Itinerary Jakarta ke Jogja dengan Mobil

Bagi kamu warga Jakarta yang ingin liburan ke Jogja wajib tahu itinerary jakarta ke jogja dengan mobil. Hadirnya tol Trans-Jawa semakin meningkatkan keinginan masyarakat untuk melakukan perjalanan bisnis atau liburan rute Jakarta-Jogja dengan mobil. Jika kamu punya rencana ke Jogja beberapa hari kedepan, berikut kami ulas itinerary Jakarta ke Jogja dengan mobil secara lengkap supaya bisa menjadi referensi.

Itinerary Jakarta ke Jogja dengan Mobil, Lengkap!

Sebelum memutuskan untuk menempuh perjalanan Jakarta-Jogja, pastikan kalau kondisi mesin dan ban mobil sudah aman. Dikarenakan, kendaraan harus prima agar perjalanan lancar.

Tak hanya kendaraan, kondisi fisik pun harus sehat dan bugar, terutama pengemudi. Jika perlu, harus ada anggota keluarga lainnya yang juga bisa mengemudi. Jadi, bisa saling bergantian.

Jika tidak ingin ribet, kamu bisa menggunakan salah satu jasa layanan travel jakarta ke jogja yang terpercaya dan aman yaitu Ayuningtravel.com. Mulai dari kondisi mobil hingga supir prima dan siap mengantarkan kamu liburan ke Jogja dengan nyaman dan aman.

Setelah semuanya telah terpenuhi lengkap, kamu baru bisa beranjak untuk mengecek itinerary Jakarta ke Jogja dengan mobil di bawah ini. Sebagai informasi, perjalanan menuju Jogja dari Jakarta hanya memakan waktu 9 jam saja dengan jarak tempuh 570 km.

1. Berangkat Pagi-Pagi

Kemanapun perjalanannya, memang lebih baik untuk berangkat dini hari supaya terhindar dari kemacetan yang sangat parah. Paling telat, mungkin kamu bisa berangkat setelah menunaikan sholat subuh.

Panorama setelah subuh juga tak kalah indah loh di sepanjang jalan, terutama warna matahari terbit yang sangat cantik. Dengan berangkat pagi-pagi sekali, membuat tubuh masih terasa lebih segar dibandingkan siang hari yang mungkin lebih sering terlihat lesu.

Selain itu, jika berangkat lebih pagi kamu juga berkesempatan untuk singgah di beberapa tempat wisata yang tak jauh dari jalan tol. Tertarik mencoba?

2. Pastikan Istirahat Setiap 3 Jam Perjalanan

Sejauh ini, kira-kira setiap berapa jam perjalanan kah kamu baru beristirahat? Idealnya, istirahat setiap 3 jam perjalanan sudah cukup mengisi tenaga yang mungkin sudah mulai lelah mengemudi.

Di sepanjang tol Trans-Jawa ini, kami merekomendasikan kamu untuk singgah di beberapa titik rest area ini.

Pertama, Rest Area KM 57 Jakarta-Cikampek. Kamu bisa beristirahat disini jika melewati jalan tol layang Sheikh Mohammed Bin Zayed. Fasilitas disini juga cukup lengkap, bisa buang air ataupun sekedar melepas penat sebentar.

Kedua, Rest Area KM 164 B ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Area ini sangat rawan akan kecelakaan karena memang medannya sangat lurus dan datar. Jika sudah mulai mengantuk, sebaiknya singgah dulu di rest area agar lebih fokus mengemudi.

Ketiga, Rest Area Pendopo KM 456 A ruas tol Semarang-Solo. Diantara rest area lainnya, inilah yang rasanya paling sejuk. Kamu bisa makan siang dan beristirahat sejenak disini.

3. Kembali ke Jakarta Pagi-Pagi

Sebaiknya, kembali ke Jakarta pun harus pagi-pagi supaya terhindar dari macet. Apalagi arus mudik sepanjang liburan sangat padat.

Di perjalanan nanti, kamu bisa singgah di salah satu rest area, seperti Rest Area KM 260 B Brebes Heritage ruas tol Pejagan-Pemalang.

Sedikit informasi, ini adalah rest area yang sebenarnya merupakan bangunan bekas Pabrik Gula Banjaratma dan telah ada sejak tahun 1908 silam. Kamu juga berkesempatan untuk mengamati lebih dekat arsitektur pabriknya. Nah, jika mampir ke sini, jangan lupa cicipi telur asinnya ya.

Itulah itinerari Jakarta ke Jogja dengan mobil. Jangan lupa juga untuk menyiapkan itinerary liburan selama kamu berada di Jogja ya, mulai dari day 1, day 2, day 3, dan seterusnya. Pembuatan itinerary sangat penting agar tidak ada waktu liburan yang terlewatkan sia-sia.