Profil Biodata, Biografi dan Fakta Penemu Lampu Neon (Georges Claude)


Halo sobat Kpop Squad Media tercinta semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca informasi mengenai biodata penemu atau biodata ilmuwan lainnya di kpopsquad.com! Kali ini kita akan membahas seputar profil penemu lampu neon, biodata penemu lampu neon, biografi penemu lampu neon dan fakta penemu lampu neon. Siapa penemu lampu neon? Jawabannya adalah Georges Claude. Siapa Georges Claude? Untuk lebih lengkapnya, yuk simak profil biodata, biografi dan fakta penemu lampu neon (georges claude) dibawah ini.

Baca Juga : Profil Biodata, Biografi dan Fakta Lengkap Mohammad Indro Cahyono, Ahli atau Pakar Virus (Virolog) di Laboratorium Virologi Bandung

BIODATA GEORGES CLAUDE


Nama Lengkap : Georges Claude

Kewarnegaraan Georges Claude : Perancis

Penemuan Georges Claude :

  • Georges Claude membuat Lampu Neon Pertama atas inspirasi penemuan Daniel McFarlan (penemu lampu sebelumnya). Paten lampu neon diperoleh Georges Claude di tahun 1911.
  • Selain itu, Georges Claude dikenal sebagai ahli kimia ternama dengan ide besarnya menggunakan asetilen sebagai zat kimia organik yang digunakan industri saat ini.
  • Di masa Perang Dunia I, Georges Claude memproduksi gas klorin cair. Gas ini dipakai sebagai gas beracun yang bisa menyerang musuh.
  • Kemudian di tahun 1917, dia memproduksi ammonia sintesis yang menggunakan proses tekanan tinggi. Ammonia ini kini banyak digunakan sebagai bahan baku pupuk dan juga bahan baku industri yang sangat penting.

Tempat dan Tanggal Lahir Georges Claude : Georges Claude ini lahir di Perancis pada 24 September 1870

Keluarga Georges Claude : Georges Claude memiliki istri dan 3 orang anak

Judul buku Georges Claude : Liquid Air, Oxygen, Nitrogen di tahun 1913, bersama dengan Henry E. P. Cottrell dan Ma Vie et Mes Inventions (My life and my inventions) di 1957.

Meninggal : Georges Claude meninggal pada tanggal 23 Mei tahun 1960

Baca Juga : Profil Biodata, Biografi dan Fakta Lengkap Rocky Gerung, Ilmuwan Filsafat Indonesia Paling Terkenal dan Populer!

Dapatkan Informasi BIOGRAFI PENEMU LAMPU di HPmu KLIK TOMBOL BINTANG DISINI ).

FAKTA GEORGES CLAUDE


1. Georges Claude adalah penemu lampu neon pertama.

2. Georges Claude lahir di perancis.

3. Georges Claude dikenal sebagai ahli kimia ternama.

4. Lampu neon pertama Georges Claude mempunyai panjang sekitar 38 kaki (sekitar 115 cm).

5. Lampu neon pertama buatan Georges Claude dipamerkan di sebuah pameran di Paris di tahun 1910. Lampu neon Georges Claude berupa sebuah tabung gelas listrik berisi gas neon yang berpijar dengan warna-warna tertentu. Pemurnian gas di dalam tabung tersebut memakai sebuah filter arang. Setelah itu Georges Claude mengembangkan tabung neon mulai dari penambahan huruf-huruf yang bisa berputar, gambar, warna-warna mencolok, dan lain-lain.

6. Georges Claude pernah mengalami kecekalaan fatal saat membuat lampu neon pertama. Inilah yang kemudian memberinya pengalaman berharga agar selalu berhati-hati dalam bereksperimen.

7. Selain lampu neon, Georges Claude juga memberikan ide besarnya dalam menggunakan asetilen sebagai zat kimia organik di dunia industri saat ini. Di tahun 1897, Georges Claude menemukan cara mengalirkan dan menyimpan gas asetilen yang mudah terbakar. Georges Claude menyimpan gas di dalam aseton cair (likuid) yang simpel dan mudah dalam penanganan.

8. Di tahun 1907, Georges Claude mengembangkan sebuah proses dalam pembuatan udara cair untuk digunakan secara komersil. Georges Claude mampu mengembangkan metode yang mampu menghasilkan energi lain dari energi yang dihasilkan saat pengaliran gas oksigen.

9. Georges Claude tertarik pada gas inert. Apa itu gas inert? gas inert adalah kelompok gas yang relatif non-reaktif terhadap zat lain. Penelitian tentang gas inert Georges Claude dimulai ketika Georges Claude menyuplai oksigen likuid untuk seorang ahli kimia Skotlandia, Sir William Ramsay (1852-1916).

10. Dari hasil penemuan lampu neon, Georges Claude menjadi ilmuan yang kaya raya.

11. Pada perang dunia pertama, Georges Claude memproduksi gas klorin cair. Gas klorin dipakai sebagai gas beracun yang bisa menyerang musuh.

12. Georges Claude juga memproduksi ammonia sintesis yang menggunakan proses tekanan tinggi di tahun 1917. Ammonia ini kini banyak digunakan sebagai bahan baku pupuk dan juga bahan baku industri yang sangat penting.

13. Georges Claude mengalami kemunduran di Perang Dunia II.

14. Georges Claude bergabung dengan NAZI.

15. Georges Claude menghabiskan sisa hidupnya di dalam penjara bersama teman-temannya.

16. Georges Claude meninggal pada 23 Mei tahun 1960 dengan meninggalkan seorang isteri dan 3 orang anak.

17. Georges hanya menulis 2 buku, yakni Liquid Air, Oxygen, Nitrogen di tahun 1913, bersama dengan Henry E. P. Cottrell dan Ma Vie et Mes Inventions (My life and my inventions) di 1957.

Itulah pembahasan singkat mengenai profil biodata, biografi dan fakta penemu lampu neon (georges claude). Jika ada pertanyaan mengenai biodata penemu lampu neon atau ada permintaan pembahasan biodata penemu atau biodata ilmuwan lainnya bisa kirim pesan ke alamat email kpopsquadmedia@gmail.com. Atau mungkin ada keinginan untuk kerjasama dengan KPOP SQUAD MEDIA seperti pasang iklan, review produk, promosi produk, content placement, backlink dan sejenisnya langsung kontak kami melalui alamat email diatas.

Tertarik pasang iklan di kpopsquad.com? Hubungi kpopsquadmedia@gmail.com