Sustainable Adalah Kemauan untuk Terus Berlaku Positif

Pernahkah Anda mendengar kata sustainability? Kata tersebut merupakan kosa kata dari bahasa Inggris yang sudah diserap ke dalam bahasa Indonesia. Berasal dari kata sustainable yang bisa diartikan sebagai proses berkelanjutan. Sustainable adalah proses dimana sebuah kegiatan dilakukan berulang kali dan terus menerus untuk memperoleh tujuan tertentu. Sekarang ini kata sustainability erat dikaitkan dengan pembangunan berkelanjutan yang menjadi salah satu misi atau tujuan pembangunan internasional yaitu menyejahterakan masyarakat dan mengatasi perubahan iklim dunia.

Tujuan dari sebuah program berkelanjutan yang dilakukan oleh dunia pada saat ini adalah terciptanya masyarakat yang sejahtera dengan kesenjangan sosial yang minimal. Selain itu juga terciptanya sebuah kesadaran pada masyarakat mengenai perubahan iklim dan mendorong kegiatan yang bisa mengurangi dampak negatifnya. Semua itu menjadi agenda dari sustainable development goals. Sustainable development goals adalah agenda seluruh negara dan dirancang di dalam pertemuan petinggi dunia di forum PBB termasuk Indonesia.

Indonesia sendiri sekarang menjadi tuan rumah G20 dimana salah satu turunannya adalah B20 yang membawahi bidang perubahan iklim. Ada beberapa hal yang menjadi garis besar di dalam menjaga tujuan sustainability development antara lain:

  • Mendorong penggunaan sumber daya terbarukan.
  • Menambah daerah hijau.
  • Mengurangi produksi sampah khususnya sampah plastik.
  • Akses air bersih untuk semua orang di dunia.
  • Menjaga ekosistem laut dan darat.
  • Penanganan perubahan cuaca.

Indonesia memiliki program Indonesia Sustainability Award dimana program ini merupakan program kerja sama antara Indonesia dengan negara-negara Eropa yang tergabung dalam B20. Dalam ajang penghargaan ini, siapa saja bisa berpartisipasi baik individu maupun dari organisasi dan kooperasi. Ada 3 topik yang menjadi kategori utama yaitu ketersediaan air bersih, pengurangan pemakaian plastik dan daur ulang. Bagi Anda yang memiliki program dan sudah menjalankannya baik di lingkup masyarakat maupun perusahaan, bisa mengikuti ajang ini dengan membuka websitenya untuk informasi lebih lanjut. Indonesia sustainability akan memberikan penghargaan ini tepat sebelum dimulainya KTT G20 di Bali dengan harapan dapat menjadi pendorong dan penyemangat semua pihak untuk ikut serta dalam upaya sustainability di berbagai bidang khususnya lingkungan.