Cara Akses ke Pulau Tidung untuk Pemula

Hampir setiap pulau di Kepulauan Seribu selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap liburan akhir pekan, termasuk Pulau Tidung. Pulau ini juga mempunyai banyak spot foto keren dan menarik loh. Cocok banget untuk Anda yang suka hunting foto instagenik. Namun, sebelum berangkat, cari tahu dulu akses ke Pulau Tidung pada penjelasan berikut.

Bagaimana Cara Akses ke Pulau Tidung

Karena satu-satunya transportasi yang bisa dinaiki ke Pulau Tidung adalah transportasi laut, maka ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih, diantaranya:

1. Kapal KM Kerapu

Dermaga Kali Adem - Muara Angke memiliki beberapa pilihan transportasi ke Pulau Tidung. Salah satunya adalah Kapal KM kerapu.

Namun, kapasitasnya tidak sebesar kapal-kapal biasa, hanya muat hingga 20 penumpang saja. Dengan kapal ini, Anda bisa sampai ke Pulau Tidung dalam waktu 1,5 jam saja. Harganya juga sangat murah loh, yaitu Rp 50.000 per orang.

2. Kapal Feri Tradisional

Ini adalah kapal feri besar dan muat hingga 200 orang penumpang. Jika Anda pergi dengan keluarga besar, cocok banget untuk menaiki kapal ini.

Harganya juga cukup murah, hanya Rp 50.000 saja per orang, Bobot kapal yang besar membuatnya sampai ke Pulau Tidung dalam waktu lebih lama, yaitu bisa sekitar 2,5 jam.

Kapal ini berangkat dari dermaga Muara Angke - Kali Adem Jakarta pada pukul 07.30 WIB pagi. Jadi pastikan Anda dan rombongan sudah berada di lokasi sebelum pukul 07.00 agar tak ketinggalan.

3. Speed Boat

Speed boat atau dikenal sebagai kapal cepat ini berangkat dari Dermaga Marina Ancol Jakarta. Waktu berangkatnya tak jauh dari kapal sebelumnya, yaitu pada pukul 08.00 WIB pagi dengan kapasitas penumpang maksimal 30 orang sekali jalan.

Laju atau kecepatan kapal ini sangat cepat, sehingga Anda bisa sampai lebih cepat. Namun, Anda harus siap membayar biaya transportasi lebih mahal, bisa mencapai Rp 250.000 per orang.

Liburan ke Pulau Tidung dengan Paket Wisata Pulau Tidung Murah!

Meskipun ada banyak pilihan akses ke Pulau Tidung, tapi tetap saja pasti membuat Anda sangat bingung ingin memilih yang mana. Dikarenakan, masing-masing punya keunggulan tersendiri dari segi waktu dan harga.

Namun, jika Anda tidak ingin pusing dan repot mengurus tiket transportasi ini, lebih baik gunakan paket wisata Pulau Tidung murah.

Ada paket wisata murah yang akomodasinya juga sudah include biaya makan minum, tiket masuk wisata, dan penginapan. Anda juga akan dibimbing oleh tour guide yang berpengalaman.

Jadi, tak perlu khawatir akan tersesat di Pulau Tidung yang cukup luas ini. Paling penting, Anda akan mendapatkan tempat wisata dan spot-spot tertentu di  Pulau Tidung yang memang tak boleh dilewatkan.

Memang, saat ini, sangat banyak agen travel yang menyediakan paket wisata Pulau Tidung murah. Namun, belum tentu semuanya bisa dipercaya, profesional, dan berpengalaman.

Untuk melihat bagus atau tidaknya reputasi agen travel tersebut, Anda bisa tahu dari hasil testimoni yang dilampirkan di sosial media ataupun website resminya. Selain itu, Anda juga bisa minta rekomendasi dari teman yang sebelumnya sudah berlibur ke Pulau Tidung.

Ini juga untuk menjamin keselamatan dan keamanan Anda selama berlibur ke Pulau Tidung. Apalagi Anda masih pemula dan baru pertama kali berlibur ke Kepulauan Seribu.