Kelebihan Bata Ringan dibandingkan Batako dan Bata Merah

Kelebihan Bata Ringan dibandingkan Batako dan Bata Merah

Apa saja kelebihan bata ringan dibandingkan batako dan bata merah? Cek disini. Saat mendirikan sebuah bangunan, hal yang penting untuk di-crosscheck tidak hanya desain dan anggaran saja. Namun, sebelum itu, memilih material jadi step yang tidak kalah penting. Lantas, apakah pemilihan bata ringan murah sudah tepat dibandingkan batako dan bata merah? Simak penjelasannya dibawah ini.

Kelebihan Bata Ringan

Nah, disini kita hanya akan membahas tiga material yang sering digunakan dalam konstruksi seperti bata ringan, bata merah dan batako. Langsung saja cek disini kelebihan bata ringan dibandingkan dua bata lainnya.

1. Berat

Berat

Sesuai dengan namanya, batu bata ringan sudah jelas memiliki berat lebih ringan dibandingkan bata yang ada pada umumnya.

Apabila beratnya sangat ringan, artinya tidak akan memakan waktu yang lama untuk menata bata ringan tersebut. Sehingga, bisa menghemat waktu pengerjaan konstruksi. Beda halnya dengan pemasangan batu merah yang terkenal sangat memakan waktu.

Selain itu, bata ringan memiliki ukuran yang lebih seragam, sehingga konstruksi yang dibangun dengan batu bata ringan ini akan terlihat lebih rapi.

2. Ketahanan

Ketahanan

Bata ringan memang bobotnya lebih ringan, tapi kalau soal ketahanan jangan diremehkan. Ringan bukan berarti bisa retak dan roboh kapan saja ya, justru daya tahan yang dimiliki oleh bata ringan sangat kuat.

Hal ini karena komposisi bata tersebut dibuat dari campuran beton. Jadi, wajar saja kenapa ketahanannya bisa disandingkan dengan material beton, bahkan bisa dibilang sama.

Bukan hanya melihat dari komposisinya saja, tapi untuk ketahanan dari bata ringan sudah memenuhi standar dari bahan bangunan anti gempa. Jika main ke daerah perkotaan, sangat banyak gedung bertingkat yang mengandalkan bata ringan sebagai material bangunannya.

3. Kedap Suara

Dengan bentuknya yang lebih padat atau solid, bata ringan menjadi material yang cocok untuk meredam suara bising dari luar yang masuk ke ruangan. Kualitas kedap suara yang dimiliki sangatlah menguntungkan beberapa orang yang tidak suka dengan suara bising.

4. Hemat Biaya Pemasangan

Hemat Biaya Pemasangan

Siapa bilang menggunakan bata ringan butuh budget yang lebih besar untuk konstruksi rumah impian? Tahu gak berapa harga jual Bata Ringan 1 DO?

Jika Anda hanya melihat dari harga satuannya saja, memang benar bata ringan sangat mahal dibandingkan bata merah.

Akan tetapi, sebenarnya, saat Anda memakai material bata ringan dalam proses konstruksi bangunan, justru sudah menghemat biaya pemakaian plester hingga 50% loh.

Kok bisa sih? Yap, ini karena proses pemasangan bata ringan terkenal sangat praktis dan cepat. Anda juga tidak perlu menggaji tukang terlalu untuk pemasangan batu bata tersebut. Jadi bata ringan atau bata hebel murah kan?

5. Insulator Suhu

Insulator Suhu

Dengan insulator suhu yang sangat baik, maka bata ringan mampu membuat konstruksi bangunan tersebut terlindungi dengan baik secara utuh.

Sekalipun punya pori-pori, justru sebenarnya bukan membuat risiko retak lebih besar. Namun, pori-pori dari permukaan bata tersebut mampu menyerap udara panas yang ada dari luar ruangan.

Dengan demikian, suhu dingin di dalam ruangan dapat dipertahankan dengan maksimal. Itulah kenapa sangat cocok digunakan untuk rumah dan bangunan yang iklimnya sangat panas. 

Sedangkan, batako cenderung terasa panas, terutama untuk rumah-rumah yang dibangun di daerah tropis dan lebih sering terkena sinar matahari.

Sudah bisa menentukan mana pilihan batu bata terbaik untuk rumah impian Anda? Jika masih bingung, Anda bisa datang ke toko jual bata ringan terdekat ataupun tempat jual bata ringan Indonesia lainnya. Jika perlu, Anda juga bisa konsultasi terkait pemilihan material terbaik bagi bangunan Anda.

Salah satu tempat jual bata ringan terbaik adalah PT. SUMBER BANGUNAN HEBELINDO. Ada banyak merk bata ringan disini mulai dari Bata Ringan Merk LEIBEL, Bata Ringan MULTICON, Bata Ringan POWERBLOCK, Bata Ringan Hebel Merk BSH Cikande, Bata Ringan Hebel Merk ACON Plant Purwakarta, Bata Ringan AAC Merk PLATINUM Lokasi Plant Purwakarta, Bata Ringan AAC Merk SSI Grade A1 atau KW-1.

Beli Sekarang