Perbedaan Epson dan Canon Wajib Diketahui

Perbedaan Epson dan Canon Wajib Diketahui

Sebelum membeli printer, ketahui dulu apa saja perbedaan epson dan canon disini. Adanya printer sangat membantu meringankan berbagai pekerjaan cetak-mencetak, mulai dari tugas kuliah, pekerjaan, hingga jualan. Jadi, saat ini hampir semua orang membutuhkan printer. Namun, banyaknya merk printer di pasaran kadang membuat kita bingung harus memilih yang mana. Contohnya saja antara epson dan canon. Selain membahas perbedaannya, simak juga cara mengunduh driver printer epson dari driverepson.org.

Perbedaan Epson dan Canon

Nah, pada artikel ini akan diulas lebih lanjut tentang perbedaan epson dan canon dari berbagai sisi, seperti kualitas warna, harganya, sistem penyerapan limbah, hingga kegunaan spesifiknya. Jadi, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Yuk, simak ulasannya disini!

1. Warna Tinta

Warna Tinta

Epson bisa dibilang sangat unggul dari segi ketajaman warna. DIkarenakan, bisa menghasilkan warna yang lebih tajam, natural, dan cerah. Hal inilah yang membuat Epson lebih direkomendasikan untuk mencetak berbagai foto dan gambar.

Apabila Anda memiliki bisnis percetakan, studio foto, dan sebagainya, maka Epson sangatlah direkomendasikan. Sementara itu, untuk warna dari printer Canon sendiri kurang natural. Bahkan saat mencetak gambar, kadangkala tak terlihat seperti gambar aslinya.

Akan tetapi, untuk warna hitam putih, Canon dapat memberikan performa yang terbaik daripada Epson. Sehingga, untuk keperluan cetak dokumen, maka Canon sangatlah direkomendasikan untuk dipilih.

2. Kecepatan

Kecepatan

Canon sangat terkenal dengan print speed black 7.0 ppm serta print speed colour 4.8 ppm. Hal ini membuatnya sangat cepat dalam beroperasi.

Sedangkan, Epson termasuk printer yang bekerja lambat. Apabila dibandingkan dengan kecepatan printer merk lain, maka porsinya hanya 1:3 saja.

3. Cartridge

Cartridge

Sayangnya, colour cartridge dari printer Canon mudah rusak. Apalagi, pada tipe IP1200-1980 MP/C series. Dikarenakan, pada tipe tersebut digabung antara print head dan catridge-nya.

Jika ingin punya cartridge printer yang lebih awet, Anda bisa menggunakan Epson yang sudah dibekali dengan micropoizo. Sedangkan, head to head-nya menggunakan jenis piezoelektrik. Namun, Canon tidak bisa menggunakan kepala jenis ini, karena hanya bisa dipakai oleh Epson saja.

4. Limbah Tinta

Limbah Tinta

Pengguna printer Epson harus menggunakan drain out. Dikarenakan, saat melakukan pembersihan, printer ini seringkali menghasilkan lebih banyak tinta.

Namun, penyerapan limbah tinta canon juga terbilang kurang bagus, terutama saat pencetakan. Hal Ini membuat tinta sering banjir pada kertas. Tidak hanya terjadi pada catridge lama saja, tapi juga catridge baru.

5. Harga Cartridge

Harga Cartridge

Jika catridge Canon sudah rusak, siap-siap deh untuk keluar uang lebih banyak. Dikarenakan, harga catridgenya lebih mahal dibandingkan merek lain seperti HP dan Epson. Hal ini membuat Anda harus lebih berhati-hati mengisi tinta catridge agar tidak cepat rusak.

Sementara itu, dari segi harga pembelian printer, canon dan epson sama-sama terjangkau. Jadi, Anda bisa pilih tipe yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.

Nah, dengan adanya beberapa penjelasan singkat tentang perbedaan antara canon dan epson, semoga bisa membantu Anda mendapatkan printer yang sesuai dengan kebutuhan dan budget ya.

Setelah dibeli, biasanya Anda akan menginstall printer tersebut di laptop agar bisa segera digunakan. Jika Anda membeli printer Epson, maka sebelum itu, pastikan dulu Anda sudah mengunduh driver printer Epson di laptop.

Cukup simpel, Anda bisa dapatkan drivernya dari website resmi driverepson.org. Lalu, ikuti prosesnya sampai selesai hingga akhirnya driver berhasil terinstall di laptop Anda. Selamat mencoba!