Panduan Memilih Sunscreen sesuai Jenis Kulit

Sejak zaman dahulu, sunscreen selalu diandalkan oleh banyak orang untuk melindungi kulit mereka dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Seiring dengan berjalannya waktu, kini sudah ada beragam jenis produk sunscreen yang berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing.

Oleh sebab itu, berikut telah kami rangkum dari halaman Pickybest.id panduan memilih sunscreen sesuai jenis kulit:

Sunscreen untuk Kulit Sensitif

Setiap produk sunscreen saat ini sudah diformulasikan secara khusus agar dapat menyesuaikan dengan kondisi kulit yang berbeda-beda.Apabila Anda memiliki kulit yang sensitif, maka sangatlah penting untuk memilih rangkaian produk sunscreen yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif. Umumnya sunscreen jenis ini dibuat untuk semua jenis kulit sensitif, dari yang rentan jerawat hingga kering, untuk memberikan perlindungan sinar matahari spektrum luas yang sangat tinggi tanpa efek samping pada kulit sensitif.

Sunscreen untuk kulit sensitif berkualitas tinggi biasanya bersifat non-comedogenic (tidak menyumbat pori), bebas paraben, bebas pewangi, atau diformulasikan dengan konsentrasi rendah wewangian hypoallergenic untuk meningkatkan pengalaman penggunaan. Selain itu, sunscreen yang cocok bagi orang dengan kulit sensitif biasanya memiliki tekstur yang ringan dan nyaman dipakai serta lapisan yang tidak terlihat pada kulit, memastikan tidak ada butiran yang tersisa.

Sunscreen untuk Kulit Berminyak & Kulit Jerawat

Jenis kulit selanjutnya yang perlu menggunakan sunscreen dengan formula khusus adalah kulit berminyak dan berjerawat. Rekomendasi sunscreen terbaik untuk kulit berjerawat dan berminyak harus bersifat non-komedogenik, yang berarti tidak akan menyumbat pori-pori. Hal ini sangat penting jika kulit berminyak Anda juga rentan berjerawat. Sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat juga harus bebas dari bahan kimia berlebihan, dengan formula ringan dan tidak berminyak sehingga mudah diserap.

Sunscreen untuk Kulit Kering

Bagi orang dengan kulit kering dan sensitif,sunscreen dengan lebih banyak kandungan nutrisi menjadi pilihan yang lebih baik, terutama jika tidak menggunakan pelembab. Pada umumnya sunscreen untuk kulit kering diformulasikan secara khusus untuk memberikan perlindungan spektrum luas yang sangat tinggi menggunakan formula yang bisa mengunci kelembaban dalam cakupan yang merata dan hasil akhir yang tidak berminyak.

Untuk perlindungan secara menyeluruh, Anda dapat memilih sunscreen dengan kandungan SPF 50+ yang dilengkapi pelembab light coverage, sehingga Ideal untuk penggunaan sehari-hari dengan atau tanpa riasan. Anda juga dapat memakai BB Cream untuk kulit kering yang bernutrisi namun ringan, dengan warna universal agar bisa meratakan warna kulit. Sunscreen atau BB Cream yang baik akan memberikan perlindungan spektrum luas yang canggih, dengan kandungan pigmen mikro yang beradaptasi dengan warna kulit Anda. Selain filter UV kimia yang menyerap radiasi UV, produk jenis ini juga dapat melindungi kulit dari sinar yang merusak.

Sunscreen untuk Kulit Normal ke Kombinasi

Pada dasarnya, orang dengan kulit normal tidak memerlukan produk sunscreen secara khusus. Meskipun tidak memerlukan produk yang mengontrol minyak atau melembabkan secara intens, kulit normal hingga kombinasi bisa mendapatkan manfaat lebih dari sunscreen ringan non-komedogenik yang sangat nyaman untuk dipakai sehari-hari.

Jenis sunscreen terbaik yang bisa digunakan oleh orang-orang dengan kulit normal adalah sunscreen yang non-komedogenik, tidak berminyak dan tidak perih di mata, bebas pewangi, dan sudah teruji secara dermatologis efektif sebagai tabir surya spektrum luas yang memberikan perlindungan UVA dan UVB sangat tinggi dalam formula yang ringan dan tidak berminyak. Selain itu, untuk perawatan tambahan, pilihlah sunscreen yang tidak terlihat di kulit dan menyerap secara instan sehingga bisa dipakai dengan mulus di bawah riasan.

Demikianlah tadi penjelasan lengkap yang telah kami rangkum mengenai panduan memilih sunscreen sesuai jenis kulit. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa jenis sunscreen terbaik bukanlah dilihat berdasarkan harganya saja, melainkan juga kecocokannya dengan kulit Anda. Oleh sebab itu, lakukanlah pengecekan jenis kulit Anda sebelum menentukan produk sunscreen yang sesuai agar bisa mendapatkan manfaat perlindungan terbaik.