Cara Mengembalikan Play Store yang Hilang

Bagi para pengguna smartphone berjenis android mungkin keberadaan akan play store cukup penting untuk dimiliki. Mengingat play store tersebut mampu dipakai untuk melakukan pencarian terhadap aplikasi yang dibutuhkan. Akan tetapi jika aplikasi tersebut menghilang maka pengguna terkait perlu mengetahui cara mengembalikan play store yang hilang supaya kembali hadir seperti semula.

Mengingat terdapat sejumlah yang menjadi faktor mengapa aplikasi berupa play store dapat menghilangkan dari android yang dipakai. Dimana diantaranya adalah seperti hadirnya virus, kemudian bisa juga karena tindakan berupa flash dan lainnya.

Seperti yang dilansir dari ayomakanbymarriottbonvoy.com berikut ini cara yang perlu dilakukan supaya play store dapat kembali, maka bisa menyimak ulasan berikut:

1. Mengaktifkan Pilihan Unknown Sources

Bagi yang belum mengetahui cara mengembalikan play store yang hilang maka pilihan solusi pertama adalah dengan melakukan pengaktifan terhadap opsi unknown sources. Dimana pilihan menu ini umumnya terdapat pada bagian pengaturan yang ada di perangkat. Untuk langkah-langkah yang perlu pengguna jalankan adalah seperti berikut:

  • Tahap pertama pengguna dapat menjalankan perangkat android yang dipakai, lalu lanjutkan dengan mengklik menu "Pengaturan".
  • Berikutnya pengguna dapat masuk di bagian menu yang bertuliskan "Keamanan" atau bisa juga "Security".
  • Terakhir lakukan pergeseran layar hingga bertemu dengan menu bertuliskan "Unknown Sources".

2. Mengunduh Play Store Menggunakan Browser

Cara lain yang mampu dilakukan untuk mengembalikan aplikasi play store yang menghilang di perangkat smartphone. Yakni dengan menjalankan proses pengunduhan dengan perantara browser yang ada. Layaknya yang banyak diketahui bahwasanya ketika menjalankan reset terhadap pabrik HP berjenis android. Maka pengguna bakal menjumpai yang namanya aplikasi bawaan yang tidak bakal menghilang.

Dimana satu diantara aplikasi tersebut yaitu aplikasi browser. Hingga dengan begitu pengguna dapat memanfaatkan keberadaan dari aplikasi browser tersebut untuk melakukan pengunduhan play store dengan cara yang gratis. Adapun langkah yang perlu dijalankan dalam hal ini adalah seperti berikut:

  • Pertama pengguna bisa membuka aplikasi browser yang ada di perangkat.
  • Kemudian lanjutkan dengan menuliskan google play store pada bagian pencarian yang telah disediakan.
  • Jika laman telah menampilkan hasil pencarian pengguna bisa memilih format Apk.
  • Jangan sampai lupa untuk melakukan pengunduhan aplikasi tersebut dalam bentuk terbaru.
  • Apabila pengguna telah selesai menjalankan pengunduhan, maka pengguna bisa mencari file hasil unduhan tersebut kemudian menginstalnya.
  • Terakhir pengguna hanya perlu menunggu saja hingga proses penginstalan usah.

3. Mentransfer Data dari Komputer

Jika pengguna kurang cocok dengan pilihan cara sebelumnya untuk mengembalikan aplikasi play store. Maka pengguna mampu mencoba cara lain yaitu dengan mentransfer data yang asalnya dari komputer. Cara satu ini terbilang cukup mudah dilakukan, lantaran pengguna hanya perlu menjalankan langkah seperti berikut:

  • Pertama pengguna dapat melakukan pencarian aplikasi play store melalui komputer yang dimiliki dengan perantara browser yang ada.
  • Kemudian lanjutkan pada proses pengunduhan kemudian lakukan penyimpanan file hasil unduhan pada bagian hardisk di komputer.
  • Apabila proses sebelumnya telah selesai, maka pengguna bisa menghubungkan perangkat smartphone yang dipakai dengan komputer yang dipakai untuk mengunduh tersebut.
  • Penghubungan yang dilakukan dapat memakai kabel data maupun card reader.
  • Jika antara perangkat smartphone serta komputer telah terhubung, maka pengguna dapat memindahkan file unduhan play store dari komputer ke memori di smartphone.

Demikian ulasan mengenai tata cara mengembalikan play store yang hilang hingga dapat dipakai seperti semula. Mengingat dalam sebuah smartphone keberadaan dari google play store sendiri memegang peran yang cukup penting. Pasalnya dengan aplikasi tersebut pengguna mampu melakukan pencarian maupun pengunduhan aplikasi tambahan lain.