Press Release Gratis dan Berbayar, Ini Bedanya!

Jika sudah terbiasa bergelut di dunia media, pastinya Anda sudah mengetahui bahwa ada jasa press release gratis dan berbayar. Namun, apabila belum paham seperti apa bentuk dari press release tersebut, bacalah informasi dibawah ini terlebih dahulu.

Apa Itu Press Release?

Pengertian press release adalah sebuah alat yang digunakan dalam hal publikasi. Lebih tepatnya, press release disebut sebagai alat menyampaikan informasi pada masyarakat.

Misalnya, press release terbit saat perusahaan sedang mengadakan event tertentu yang berhubungan dengan perusahaan. Mungkin, tidak semua orang mengetahui apa yang sedang terjadi pada event tersebut. Maka dari itu, dibuatlah press release sebagai bentuk pemberitahuan resmi oleh perusahaan.

Untuk press release sendiri umumnya diberikan pada media, koran, dan televisi agar segera disebarkan pada masyarakat. Tak terlalu panjang, press release hanyalah berisikan beberapa halaman saja, sekitar 1-2.

Perbedaan Press Release Gratis dan Berbayar

Ada banyak model tulisan yang bisa Anda terbitkan ke media online. Namun, tidak semua yang diupload tersebut gratis, ada juga yang berbayar.

Sebenarnya, untuk konten yang bersifat opini, tak perlu membayar sama sekali. Namun, jika kontennya sudah bertujuan untuk hal komersial, maka harus mengeluarkan budget tertentu. Lebih lengkapnya, Anda bisa simak apa saja perbedaan press release gratis dan berbayar.

1. Biaya

Pertama, perbedaan sangat jelas terlihat dari biaya yang mesti dikeluarkan saat menerbitkan press release. Untuk press release gratis memang 100% tidak berbayar sama sekali.

Sedangkan, untuk press release berbayar harus mengeluarkan budget sesuai dengan ketentuan media online tersebut. Ini dikarenakan adanya layanan lain yang juga disediakan untuk perusahaan yang ingin menerbitkan press releasenya.

2. Tujuan Konten

Konten-konten press release yang sifatnya hanya informatif atau memberikan informasi saja tidak akan dikenakan biaya tertentu. Kenapa? Karena perusahaan pun tidak akan mengambil untung dari press release yang telah diterbitkan.

Sementara itu, apabila press releasenya punya maksud tertentu diterbitkan. Misalnya, untuk kebutuhan komersial, tentu saja perusahaan harus siap mengeluarkan biaya tertentu.

Ini adalah konsekuensi yang harus diterima jika ingin mendapatkan umpan balik atas press release yang sudah terbit di media tersebut.

3. Waktu Terbit

Umumnya, waktu terbit untuk press release gratis dibatasi dan ditentukan langsung oleh media onlinenya. Sedangkan, untuk press release berbayar bisa request kapan waktu ingin diterbitkannya.

Apalagi, kadang dalam keadaan mendesak dan harus diterbitkan dalam waktu singkat, maka press release berbayar adalah langkah utama yang harus ditempuh.

4. Jenis Media yang Diterbitkan

Berbayar atau tidaknya kadang juga dilihat dari tempat diterbitkannya press release. Apabila, press release ingin diterbitkan di jaringan media nasional dengan banyak portal sekaligus, maka harus menggunakan press release berbayar.

Rilis dalam banyak media pada satu waktu, tentu sangat menguntungkan bagi perusahaan. Perusahaan bisa mendapatkan ekspos lebih luas dan kesempatan untuk membangun brand awareness jadi lebih besar.

Hanya saja, Anda harus rela mengeluarkan budget lebih besar agar mendapatkan kesempatan seperti ini.

Terkadang, ada banyak ditemui wartawan yang ingin mencari berita press release sebanyak mungkin. Nah, mungkin saja salah satu press release yang akan Anda terbitkan bisa diikutkan sertakan ke dalam proyek wartawan tersebut.

Biasanya ini press release gratis karena mereka dituntut agar mendapatkan berita setiap hari. Namun jika memang tidak punya koneksi, lakukan press release berbayar. Sangat sulit untuk mendapatkan press release gratis jika Anda tidak terkenal atau tidak viral. Maka dari itu, press release berbayar bisa menjadi solusi yang efektif.