Perbedaan Nyonya dan Nona Tiket Pesawat

Sudah tahu perbedaan nyonya dan nona tiket pesawat? Jika belum simak penjelasannya disini. Saat memesan tiket pesawat via aplikasi, ada beberapa biodata penting yang harus diisi. Nah salah satunya seringkali muncul pilihan status nyonya dan nona pada bagian nama. Sebenarnya apa sih perbedaan nyonya dan nona tiket pesawat?

Perbedaan Nyonya dan Nona Tiket Pesawat

Agar tidak salah lagi mengisi status nyonya dan nona saat pengisian biodata pemesanan tiket pesawat, maka wajib untuk menyimak perbedaan nyonya dan nona tiket pesawat berikut ini. 

1. Tujuan Penggunaan yang Berbeda

Status nyonya dan nona sendiri adalah sebutan untuk status perempuan dewasa berbeda di tengah-tengah masyarakat. Nyonya adalah sebutan untuk perempuan yang telah menikah. Sedangkan, Nona adalah sebutan khusus bagi perempuan yang belum menikah.

Meskipun sama-sama mewakili sebutan untuk perempuan, tetapi dari statusnya sangatlah berbeda. Bagaimanapun juga, status ini sangatlah menentukan nama penumpang yang akan tertulis pada tiket pesawatnya.

Saat memilih status nyonya, artinya nama depan Anda akan bergelar nyonya. Sementara, jika berstatus nona, nama depan pun akan diawali dengan nona.

2. Adanya Perbedaan Usia

Selain status di atas, penggunaan nona dan nyonya ternyata ada juga yang melihatnya dari usia penumpang. 

Untuk Anda dengan usia 25 tahun ke atas, maka akan dinyatakan berstatus nyonya. Jika berusia 25 tahun ke bawah, biasanya dipanggil dengan sebutan nona.

Memang, ada berbagai preferensi berbeda untuk kedua sebutan ini. Dikarenakan, kadang juga tergantung dengan aturan maskapai penerbangan tertentu.

Jika mengikuti aturan tradisional, maka akan menggunakan nyonya untuk perempuan yang telah menikah. Begitu pun sebaliknya.

Mengapa Penting Memilih Status yang Sesuai?

Di Indonesia sendiri, tak ada masalah terkait penggunaan status yang akan digunakan, entah itu nona ataupun nyonya.

Akan tetapi, ada beberapa alasan yang membuatmu tetap harus menggunakan sebutan yang sesuai untuk nama depan.

Pertama, saat Anda bepergian ke negara asing dengan budaya berbeda terkait penggunaan gelar ini.

Contohnya, ketika bepergian ke Jepang, maka adanya status yang jelas bisa membantu Anda untuk berinteraksi lebih baik dengan orang sekitarnya.

Pemilihan gelar atau status seperti nona dan nyonya yang tidak dapat, cenderung dianggap sebagai tindakan yang kurang menyenangkan, tidak sopan, dan tidak menghargai budaya mereka.

Alasan kedua adalah adanya maskapai penerbanagan tertentu yang memberikan diskon khusus bagi penumpang dengan status Nyonya ataupun Nona. Apalagi, saat Anda melakukan pembelian tiket pesawat secara berombongan. Sangat bermanfaat bukan?

Cara Memilih Status Nona atau Nyonya yang Tepat

Setelah tahu betapa pentingnya memilih status nona dan nyonya di tiket pesawat, maka kini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih status yang sesuai.

Pertama, Anda sudah harus tahu berapakah usia saat ini. Apabila berusia 25 tahun ke atas, bisa memilih nyonya. Sedangkan, di bawah 25 tahun bisa menggunakan nona.

Kedua, melihat tujuan negara yang akan dikunjungi. Pilihlah aturan penggunaan status yang memang sesuai dengan budaya negara mereka. Contohnya seperti Negara Jepang di atas.

Namun, apabila memang tidak mempermasalahkan penggunaan gelar nyonya dan nona sama sekali, Anda bisa pilih sesuai preferensi yang dimiliki.

Terakhir, memilih sesuai dengan aturan maskapai yang akan digunakan. Nah, untuk aturan satu ini membuat Anda tidak perlu pusing memilih status karena sudah memiliki aturan yang berlaku. Jadi cukup ikuti penggunaan status sesuai maskapai tersebut.

Itulah perbedaan nyonya dan nona tiket pesawat. Semoga Anda tidak bingung lagi memilih status ini saat memesan tiket pesawat.