Teknik SEO untuk Blogspot Terbaru 2023

Ada beberapa teknik seo untuk blogspot terbaru 2023 yang wajib dipelajari blogger pemula. Apa itu teknik SEO? Teknik SEO adalah teknik optimasi blogspot agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google. Apakah teknik SEO terbaik memberikan jaminan blogspot bisa page one di google? Jawabannya tidak ada jaminan. Kenapa? Karena banyak faktor yang mempengaruhi, mulai dari keyword, kompetitor, umur blogspot dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya simak dibawah ini.

Teknik SEO untuk Blogspot

1. Gunakan Template SEO Friendly

Salah satu cara meningkatkan SEO blogspot adalah menggunakan template yang SEO Friendly. Ada beberapa ciri template SEO friendly seperti memenuhi mobilegeddon, tag H1 adalah judul, terdapat breadcrumb, letak postingan di kiri dan tersebar di kanan, tag H3 adalah judul widget, terhindar dari duplikasi konten dan kecepatan loading. Selain itu, gunakan template yang cocok sesuai topik blogspot. Misalnya blogspot loker gunakan template loker blogspot.

2. Mengunakan Domain Berbayar

Ada dua alasan kenapa blogger pemula harus menggunakan domain berbayar diawal membuat blogspot. Alasan pertama, hasil pencarian Google menunjukkan domain berbayar selalu di posisi teratas seperti .com, co.id dan lainnya. Alasan kedua, mengubah blogspot gratis ke domain berbayar berarti memulai dari awal. Maksudnya, ketika sudah mendapatkan traffic di blogspot dan pindah menggunakan domain berbayar semuanya kembali dari nol.

3. Optimalkan Judul Postingan

Judul postingan adalah kunci penting yang tidak boleh dibuat asal-asalan. Membuat artikel dengan ribuan kata akan sia-sia jika judul postingan tidak optimal. Cara mengoptimalkan judul postingan adalah dengan menggunakan keyword dengan tingkat volume pencarian yang tinggi. Saat ini banyak tools riset keyword yang bisa digunakan seperti Ubersuggest. Setelah mendapatkan keyword sesuai isi konten, buat judul yang menarik agar banyak orang yang klik dan membaca postingan blogspot.

4. Backlink

Salah satu cara meningkatkan ranking artikel blogspot di mesin pencarian Google adalah menggunakan backlink. Apa itu backlink? Backlink adalah link blogspot atau link artikel blogspot yang kamu buat dipasang di website berkualitas milik orang lain. Ada beberapa ciri website berkualitas seperti DA/PA tinggi, spam score rendah 1%, banyak backlink, banyak artikel yang terindeks, website sudah berumur lama dan lain sebagainya.

5. Optimasi Gambar

Tidak hanya tulisan yang terindeks Google, gambar artikel blogspot juga terindeks dan muncul di Google Images. Tentu blogger pemula harus mengoptimasi gambar sebaik mungking mulai dari membuat gambar yang unik dan menarik, memberikan alt image, link dan kutipan atau keterangan. Selain itu, hubungkan feed blogspot ke akun pinterest agar gambar otomatis masuk ke pinterest dan dilihat pengguna pinterest. Ini akan menambah jangkauan dan meningkatkan jumlah pengunjung.

6. Keyword

Sudah dibahas sedikit di poin ke-3 tentang judul postingan. Keyword atau kata kunci adalah hal penting yang harus dipelajari blogger pemula. Cara memilih keyword dimulai dari melihat volume pencarian. Kemudian cek tingkat kesulitan persaingan dengan kompetitor, pastikan cek langsung di mesin pencarian google. Jika yang muncul website media nasional tentu sangat sulit persaingannya. Maka dari itu, pastikan keyword dengan kompetitor yang rendah misalnya sesama blogger.

Itulah beberapa teknik SEO untuk blogspot terbaru 2023. Perlu diingat sekali lagi, teknik SEO tidak memberikan jaminan blogspot bisa naik ke posisi teratas. Tapi dengan teknik SEO terbaik, peluang untuk mendapatkan posisi teratas lebih besar asalkan menjalankan beberapa teknik diatas dengan baik dan benar. Selain itu, perlu waktu dan kesabaran untuk mendapatkan hasilnya. Bisa bulanan hingga tahunan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!