VIDEO: Cara Mengatasi Durian Tidak Mudah Pecah


Halo sobat Kpop Squad Media tercinta! Kali ini kita akan membahas seputar bagaimana cara mengatasi durian tidak mudah pecah. Durian adalah salah satu jenis buah tropis asli Indonesia. Memiliki aroma yang menyengat membuat Durian banyak disukai sekaligus tidak disukai oleh sebagian orang. Bagi pecinta durian khususnya petani durian dan penjual durian, ada banyak hal yang diperhatikan agar mendapatkan durian unggul dan berkualitas. Salah satunya memastikan durian tidak mudah pecah. Di artikel ini juga ada penjelasan beberapa efek samping durian yang mudah pecah, dampak bahaya durian yang mudah pecah dan penyebab durian mudah pecah.

Seperti buah-buah pada umumnya, buah durian juga mudah pecah. Buah durian yang mudah pecah terjadi saat proses pembesaran buah durian setiap musim tanam. Buah durian yang mudah pecah umumnya akan sulit masak atau matang buahnya. Terbukanya kulit dan daging buah durian tak jarang menyebabkan hama atau fungi datang sehingga menyebabkan buah durian tadi membusuk. Lalu bagaimana cara mengatasi durian tidak mudah pecah? Berikut ini ada beberapa penyebab durian mudah pecah dan cara mengatasi durian tidak mudah pecah untuk pemula cocok untuk petani durian dan penjual durian lengkap dengan video pesta durian gratis.

1. Suplai Air yang Berlebihan dan Tidak Teratur

Suplai air yang berlebihan umumnya terjadi saat musim hujan. Bisa karena lahan yang mengalami kebanjiran, lahan tergenang sehingga pohon durian terpaksa menyerap air berlebih, maka terjadilah proses osmosis, sehingga menyebabkan sel pada kulit atau daging buah durian pecah. Agar hal ini tidak terjadi ada baiknya untuk memastikan lahan untuk menanam pohon durian aman dari banjir dengan cara membuat sistem drainase yang baik. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan suplai air yang teratur agar buah durian dapat tumbuh dengan sempurna, unggul dan berkualitas. Ada catatan lagi, saat musim kemarau jangan memberikan air berlebihan dalam kondisi tanah kering.


2. Efek ZPT Berlebihan

ZPT adalah kepanjangan dari zat pengatur tumbuh, istilah asingnya PGR atau Plant Growth Regulator. ZPT sebenarnya secara alami sudah terdapat pada bagian pohon durian baik pada akar, daun, batang atapun buah durian. Seiring berkembangnya agroteknologi atau teknologi dalam perkebunan dan pertanian, kini ZPT sudah bisa dibuat sendiri. Aplikasi ZPT dengan dosis yang tepat memang diperlukan untuk memacu pertumbuhan pohon durian. Jika Namun jika melebihi dosis justru berakibat buah durian pecah. Tak hanya buah durian pecah, terkadang pangkal batang (pada cucurbit biasanya) juga bisa pecah.


Baca Juga : VIDEO: Apakah Coklat Cadbury yang Sudah Mendekati Expired Tetap Boleh Dimakan?

3. Efek Pupuk N Berlebihan

Pupuk N adalah pupuk buatan yang berbentuk cair atau padat yang mengandung unsur hara utama nitrogen, fosfor, dan kalium. Sama halnya dengan air dan ZPT, pupuk N berlebihan juga menjadi penyebab durian mudah pecah. Pada fase pembuahan buah durian, pupun N hendaknya dikurangi, sedangkan pupuk P dan K yang perlu ditambah. Jika sebaliknya, yakni saat pembuatan pupuk N yang ditambah, khususnya saat pematangan buah durian, maka jangan kaget jika nanti buah durian cracking (pecah). Tak hanya buah durian pecah, pupuk N berlebihan juga menyebabkan bunga rontok (berguguran).

Nah sobat Kpop Squad Media, itulah beberapa penyebab durian mudah pecah dan cara mengatasi durian tidak mudah pecah untuk pemula cocok untuk petani durian dan penjual durian. Setelah mengetahui informasi ini, semoga para petani durian indonesia bisa menghasilkan buah durian yang lebih berkualitas unggul. Jika ada tambahan info untuk topik cara mengatasi buah durian yang mudah pecah, atau mungkin ada pertanyaan lain bisa kirim melalui email kpopsquadmedia@gmail.com , email ini juga kami gunakan untuk kebutuhan bisnis dan kerjasama seperti backlink, iklan dan sebagainya. Kami tunggu kerjasamanya terima kasih.