AC Mobil Panas? Ini 8 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Masalah AC mobil panas sering terjadi ketika Anda mengendarai mobil. Saat AC dinyalakan ternyata hanya keluar angin bersuhu tinggi meski selektor AC sudah Anda set ke level yang paling dingin. Ada beberapa penyebab AC mobil panas hanya keluar angin yang wajib Anda ketahui. Apa saja? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Penyebab AC Mobil Panas

1. Komponen Magnetic Clutch Mengalami Masalah

Penyebab AC mobil panas yang pertama terletak pada komponen magnetic clutch mengalami masalah. Apa itu magnetic clutch? Magnetic clutch adalah komponen yang berfungsi menghubungkan kompresor AC dengan putaran mesin. Ada beberapa gejala magnetic clutch bermasalah seperti:

  • Ketika Blower AC hidup tapi tiba-tiba ada embusan angin terasa panas dan putaran mesin meningkat 1.000-1.500 RPM seperti sedang diinjak pedal gas padahal tidak. Cara mengatasi ac mobil yang panas seperti ini dengan mematikan AC beberapa saat dan nyalakan kembali. Dengan begitu AC kembali normal.
  • AC mobil panas tiba-tiba sering terjadi pada mobil yang dalam keadaan jalan macet atau saat kencang di jalan tol. Kondisi ac mobil pana terus terjadi dan berulang, dari awalnya muncul satu bulan sekali, dua minggu sekali, seminggu sekali dan semakin sering terjadi jika tidak diperbaiki.
  • Gejala selanjutnya akan terdengar bunyi gesekan besi, setelah itu AC menjadi tidak dingin dan timbul bau gosong.

2. Freon Habis

Apa itu freon? Freon adalah bahan yang berguna untuk memindahkan panas pada udara yang akan dihembuskan ke kabin. Fungsi freon sangat penting untuk mendinginkan udara yang akan dihembuskan ke dalam kabin. Jika volume freon AC habis, tidak ada lagi penyerapan panas. Akibatnya, suhu hembusan udara akan terasa panas. Cara mengecek freon mobil bisa anda lihat pada sight glass didekat dryer. Dalam kondisi AC on serta mesin hidup, harusnya ada gelembung yang menandakan freon masih ada didalam saluran AC.

3. Kopling Kompresor Mati

Kopling kompresor berfungsi layaknya kopling pada transmisi. Fungsi kopling komperesor untuk memutuskan dan menghubungkan putaran, namun yang diolah adalah putaran pulley kompresor ke poros kompresor AC. Apabila kopling komperesor mati, kompresor AC tidak akan terhubung ke pulley. Selain itu, kompresor tidak bisa melakukan pompaan freon meski RPM mesin sudah sangat tinggi. Akibatnya, tidak ada sirkulasi freon serta tidak terjadi perpindahan panas. Cara memeriksa kopling kompresor sangat mudah, yaitu dengan memperhatikan kinerja kompresor AC saat mesin hidup lalu AC dinyalakan harusnya kopling langsung terhubung. Jika anda mendengar suara hubungan kopling kompresor dan ada kenaikan RPM mesin, kopling normal. Sedangkan jika tidak maka kopling kompresor telah rusak.

4. Kipas Pendingin Mati dan Rusak

Kipas pendingin memiliki banyak fungsi seperti mendinginkan mesin dan mendinginkan kondensor AC. Jika kipas pendingin dalam kondisi mati, maka freon tidak dapat didinginkan. Akibatnya, AC kadang terasa dingin tapi ketika lama digunakan hembusan angin semakin panas. Cara mengetahui kipas pendingin mati sangat mudah, Anda bisa melihat indikator overheat pada dashboard yang mengindikasikan suhu mesin terlalu panas. Jika terjadi overheat dan AC panas secara bersamaan, bisa dipastikan kipas pendingin rusak. Untuk mengatasi kipas pendingin mati, buka kap mesin mobil Anda dan pastikan suhu mesin kembali dingin. Anda bisa melakukan pengecekan rangkaian (fuse dan relay), Jika kondisinya normal maka lanjut ke pengecekan kipas. Cara perbaikan ini memerlukan alat-alat khusus, jadi ada baiknya Anda menghubungi bengkel terpercaya di kota Anda.

5. Kondensor Bermasalah

Masalah AC panas bisa terjadi karena kondensor terhalang atau rusak. Selain terhalang, kondensor AC juga bisa mengalami kerusakan karena beberapa hal seperti terkena butiran batu atau debu.

6. Kabel Rusak

AC panas bis terjadi karena perkabelan yang berhubungan dengan sistem pending ini mengalami kerusakan, atau seperti kabel putus. Jika tidak mengetahui bagian mana saja kabel mengalami kerusakan, sebaiknya periksa ke bengkel AC terdekat.

7. Refrigeran Bocor

Penyebab udara panas dari AC mobil bisa bisa dari kebocoran pada Refrigeran. Kebocoran refrigeran dapat terjadi ketika AC menyala. Fungsi Refrigerant atau zat pendingin berperan sebagai fluida kerja di dalam mesin refrigerasi, pengkondisian udara, dan sistem pompa kalor. Refrigeran berguna untuk meredam panas dan menjaga kabin tetap dingin.

8. Aktuator Rusak

Ada bagian pada AC yang disebut aktuator. Aktuator berfungsi mengontrol pembukaan dan penutupan aliran udara.

Itulah beberapa penyebab penyebab AC mobil panas yang wajib Anda ketahui. Cara mengatasi AC mobil panas yang mudah dan cepat bisa menggunakan jasa service ac mobil. Salah satu jasa service ac terpercaya dan aman adalah Rotary Bintaro. Apa itu Rotary Bintaro? Rotary Bintaro adalah bengkel AC mobil terbaik di Jakarta dengan teknisi dan profesional. Anda bisa datang ke cabang bengkel Rotary Bintaro di Bekasi, Ciledug, Depok, Kedoya, Puri, Rawamangun, Kuningan, Serpong dan Veteran. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mengunjungi website resmi Rotary Bintaro di Rotarybintaro.co.id.

Kondisi AC mobil panas apabila dibiarkan tentu saja akan berakibat fatal, risiko yang paling tinggi adalah kebakaran mobil. Untuk itu lakukan perawatan AC mobil secara rutin minimal enam bulan sekali. Ketika AC mobil mulai bermasal langsung datangi bengkel resmi atau bengkel spesialis AC mobil kepercayaan seperti Rotary Bintaro.