Cara Membuat Visi Misi OSIS SMP SMA yang Benar

Ada beberapa cara membuat visi misi OSIS SMP SMA yang benar. Leadership atau kepemimpinan sudah harus dilatih sejak di bangku sekolah, mau itu SMP maupun SMA. Nah, saat mencalonkan diri menjadi perangkat OSIS, biasanya siswa akan diminta untuk membuat visi misi sebagus mungkin. Buat siswa yang belum paham bagaimana cara membuat visi misi OSIS ini, simak penjelasan di bawah ini.

Baca Juga : Kata Pengantar Laporan Study Tour yang Baik dan Benar

Cara Membuat Visi Misi OSIS

Untuk siswa yang baru pertama kali dengan organisasi, mungkin akan kesulitan memahami cara membuat visi misi OSIS yang benar. Jauh sebelum itu, sudah paham apa itu visi misi?

Visi adalah serangkaian kata yang menunjukkan nilai ini atau cita-cita dari sebuah organisasi, dengan kata lain disebut sebagai tujuan utama dari berjalannya organisasi tersebut.

Sedangkan misi adalah penjabaran langkah apa saja yang akan dilakukan untuk mencapai visi atau tujuan tadi. Setelah paham, siswa bisa mulai menyusun visi misi dengan cara di bawah ini.

1. Memahami Tujuan OSIS

Pertama, siswa harus tahu dulu apa sih tujuan OSIS didirikan? Dan mau dibawa ke arah mana? Misalnya, ingin meningkatkan kreativitas siswa atau bahkan meningkatkan kedisiplinan.

Nah, dengan paham tujuan apa yang akan dicapai, maka membuat visi bukanlah menjadi hal yang sulit untuk siswa. Begitu juga saat membuat misinya.

2. Perhatikan Nilai Sosial

Menyusun visi misi tidak hanya memikirkan keinginan siswa atau mungkin siswa lainnya saja. Namun, nilai-nilai sosial yang ada di sekolah juga harus diterapkan. Pastikan visi misi yang dibuat sama sekali tidak melanggar nilai sosial yang telah ada.

Dapatkan Informasi CARA MEMBUAT VISI MISI OSIS SMP SMA ( KLIK TOMBOL BINTANG DISINI ).

Baca Juga : Cara Dapat Uang 500rb Sehari untuk Pelajar

3. Ingin Fokus Dimana Jika Terpilih?

Kembali lagi pada diri masing-masing, apa tujuan siswa ingin dipilih menjadi pejabat OSIS? Dengan paham apa saja target yang ingin dicapai supaya visi misinya terwujud, siswa lainnya juga pasti otomatis memilih. Untuk itu, buatlah gambaran yang jelas tentang target.

Namun, membuat target juga ada hal yang harus dipertimbangkan. Pertama, pastikan target bisa siswa penuhi dalam waktu satu tahun, mengingat jangka waktunya yang terbatas. Kedua, target bersifat realistis dan sangat mungkin untuk diterapkan di sekolah terkait.

4. Tentukan Target Organisasi

Tidak hanya target diri pribadi, target organisasi juga harus dibuat dengan detail. Perlu diperhatikan kembali, nilai-nilai sosial harus tetap ada dalam langkah-langkah pencapaian masing-masing target organisasi.

Baca Juga : Joki Tugas Murah dan Terpercaya? Yuk Kenalan Sama Research Consultant

Contoh Visi Misi OSIS

Karena masih banyak yang salah kaprah tentang visi misi ini, maka dari itu kami telah membuat contoh visi misi yang bisa dijadikan sebagai panduan untuk membuat target nantinya.

Tapi, ini mungkin tidak semuanya bisa digunakan mengingat kebutuhan setiap sekolah yang pastinya juga berbeda.

Visi :

Menjadikan OSIS sebagai wadah untuk mengembangkan potensi siswa/siswi SMA Harapan Bangsa agar terciptanya siswa yang cerdas, dinamis, berprestasi, dan berakhlak mulia.

Misi :

  1. Mengaktifkan kelompok belajar masing-masing kelas.
  2. Memajukan kelompok ekstrakurikuler sekolah.
  3. Mengadakan kerjasama dengan organisasi dari sekolah lain.
  4. Membentuk karakter pengurus yang kreatif dan berjiwa kepemimpinan.
  5. Menguatkan nilai spiritual dengan dasar IMTAQ yang kuat.

Dalam membuat visi misi, pastikan setiap langkah terjabarkan dengan jelas agar tidak membuat siswa lainnya kebingungan apalagi sampai multi tafsir.

Itulah cara membuat visi misi OSIS yang benar. Dengan contoh dan panduan di atas semoga bisa membantu siswa untuk lebih percaya diri saat menjadi calon pimpinan di sekolah. Semoga berhasil ya!

Tertarik content placement di kpopsquad.com? Hubungi kpopsquadmedia@gmail.com

Sumber :

https://samleinad.com/cara-menyusun-visi-misi-osis/