Cara Menang Lomba Foto Instagram Terbukti Berhasil

Belum pernah menang lomba foto di Instagram? Jika iya, kamu bisa pelajari beberapa cara menang lomba foto Instagram terbukti berhasil disini. Mengikuti ajang perlombaan foto bukan semata hanya untuk mengasah dan adu kemampuan, tapi juga menunjukannya bukti jika kamu lebih unggul dibandingkan dengan lainnya. Dengan predikat juara atau menang lomba foto, kamu bisa lebih dipermudah dalam segala hal karena memiliki prestasi. Sayangnya, menjadi juara dan menang lomba foto tidaklah mudah. Ada beberapa cara menang lomba foto Instagram terbukti berhasil yang bisa bisa kamu pelajari sebagai berikut.

Cara Menang Lomba Foto Instagram

1. Memahami Tema Lomba Foto dengan Baik

Tema adalah hal penting yang harus kamu pahami saat mengikut lomba foto Instagram. Tema menjadi kriteria pertama yang harus diperhatikan dalam sebuah ajang perlombaan.

Cara pengambilan foto juga akan bergantung pada tema. Itu sebabnya, kamu harus memahami tema dengan baik sebelum mulai memotret.

2. Menggunakan Alat Pendukung Pemotretan

Tentu saja tidak mungkin bisa menghasilkan foto yang bagus tanpa adanya kamera berkualitas. Akan tetapi, nyatanya itu saja tidak cukup.

Ternyata dibutuhkan alat pendukung lainnya agar hasil foto lebih stabil, seperti tripod atau lighting.

3. Memilih Angle yang Tepat

Angle, artinya sudut pengambilan gambar dari foto yang akan dihasilkan. Sebenarnya, banyak ribuan sudut gambar yang bisa diambil. Akan tetapi, tidak semua orang bisa mengambilnya dengan angle yang tepat.

Jika Anda tidak punya referensi, mungkin bisa mengambil angle dengan menampilkan hampir keseluruhan objek, simetris, atau ada efek bayangan dari objek sekelilingnya.

4. Potret Foto di Timing yang Tepat

Meskipun sudah berada di angle yang tepat, tetapi jika timingnya belum pas hasilnya kurang maksimal. Ada kalanya beberapa objek foto lebih cocok di foto di pagi, siang, sore, atau bahkan malam hari.

Misalnya, ingin memotret angsa yang sedang berenang. Maka, aura pagi hari jauh lebih baik. Sedangkan di siang hari kamu harus memfokuskan pada kontrasnya yang mungkin jadi terlalu tinggi.

5. Membuat Caption yang Menarik

Saat mengambil foto, tentunya kamu sudah memahami makna dari foto tersebut. Lantas bagaimana ingin menuliskan deskripsinya di caption instagram nanti?

Pertama kali yang dilakukan yaitu memahami makna dari foto tersebut, terutama subjek fotonya.

Bayangkan saja, betapa sulitnya untuk membuat caption tanpa tahu makna dari subjeknya tersebut. Setelah itu, buatlah caption semenarik mungkin. Sebab, ini biasanya menjadi nilai tambah dalam penilaian juri.

6. Jangan Lupa Minta Pendapat Teman

Meskipun teman kamu bukan seorang fotografer ataupun seniman, tak ada salahnya untuk meminta pendapatnya tentang foto yang akan dilombakan tersebut.

Kamu bisa memberikan daftar foto sebanyak mungkin. Setelah itu, mintalah mereka untuk memilih salah satunya.

Namun, jangan hanya meminta pada satu orang saja ya. Tentunya kurang akurat. Kamu bisa meminta pendapat kepada lebih dari 3 orang teman.

7. Terakhir, Berdoa

Apabila fotonya sudah diupload, berdoalah sesuai keyakinan masing-masing memohon agar hasilnya sesuai dengan harapan. Kamu harus optimis dan jadikan ajang ini sebagai momen untuk evaluasi skill yang dimiliki saat ini.

Itulah beberapa cara menang lomba foto instagram terbukti berhasil yang bisa diterapkan. Pastikan untuk mengupload foto sebelum deadline agar Anda tidak di blacklist dari perlombaan.

Jangan lupa mencari jadwal lomba 2023 untuk mendapatkan update lomba foto Instagram terbaru. Ikuti berbagai lomba foto Instagram agar kemampuan fotografi semakin terasah dan bisa mengamati hasil foto pemenang. Dengan begitu, peluang kamu untuk menang lomba foto Instagram semakin besar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!