Bagusan Pulau Tidung atau Pulau Pari? Cek Disini

Bagusan pulau tidung atau pulau pari? Cek disini. Menjadikan Kepulauan Seribu sebagai tujuan liburan adalah pilihan yang sangat tepat untuk merilekskan pikiran setelah bekerja sebulan penuh tanpa berlibur. Banyaknya gugusan pulau di Kepulauan Seribu, tentu membuat Anda merasa kebingungan ingin memilih yang mana. Contohnya saja, Pulau Tidung dan Pulau Pari yang sama-sama punya pesona alam tersendiri. Kira-kira bagusan Pulau Tidung atau Pulau Pari?

Bagusan Pulau Tidung atau Pulau Pari?

Bagusan Pulau Tidung atau Pulau Pari?”. Pertanyaan ini selalu rutin menjadi topik perdebatan banyak pengunjung karena sama-sama memiliki pesona yang menyejukkan mata. Hal tersebut membuat orang justru merasa bimbang memilih mana yang terbaik.

Daripada penasaran, mungkin penjelasan ringkas di bawah ini sangat membantu untuk memilih tujuan liburan yang sesuai.

1. Ada atau Tidaknya Penduduk Setempat

Pulau Tidung dan Pulau Pari sama-sama merupakan pulau yang memiliki penduduk. Jika ingin penduduknya lebih ramai, maka Pulau Tidung adalah tujuan wisata yang tepat untuk Anda.

Akan tetapi, apabila Anda ingin menenangkan diri dan pikiran, ke Pulau Pari sangat direkomendasikan karena lebih sunyi dan penduduknya juga sendiri. Bahkan, Anda hanya lebih banyak bertemu dengan pepohonan yang rindang dibandingkan penduduknya.

2. Waktu Tempuh

Dari Pelabuhan Muara Angke Jakarta ke Pulau Tidung menggunakan kapal feri akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam 30 menit. Lalu, ke Pulau Pari sekitar 1 jam 30 menit.

Akan tetapi, apabila Anda menggunakan kapal penyebrangan atau speedboat dari Marina akan beda lagi waktu tempuhnya. Dengan armada ini jauh lebih singkat, ke Pulau Tidung hanya 60 menit dan ke Pulau Pari 40 menit.

Masing-masing armada punya kekurangan kelebihannya. Ingin sampai dengan waktu yang singkat tentu membuat Anda untuk lebih siap membayar sedikit lebih mahal.

Namun, ada juga loh pengunjung yang lebih suka menghabiskan waktu perjalanan di laut karena sangat menyukai keseruan dari atas kapal. Apakah Anda juga termasuk salah satunya?

3. Penginapan yang Tersedia

Pulau Pari menyediakan satu tipe penginapan saja yaitu homestay. Akan tetapi, uniknya ini adalah rumah warga yang digunakan untuk wisatawan bermalam.

Lalu, di Pulau Tidung ada homestay juga, cottage, losmen, dan semi hostel. Anda bisa memilih tempat penginapan senyamannya Anda. Dikarenakan, keduanya sama-sama sangat worth it untuk ditempati.

4. Memiliki Ikon Wisata yang Menarik

Alasan kenapa pengunjung harus mendatangi tempat ini adalah karena ikon wisata yang dimilikinya. Pulau Tidung terkenal dengan wisata Jembatan Cintanya. Dimana, ini adalah penghubung antara Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar.

Oleh karena itulah, Anda akan menjumpai banyaknya biota laut dan terumbu karang dari jembatan ini. Lalu, ikon wisata dari Pulau Pari adalah Pantai Perawan.

Dinamakan seperti itu karena memang sangat dijaga oleh penduduk sebagai tempat berteduh dan beristirahat. Ada pohon mangrove juga disini. Jika Anda tertarik mengelilinginya, bisa menggunakan sampan.

Setelah mengulas dari beberapa poin di atas, bagusan Pulau Tidung atau Pulau Pari? Pasti Anda mulai bingung kan?

Keduanya sama-sama punya keunggulan masing-masing. Namun, Anda bisa menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan selama liburan nanti agar tidak bingung. Contohnya, jika berlibur ingin menenangkan diri, maka pergilah ke Pulau Pari.

Sementara, apabila ingin berlibur untuk bersenang-senang, Pulau Tidung bisa menjadi salah satu rekomendasi destinasi wisata yang dikunjungi akhir pekan nanti. Anda bisa menggunakan promo paket wisata pulau tidung agar liburan bisa lebih hemat dan menyenangkan.