Dari Presentasi Jadi Bisnis Kreatif: Memanfaatkan Potensi Powerpoint (PPT) dalam Desain & Animasi untuk Bisnis Kreatif

Biasanya, Powerpoint atau PPT hanya diperlukan saat ada presentasi yang isinya hanya seuntai materi-materi. Namun, ternyata PPT juga dapat dimanfaatkan sebagai penunjang desain dan animasi untuk kebutuhan bisnis kreatif. Bahkan, sekarang ada banyak rekomendasi kelas ppt yang menyediakan pelatihan powerpoint dengan animasi yang sangat menarik.

Alasan PPT Cocok Mendukung Bisnis Kreatif

Sebenarnya, ada banyak alasan yang sangat logis kenapa PPT cocok dijadikan sebagai salah satu bahan penunjang untuk membuat animasi dan desain bisnis kreatif.

Diharapkan  beberapa penjelasan di bawah ini mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan Anda kenapa sangat penting untuk mengikuti kelas ppt.

1. Sangat Mungkin untuk Membuat Efek Animasi

Siapa bilang powerpoint tidak bisa membuat efek animasi bergerak. Anda bisa memaksimalkan fitur tab animasi yang berada di panel navigasi powerpoint.

Apapun bisa dilakukan dengan fitur ini, mulai dari membuat objek tersebut muncul. bergerak, hingga menghilang. Lewat animasi ini, Anda pun jadi lebih mudah untuk menceritakan kisah bisnis kreatif dalam powerpoint kepada klien.

2. Memiliki Gradient Background yang Sangat Variatif

Salah satu efek yang dapat membuat suatu animasi ataupun ilustrasi desain terlihat lebih berwarna dan keren adalah dengan adanya background berupa gradasi warna.

Tak hanya bisa ditemukan di aplikasi desain berkelas saja, bahkan aplikasi untuk presentasi ini juga bisa menghasilkan berbagai efek gradasi warna yang tak kalah menarik. Anda bisa ciptakan kreativitas sendiri disini.

3. Simple dan Mudah Dipelajari

Hampir tak ada yang tak tahu cara menggunakan berbagai fitur di powerpoint. Aplikasi ini juga tidak seperti aplikasi desain pada umumnya dimana memerlukan skill dan pengetahuan khusus.

Cukup dengan menggunakan fitur standar yang ada di powerpoint saja sudah mampu menghasilkan berbagai animasi hingga ilustrasi keren seperti menggunakan aplikasi desain populer.

4. Memiliki Kemampuan Multimedia Lebih Baik

Meskipun pada dasarnya fungsi awal powerpoint lebih menyajikan data berupa tulisan, tapi kemampuan multimedia yang dimiliki ternyata tak kalah bagus.

Contohnya saja, berbagai data bisa dipresentasikan menggunakan chart yang beraneka ragam. Ada juga beragam animasi dan desain yang dapat dibuat sehingga mampu mempresentasikan kebutuhan bisnis kreatif Anda.

5. Presentasi Bisa Dikonversi Menjadi Video

Setelah membuat berbagai animasi dan ilustrasi desain bisnis kreatif Anda di powerpoint, mungkin akan lebih nyaman jika dikonversi menjadi video. Klien juga pastinya lebih menyukai tampilan konsep bisnis yang berupa video ketimbang presentasi yang terlalu umum.

Nah, fitur konversi ini pun telah tersedia di powerpoint. Anda hanya perlu save as Video MPEG-4. Lalu, powerpoint akan mengkonversinya menjadi video. Namun, fitur ini hanya tersedia di ppt 2010 ke atas ya. Jadi pastikan sudah memperbaruinya ke versi terbaru.

Jika Anda masih sangat awam dengan pembuatan animasi dan ilustrasi melalui ppt, maka bisa mengikuti pelatihan powerpoint dari Tujuhpersen.com. Sangat penting untuk mengikuti kelas ini, karena kebutuhan desain sudah menjadi hal yang primer saat ini, terutama untuk Anda yang ingin terjun di industri kreatif.

Apalagi, industri desain kreatif pasti sangat dibutuhkan dari tahun ke tahun. Jadi, ilmunya pun akan terus berkembang. Mengingat powerpoint sudah menjadi aplikasi yang sangat umum, setidaknya Anda tidak perlu waktu terlalu lama untuk belajar membuat animasi dan desain dari ppt. Semoga berhasil!