dengan lebih sering mendengarkan lagu atau lirik rap lain dan tentukan bagian lirik yang paling menarik dan diingat serta tanyakan pada diri sendiri apa maknanya.

4. Menambahkan Majas Metafora

Dalam penulisan sajak atau puisi dikenal majas metafora yang mengungkapkan sesuatu secara langsung berupa perbandingan analogis. Pada cara membuat lirik rap, majas metafora adalah bagian yang selalu ada. Pada beberapa lirik rap, seorang rapper selalu menggunakan analogi suatu hal yang membuat lirik rap menjadi lebih berwarna. Biasanya menggunakan kata sambung ‘seperti’ pada kalimat yang mengandung majas metafora.

5. Menyajikan Hook dan Chorus yang Menarik

Menyajikan Hook dan Chorus yang Menarik

Lirik rap akan semakin menarik bila ditambahkan dengan hook dan chorus. Walaupun bagian ini tidak wajib ada, akan tetapi keberadaan hook dapat mendukung tema lagu secara keseluruhan. Seringkali hook disajikan dalam bentuk nyanyian, bukan rap.

Cara berlatih menulis hook dengan cara klasik bisa dengan membuat 1 sampai 2 kalimat berima yang terpisah dan sederhana. Kemudian ulangi tiap kalimat sebanyak dua kali secara berurutan untuk menghasilkan chorus yang klasik.

Demikian cara membuat lirik rap untuk pemula. Selain berfokus pada wordplay dan penempatan kata, pastikan untuk memahami seluk beluk rima supaya dapat menghasilkan lirik rap yang berkesan dan catchy untuk para pendengar.