Manfaat Sertifikasi ISO bagi Perusahaan dan Jenisnya

Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan jasa sertifikasi ISO karena manfaat sertifikasi ISO bagi perusahaan yang sangat penting. Untuk mempertahankan kualitas produk sebuah perusahaan, banyak pebisnis yang masih melewatkan strategi internal dan terlalu berfokus pada strategi eksternal. Apakah strategi internal yang dimaksud? Yaitu strategi yang berfokus pada penguatan kualitas produk. Hal ini dapat diwujudkan apabila perusahaan memiliki sertifikasi ISO. Tahu seberapa besarkah manfaat sertifikasi ISO bagi perusahaan?

Manfaat Sertifikasi ISO bagi Perusahaan

Sebelumnya, ISO adalah singkatan dari International Organization for Standardization. ISO sendiri merupakan sebuah badan penetap standar internasional yang memiliki wakil-wakil dari badan standarisasi nasional dari setiap negara.

Meskipun, perusahaan tidak wajib mematuhi standar yang telah ditetapkan ISO, tapi perusahaan dengan sertifikasi ISO bisa dipastikan sudah mempunyai sistem, produk, atau jasa yang kualitasnya terjamin. Berikut manfaat sertifikasi ISO bagi perusahaan.

1. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Pertama, perusahaan dengan sertifikasi ISO mendapatkan jaminan kredibilitas di tingkat global. Hal ini akan membuat apapun nilai yang dimiliki perusahaan terlihat lebih baik. Tentu saja, ini akan berujung pada kepuasan konsumen.

Segala aktivitas yang dilakukan perusahaan juga lebih terjamin karena sudah memenuhi standar terbaik. Dijamin, menerapkan ISO di perusahaan akan terus mendapatkan nilai-nilai positif secara berkelanjutan.

2. Menghemat Biaya Pengeluaran

Tanpa disadari, adanya ISO justru bisa menghemat biaya pengeluaran perusahaan. Borosnya anggaran seringkali terjadi karena gagalnya produk yang diproduksi, mungkin karena proses maupun sistemnya yang belum terstandar.

Lain halnya jika perusahaan Anda sudah memiliki ISO justru dapat mengatasi masalah ini. Meskipun tidak sepenuhnya, minimal bisa mengurangi frekuensi terjadinya kesalahan serupa.

3. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Kepuasan dan kepercayaan adalah unsur terpenting yang mesti dimiliki perusahaan. Adanya dua hal ini membuat perusahaan bisa banjir pelanggan setiap harinya. Tentu saja, seiring berjalannya waktu juga meningkatkan jumlah pelanggan setia terhadap produk perusahaan Anda.

Adanya pelanggan yang loyal merupakan investasi yang sangat besar bagi perusahaan karena setiap kali launching produk baru, pasti ada saja salah satu pelanggan tersebut yang membelinya.

Jenis Sertifikasi ISO

Di bawah ini adalah jenis-jenis sertifikat ISo yang banyak diterapkan di beberapa perusahaan. Diantaranya yaitu:

1. ISO 9001

ISO 9001 berisikan standar sistem manajemen mutu yang berkaitan dengan perbaikan efektivitas manajemen mutu di sebuah perusahaan. Ini juga menjadi salah satu ISO yang banyak sekali diterapkan di berbagai perusahaan.

2. ISO 14001

ISO 140001 berkaitan dengan standar sistem manajemen lingkungan yang mencakup berbagai aspek yang mesti dipenuhi, mulai dari penghematan bahan bakar, air, energi, hingga pengelolaan limbah industri.

3. ISO 28000

Ketiga, ada ISO 28000 yang berisikan perangkat aturan standar dimana mengatur sistem keamanan pasokan khusus perusahaan berisiko tinggi, seperti pertambahangan, hotel, perbankan, dan lainnya.

4. ISO 5001

ISO 5001 adalah standar khusus sistem manajemen energi yang tujuannya untuk memperbaiki konsumsi energi, kerja, serta efisiensi.

5. ISO 22000

Jika Anda sedang bergerak di bidang perusahaan dan minuman, maka jenis ISO satu ini sangatlah dibutuhkan. Jadi, setiap perusahaan yang ingin memperoleh standar satu ini harus melakukan kontrol internal. Selain itu, juga telah membuat rencana proses serta pengendalian untuk masing-masing produk yang dihasilkan.

Itu dia manfaat sertifikasi ISO bagi perusahaan. Nah, sekarang pertanyaannya, dimanakah bisa mendapatkan sertifikasi ISO tersebut? Ada banyak jasa sertifikasi ISO berpengalaman dan terpercaya salah satunya Mitralegalitas.co.id. Anda tinggal pilih ISO manakah yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan Anda. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa mengunjungi halaman link https://mitralegalitas.co.id/jasa-sertifikasi-iso/.