Cara Membuat Password Alfanumerik yang Kuat

Password atau kata sandi Alfanumerik adalah sandi yang berisi gabungan huruf, angka dan karakter khusus seperti tagar. Password Alfanumerik akan sulit ditebak atau dengan kata lain tidak mudah dihack oleh orang yang ingin mengakses data tanpa seizin pemiliknya. Namun password tersebut juga membuat pemiliknya terkadang lupa karena rumitnya karakter dari sandi tersebut.

Dalam artikel ini akan dibahas alasan perlunya membuat password dengan alfanumerik dan cara membuat password alfanumerik yang kuat. Supaya data dan informasi kamu tetap aman.

Alasan Perlunya Membuat Password Alfanumerik

Bukan hanya untuk keamanan saja, tapi ada beberapa alasan mengapa seseorang perlu membuat sandi alfanumerik.

1. Meningkatkan Keamanan Data

Alasan paling utama membuat password alfanumerik tentunya untuk meningkatkan keamanan data. Password atau kode keamanan alfanumerik yang unik akan susah ditebak atau di hack, sehingga data pun akan lebih aman.

2. Menciptakan Identifikasi yang Unik

Alasan selanjutnya perlunya membuat sandi berupa karakter dengan gabungan huruf, angka dan karakter khusus ini yakni untuk menciptakan identifikasi yang unik, seperti pada nomor seri produk, nama pengguna, atau kode akses yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi sesuatu.

3. Lebih Mudah dalam Mengelola Data

Alphanumerik juga dapat digunakan untuk mengatur data atau mengelompokkannya dalam sistem. Dengan begitu data lebih mudah dikelola. Itulah salah satunya alasan mengapa seseorang membuat password dengan alfanumerik untuk data perusahaannya.

4. Memperjelas Komunikasi

Alfanumerik juga bisa digunakan untuk memperjelas pesan dalam komunikasi, seperti pada kode pengiriman atau kode produk yang digunakan untuk perdagangan.

5. Lebih Mudah Dikenal

Alfanumerik juga bisa digunakan untuk membuat label atau kode yang mudah dikenali serta diingat penggunanya.

6. Untuk Membatasi Akses

Alfanumerik yang digunakan sebagai password bisa juga digunakan untuk membatasi akses hanya bisa dibuka orang yang berhak saja atau yang diberi izin pemiliknya.

Cara Membuat Password Alfanumerik yang Kuat

Mau buat password alfanumerik yang kuat? Untuk membuat password alfanumerik, kamu harus menggabungkan huruf, angka dan karakter khusus, atau bisa juga hanya gabungan huruf dan angka.

Perlu diingat disini bahwa alfanumerik yang dipakai sebagai password harus unik dan sulit ditebak. Sebaiknya terdiri dari gabungan huruf besar dan kecil, angka serta karakter khusus, untuk menjamin keamanan data kamu.

Untuk membuat password alfanumerik yang kuat, ada beberapa hal yang perlu kamu terapkan, yaitu:

1. Buat Password Minimal 8 Karakter

Buatlah password atau sandi minimalnya terdiri dari 8 karakter. Semakin panjang kata sandi akan semakin aman. Tapi pastikan kamu harus mengingatnya atau mencatatnya  di buku harian kamu. Pilih dan gunakan sedikitnya 8 karakter yang susah ditebak dan hanya kamu sendiri yang mengetahuinya.

2. Jangan Gunakan Tanggal Lahir, Nama dan Tempat Tinggal

Jangan gunakan nama kamu, tanggal lahir maupun tempat tinggal kamu dalam membuat password alfanumerik. Karena hal itu sangat mudah ditebak dan rentan di hack.

3. Jangan Buat Password Berupa Satu Kalimat Lengkap

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuat password alfanumerik yakni jangan menggunakan satu kalimat lengkap untuk password, misalnya p455word. Meskipun bila terlihat aman karena gabungan dari huruf dan angka namun mudah ditebak karena dapat dibaca menjadi satu kata.

4. Gunakan Karakter dengan Kategori Berbeda

Ada beberapa kategori yang ada di keyboard komputer, yaitu kategori huruf kecil (a, b, c), kategori huruf besar (A, B, C), dan kategori angka (1, 2, 3) serta kategori simbol ($, @, &). Gabungan karakter antar kategori sangat disarankan untuk membuat password alfanumerik yang kuat.

Namun jangan asal membuat urutannya, yang membuat kamu malah sulit sendiri mengingatnya. Untuk itu kamu bisa menggabungkan setiap karakter dengan hobi, momen, atau apapun yang mudah kamu ingat.

Contohnya:

Ulang Tahun Anak Pertama, 23 September 2007: Utap1,23/Sep07

Saya Senang Main Bola Kaki: iluv-2-ply-elRealK4kI

Ingat password diatas hanyalah contoh, kamu bisa mencoba membuatnya dengan susunan karakter lainnya yang mudah kamu ingat tapi sulit ditebak orang lain.

Itulah tadi informasi mengenai cara membuat password alfanumerik yang kuat dan alasan perlunya membuat password menggunakan alfanumerik yang tentunya untuk keamanan data si pengguna agar tidak mudah diretas. Semoga bermanfaat. Kamu bisa baca informasi lain di ilmudes.