6 Tips Jitu Menulis Judul dan Outline Skripsi Cepat ACC Dosen

TRENDING : CEK LINK VIDEO GISEL DIBAWAH INI


Cara Menulis Skripsi mungkin menjadi salah satu hal yang sering dipikirkan para Mahasiswa. Beberapa Mahasiswa merasa tegang saat menghadapi situasi tahap akhir ini. Namun, jangan khawatir karena membuat skripsi itu mudah kalau kamu tahu tips-nya. Terlebih, kamu juga perlu menghadapinya dengan optimis dan slow. Supaya, semua berjalan dengan tenang atas dasar akal sehat.

Nah bagi kamu yang lagi mencari cara menulis skripsi dengan gampang dan hasil memuaskan, tidak salah jika mengunjungi artikel ini. Berikut 6 tips jitu menulis judul dan outline skripsi cepat ACC dosen.

Baca Juga : 3 Tempat Kedai Kopi 24 Jam Bandung Harga Murah Paling Rekomendasi

1. Nabung Buku


Sebagai seorang Mahasiswa yang idealis, tentu kamu jangan cuma nabung duit doang ya. Karena, uang bisa habis kapan saja. Beda dengan menabung buku, ilmu tidak akan lekang oleh waktu. Terlebih, dengan kamu gemar menabung buku dan membacanya tentu akan memperluas wawasan. Meningkatkan juga daya literasi kamu. Sehingga saat momentum skripsian datang, kamu akan menghadapi dengan siap. Tidak perlu pusing antri di perpustakaan, eh malah nggak ada bukunya. Tidak perlu mendadak cari buku sana sini, dan justru menyita waktu. Dengan menabung buku sejak semester awal, pasti akan lebih membuat perjalanan skripsi kamu nanti berjalan dengan mulus.

Baca Juga : 5 Cara Membuat Kolam Renang dengan Biaya Minim

2. Nabung Relasi, Organisasi, Komunitas


Dengan kamu nabung relasi, organisasi dan komunitas tentu akan mendapatkan banyak manfaat. Bukan hanya mendapat pengalaman, posisi, wawasan dan jaringan, serta sarana pengabdian. Tetapi, kamu juga bisa jadikan objek yang disoroti untuk moment skripsi nantinya. Di organisasi, kamu akan banyak membaca fenomena. Yang itu dapat menjadi ide dan inspirasi untuk membuat tulisan, seperti menulis skripsi nantinya. Selain itu, saat nanti kamu cari perkumpulan yang akan diteliti juga bisa diterima dengan cepat bila objek tersebut sudah mengenalmu. Berbeda saat kamu baru kenal perkumpulan itu, dan tiba-tiba mau penelitian skripsi. Belum tentu kamu akan mudah diterima. Bagaimana kalau objek dari suatu perkumpulan itu menolak kamu teliti, karena kurang mengenalmu dan tidak percaya dengan mu? Pasti, kamu akan  diminta ganti judul sama Dosen pembimbing. So, dengan memastikan objek perkumpulan dari jauh-jauh hari yakni menabung relasi, organisasi, komunitas. Pasti, kamu akan lebih diterima dan gampang saat nanti skripsian.

3. Bangun Personal Branding


Sejak kamu jadi Mahasiswa junior alias semester awal, bangunlah personal branding yang positif. Dengan kamu suka berpendapat dengan referensi jelas, analisa matang, dan wawasan fenomena yang luas. Serta, diimbangi dengan kemampuan komunikasi atau lobying yang bagus. Jangan lupa juga, untuk tidak melewatkan tugas-tugas. Nah, dengan personal branding yang bagus tentu akan banyak Dosen mendengar citra positif kamu. Dengan seperti itu, saat kamu bimbingan skripsi atau seminari proposal maupun hasil skripsi, para Dosen akan cenderung percaya dengan data yang kamu utarakan. Kamu pun akan dipermudahkan saat proses skripsi, tidak dibuat rumit dengan alasan tidak logis.

Baca Juga : 3 Cara Apply Pengajuan Kartu Kredit Bank BRI Tanpa NPWP dan Slip Gaji

4. Pilih Metode Penelitian yang Kamu Kuasai


Banyak macam metode penelitian. Misalnya seperti kualitatif, kuantitatif, eksperimen, dan lain sebagainya. Nah, kamu perlu memiliki metode penelitian yang paling dikuasai. Supaya kamu nantinya dapat cepat bangkit bila mengalami kendala saat proses penelitian maupun skripsian.

5. Lengkapi Data


Data yang dicantumkan harus kamu pastikan sudah lengkap, serta dapat dipertanggungjawabkan. Supaya saat kamu nanti sidang skripsi, bisa membela hasil skripsimu dengan matang. Misalnya kamu mengambil metode kualitatif fenomenologi. Jadi kamu harus melengkapi data wawancara, observasi, analisa dan perspektif peneliti. 

6. Perhatikan Teknikal


Teknikal terkadang dijadikan salah satu kunci oleh Dosen untuk menyalahkan Mahasiswanya. So, kamu perlu perhatikan betul teknikal-nya, sudah sesuai standart atau belum. Seperti: Menggunakan kata yang baku, kalimat yang benar, jenis font dan ukuran yang dipatenkan, penulisan footnote, penulisan daftar pustaka, dan lain sebagainya. Semua itu bisa kamu lihat di panduan Buku Skripsi yang diberikan dari kampus.

Baca Juga : Cara Ibu Menjaga Anak dari Wabah Virus Corona

Itulah 6 tips jitu menulis judul dan outline skripsi cepat ACC dosen yang mungkin kamu butuhkan untuk membuat skripsi. Semoga bermanfaat!

Note : Artikel Ini dibuat oleh tim Prokonten | Jasa Penulis Artikel SEO Professional