Apa Itu Gearbox dan Gear Pump? Ini Jenis dan Fungsinya

Sudah tahu apa itu gearbox dan gear pump? Jika belum, yuk simak penjelasannya disini. Sebuah mobil tidak mungkin bisa berjalan dengan lancar tanpa didukung oleh komponen yang ada di dalamnya. Setiap komponen tersebut bekerja sesuai fungsinya masing-masing. Beberapa yang berperan adalah gearbox dan gear pump.

Apa Itu Gearbox dan Gear Pump?

Gearbox adalah komponen sistem pemindah tenaga pada mobil yang dimana akan bekerja untuk menyalurkan daya atau tenaga mesin ke bagian mesin lainnya. Hal inilah yang membuat munculnya sebuah pergerakan, baik itu pergeseran maupun putaran.

Sama halnya dengan mobil, gearbox pun memiliki komponen yang beroperasi di dalamnya, mulai dari input shaft, gear shift housing, main shaft, planetary gear section, oil pump assy, clutch housing hingga bearing.

Untuk proses perpindahan tenaga yang dilakukan oleh gearbox ini dimulai dari poros dan roda yang telah menerima gaya tertentu. Dimana, gaya tersebut harus dihasilkan dengan tenaga putar yang lebih besar.

Nah, tenaga putar yang kadang bisa sangat tinggi dan tiba-tiba berubah jadi rendah ini harus disesuaikan oleh gearbox. Jadi, gearbox disini sangat berperan untuk mengatur daya supaya tenaganya bisa terus tetap dan tersalurkan ke bagian mesin dengan optimal.

Sementara itu, gear pump yaitu pompa yang telah dilengkapi dengan roda gigi dan bekerja berdasarkan pemindahan cairan antara celah gigi dan casing dari sisi hisap ke sisi tekan.

Saat gigi roda terlepas dari gigi hisap, cairan pun mengisi ruangan di antara gigi. Lalu, cairan akan berputar dan ditekan keluar jika giginya bersatu lagi.

Jenis Gearbox dan Gear Pump

Jenis gearbox yang dijual di pasaran cukup variatif. Untuk itu, informasi di bawah ini sangat berarti untuk Anda yang ingin membeli gearbox.

  1. Bevel gear, roda gigi dengan dua poros yang tidak sejajar dan berfungsi untuk memindahkan tenaga yang bersifat horizontal dan vertikal.
  2. Helical gear, roda gigi dengan bentuknya yang miring hingga 15-20 derajat dan digunakan untuk mesin yang kecepatannya melebihi 3500 rpm.
  3. Spur gear, roda gigi paling banyak digunakan dalam transmisi sepeda motor. 
  4. Worm dan worm gear, jenis gearbox yang berfungsi untuk mengurangi putaran input. 



Gear pump juga terbagi menjadi beberapa jenis, dan ini jenis gear pump yang paling umum digunakan oleh industri.

  1. Internal gear pump, jenis gear pump yang menggunakan dua roda gigi untuk menggerakkan fluida dalam casing pompa. 
  2. External gear pump, menggunakan dua roda gigi juga tapi posisinya sejajar dan roda gigi penggerak tidak sedang berada dalam roda gigi yang digerakkan.

Fungsi GearBox dan Gear Pump

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa fungsi utama gearbox sendiri adalah sebagai penyalur tenaga mesin ke bagian lain dari mesin supaya kendaraan bisa berjalan. Namun, ada beberapa fungsi lainnya, seperti:

  1. Menyediakan rasio gigi agar bisa disesuaikan dengan beban mesin kendaraan.
  2. Mengubah momen puntir atau twisting moment untuk menyesuaikan poros berputar antara bergerak atau diam.
  3. Sangat mungkin terjadinya gerakan berbalik putaran dengan menghasilkan putaran yang teratur pada bagian mesin.
  4. Membantu membuat kendaraan agar bisa bergerak maju atau mundur dengan cara menyesuaikan torsi atau dayanya.
  5. Memproduksi dan mengubah tenaga supaya proses feeding yang dilakukan oleh komponen lain lebih akurat.

Sementara itu, kegunaan utama dari gear pump adalah memindahkan cairan dari sebuah tempat ke tempat lainnya dengan tekanan serta debit yang lebih stabil.

Adanya roda gigi tersebut, pompa bisa menghasilkan aliran yang terus menerus dan juga konsisten, termasuk saat viskositasnya sedang tinggi.

Itulah penjelasan singkat tentang gearbox dan gear pump, mulai dari pengertian hingga fungsinya. Jika ingin membeli Gearbox dan Gear Pump, datang langsung ke Zamzam Teknik di Jl. Biomedis B4. No. 4 Sunter Jaya Tj. Priuk Jakarta Utara, bisa beli via online melalui website Zamzamteknik.com atau WhatsApp 08123 9999 211.