Cara Ke Goa Jomblang yang Mudah dan Cepat

Cara Ke Goa Jomblang yang Mudah dan Cepat

Ada beberapa cara ke Goa Jomblang yang mudah dan cepat. Goa Jomblang adalah tempat wisata Jogja di Gunung Kidul yang banyak dikunjungi wisatawan. Mulai dari wisatawan lokal hingga wisatawan asing menyukai tempat ini.

Kenapa harus ke Goa Jomblang? Alasannya karena tempat ini merupakan keajaiban alam yang sangat menakjubkan. Informasi lebih lengkap tentang Goa Jomblang bisa disimak dalam penjelasan berikut ini.

Sejarah Goa Jomblang

Goa Jomblang merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Gunung Kidul Yogyakarta. Banyak orang menyebut goa ini unik karena adanya poros vertical yang menjulan tinggi dan juga pancaran cahaya yang sangat menakjubkan.

Goa Jomblang sendiri sudah dikenal oleh penduduk setempat sejak beradab-abad yang lalu. Akan tetapi, goa ini baru dikenal masyarakat luas baru akhir-akhir ini. Pada awal tahun 2000-an, tim penjelajah goa dan juga peneliti menenmukan goa tersebut. Goa tersebut sudah ditutup selama ribuan tahun lamanya,. Tim yang menemukan goa tersebut langsung terpesona akan keindaannya.

Secara Geologi, Goa Jomblang terbentuk dari kombinasi antara karst dan batupasir. Porosnya vertical yang menjulang tinggi merupakan hasil dari erosi udara selamam ribuan tahun. Gua ini memiliki kedalaman sekitar 60 meter dan menjadi rumah bagi serangkaian formasi batuan yang menakjubkan. Seperti stalagmit, stalaktit dan bangunan unik lainnya.

Sinar cahaya yang menyinari Goa Jomblang tercipta ketika sinar matahari menempus permukaan dan juga menghasilkan bagian dalam.

Cara ke Goa Jomblang

Goa Jomblang sudah masuk list sebagai tempat wisata yang akan dikunjungi saat berlibur di Yogyakarta, lalu bagaimana caranya untuk bisa sampai ke tempat wisata tersebut? Kamu bisa menjalin kerjasama dengan pemandu ahli dari Jomblang Cave Tour ataupun Prambanan Ramayana Ballet.

Setelah itu, kamu bisa menjelajah Goa Jomblang dengan aman dan tanpa takut tersesat. Goa Jomblang sendiri berada di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Goa ini merupakan goa vertical yang terjadi akibat runtuhnya tanah dan juga vegetasi karena proses geologi. Runtuhan tersebut kemudian menghasilkan sinkhole atau sumuran dengan mulut goa sekitar 50 meter.

Selain sebagai destinasi wisata menarik, di dalam goa ini merupakan tempat konservasi tumbuhan purba.  Untuk bisa sampai ke dalam goa ini, ada empat jalur yang bisa dilalui dena kedalaman berbeda. Kamu yang masih pemula bisa melewati jalur 15 meter, sementara untuk yang sudah ahli bisa melewati jalur setinggi 40 meter, 60 meter sampai 80 meter.

Untuk jalur 15 meter bisa dilalui oleh pengunjung dengan cara jalan kaki meski jalurnya cukup terjal. Setelah sampai di dasar goa, Kamu akan terpesona dengan pemandangan yang ada di sekitar mulut goa. Disini Kamu akan menemukan berbagai vegetasi tumbuhan purba yang cantik.

Ketika menyusuri Lorong goa, kamu akan melihat lorong yang dihiasi oleh stalaktit dan stalagmit diatasnya. Ada juga aliran sungai yang cukup deras. Tentu saja ini merupakan pengalaman yang sangat unik dan asyik. Untuk bisa turun ke bawah, kamu harus ditemani oleh pemandu ahli.

Pemandu ahli nantinya akan memberikan wawasan dan infromasi menarik tentang sejarah dan juga geologi Goa Jomblang. Di Goa ini kamu akan dikelilingi oleh formasi batuan yang menjulang tinggi. Selain itu, juga berkesempatan untuk menyaksikan pancaran cahaya matahari yang terkenal.

Pemandu ahli yang memimpin tur ini akan selalu memastikan keselamatan seluruh pengunjung sehingga semuanya bisa bersantai dan menikmati perjalanan.

Nah itulah informasi tentang sejarah dan cara ke Goa Jomblang yang mudah dan cepat. Setelah mengunjungi Goa Jomblang, kamu juga bisa menikmati Prambanan Ramayana Ballet Tour Packages dari Goajomblang.com. Tertarik? Hubungi nomor WhatsApp dibawah ini.

WhatsApp