8 Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Tidak Boros

Di muka bumi ini terdapat banyak cara menghemat baterai HP android agar tidak boros, tetapi masih banyak orang tidak mengetahui caranya.

Baterai HP android boros dan cepat habis padahal aktivitas kamu sehari-hari cukup padat. Pastinya ketika menggunakan hp kamu ingin baterai hp bisa digunakan sampai kamu selesai pulang kerja, pulang sekolah atau setelah selesai melakukan aktivitas lainnya.

Untuk membantu kamu bisa lebih menghemat baterai HP, simak beberapa cara menghemat baterai HP android agar tidak boros di bawah ini.

8 Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Tidak Boros

Walaupun saat ini ada banyak HP dengan baterai kapasitas besar, tetapi tetap saja saat menggunakan HP kita ingin baterai tidak boros atau cepat habis. Karena itu, kamu bisa coba terapkan beberapa cara menghemat baterai hp android di bawah ini!

1. Kurangi Kecerahan Layar

Layar selalu menjadi penyebab utama baterai boros dan cepat habis. Kamu harus menjaga kecerahan layar hp di bawah 50%. Hanya saat dibutuhkan saja seperti saat berada di outdoor, kamu bisa tingkatkan kecerahan layar sedikit.

2. Kurangi Batas Waktu Layar Siaga

Waktu siaga default pada hp Android umumnya sekitar 30 detik, dan semakin lama waktu siaga, maka semakin lama hp aktif saat tidak ditekan tombol power. Sehingga ketika terlalu lama tidak masuk ke mode siaga maka akan membutuhkan daya baterai lebih banyak. Pengguna bisa mengatur batas waktu layar mati otomatis sekitar 15 detik agar bisa lebih hemat baterai hp.

3. Nonaktifkan Kecerahan Otomatis

Fitur ini memungkinkan pengguna bisa mengatur kecerahan secara otomatis berdasarkan lingkungan sekitar. Sehingga fitur ini bisa memastikan mata tidak lelah dan mengalami sakit mata saat melihat layar.

Namun, mode ini juga bisa membuat hp kamu bekerja lebih keras, terutama sensor ini akan menghabiskan banyak baterai. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengatur kecerahan HP secara manual dibandingkan layar diatur secara otomatis.

Kamu bisa masuk ke Pengaturan > Pilih Tampilan/Display > Pilih  Kecerahan > Klik untuk mematikan Kecerahan Otomatis.

4. Matikan Fitur Lokasi/GPS di HP

Banyak aplikasi seperti hiburan, jejaring sosial, car-hailing, maps sering menggunakan layanan GPS untuk mengirim dan menerima data lokasi pengguna secara realtime. Jadi, cara efektif untuk menghemat baterai HP Android yaitu dengan menonaktifkan gps di hp.

5. Matikan NFC dan Bluetooth

Terkadang kita tidak akan memperhatikan hal-hal yang tersembunyi ini, padahal fitur ini juga bisa menguras baterai HP. Silahkan kamu swipe dari atas ke bawah pada layar HP android dan matikan koneksi NFC dan Bluetooth jika Kamu tidak menggunakannya.

Jika ikon NFC tidak terdapat di bilah notifikasi, maka kamu buka untuk mengaktifkan/menonaktifkan NFC dengan membuka menu Pengaturan > Seluler & Jaringan > NFC.

6. Tutup Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang

Saat orang menutup aplikasi setelah menggunakannya, umumnya aplikasi tidak dimatikan sepenuhnya tetapi masih akan berjalan di latar belakang. Aplikasi yang berjalan di latar belakang akan membantu Kamu memulai ulang aplikasi ini lebih cepat saat Kamu ingin membukanya lagi.

Namun, karena aplikasi tetap berjalan di latar belakang, hal ini akan menghabiskan banyak sumber daya baterai HP. Jadi cara terbaik menghemat baterai HP android adalah dengan cara mematikan aplikasi sepenuhnya saat sudah tidak digunakan.

7. Manfaatkan Mode Hemat Baterai

Cara menghemat baterai HP android agar tidak boros selanjutnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan mode hemat baterai. Sebagian besar HP keluaran terbaru saat ini mempunyai mode hemat baterai bawaan.

Kamu biasanya akan menerima pemberitahuan peralihan mode hemat baterai saat level baterai di bawah 20% atau 10%. Saat mengaktifkan mode hemat daya baterai, Kamu hanya bisa menggunakan aplikasi tertentu.

8. Matikan Pembaruan Aplikasi Otomatis

Jika aplikasi tidak diupdate secara berkala, maka akan membuatnya aplikasi usang, tidak bisa menikmati fitur baru dan mudah diserang oleh peretas. Namun, kami bisa memperbarui aplikasi secara manual dibandingkan membiarkan aplikasi diperbaharusi  secara otomatis. Jika kamu menerapkan pembaruan aplikasi otomatis, maka bisa menyebabkan baterai HP cepat habis.

Untuk menonaktifkan pembaruan aplikasi otomatis, kamu masuk ke aplikasi Google Play > Pilih  Menu > Pilih Pengaturan > Pilih mode  Pembaruan aplikasi otomatis > Pilih opsi Jangan perbarui otomatis.

Jadi itulah tadi banyak cara menghemat baterai HP android agar tidak boros yang bisa kamu terapkan untuk semua merek HP android, semoga bermanfaat.