5 Tips Nonton Drakor Hemat Kuota Paket Data Internet

paket data

Nonton drama korea pastinya membuat paket data internet cepat habis. Tak heran, jika banyak pecinta drama korea yang mencari cara agar nonton drakor hemat kuota. Berdasarkan survei JakPat yang dikutip dari laman Databoks.katadata.co.id, rata-rata penggemar drakor Indonesia menonton sebanyak 4 kali dalam seminggu. Sementara, rata-rata durasi menonton drakor per sekali duduk tercatat selama 2 jam 45 menit. Bisa dibayangkan berapa banyak kuota internet yang dihabiskan untuk nonton drakor saja. Maka dari itu, lakukan beberapa tips nonton drakor hemat kuota paket data internet dibawah ini.

Tips Nonton Drakor Hemat Kuota

1. Beli Paket Data Murah

paket data murah

Dimana beli paket data murah untuk nonton drakor? Jawabannya aplikasi LIVE.ON. Apa itu LIVE.ON? LIVE.ON adalah adalah brand telekomunikasi digital dari PT XL Axiata, Tbk. Dengan harga Rp 16.000 saja, pecinta drakor bisa mendapatkan paket data internet 6GB valid 24 jam untuk semua aplikasi dan jaringan didukung internet stabil XL Axiata 4.5G. Selain itu ada tambahan data gratis jika berhasil mengajak teman. Berikut cara belinya:

  • Pesan kartu SIM LIVE.ON di https://www.liveon.id/pre-ecom, kartu SIM akan dikirimkan ke rumah.
  • Download aplikasi Live.On di https://www.liveon.id/app, lalu langsung aktifkan kartu SIM.
  • Beli paket murah 6 GB dan Add-Ons di dalam aplikasi LIVE.ON.

2. Atur Resolusi Video

paket data

Perlu diketahui, video drakor dengan resolusi tinggi atau high-definition akan menguras kuota internet lebih banyak. Maka dari itu, atur resolusi video drakor sebelum menonton. Umumnya, resolusi video tersedia dalam 144, 360, 480, 720, hingga 1080 piksel (full high-definition). Semakin kecil resolusi video drakor yang dipilih tentu semakin sedikit kuota yang dipakai tapi gambar video tidak jernih, sebaliknya semakin besar resolusi video drakor yang dipilih tentu semakin besar kuota yang dipakai namun gambar video jernih. Silahkan atur resolusi video drakor sesuai kebutuhan. Atau bisa ambil tengahya, pilih antara resolusi 360 piksel dan 480 piksel.

3. Mengaktifkan Mode Data Limit

paket data

Apa itu mode data limit? Mode data limit adalah fitur bawaan smartphone yang membatasi penggunaan kuota internet. Nantinya akan ada pemberitahuan jika kuota sudah mencapai batasan tertentu. Cara mengaktifkan mode data limit sangat mudah. Bagi pengguna iOS, cukup ke menu Pengaturan, pilih Seluler dan pilih Data Seluler terakhir pilih mode Data Rendah. Sedangkan untuk pengguna Android, masuk ke menu Pengaturan, Gunaan data, dan tetapkan batas data seluler.

4. Nonton Drakor Offline

paket data

Saat ini sudah banyak platform streaming drama korea yang memberikan akses untuk bisa mendownload episode serial drakor yang ingin ditonton saat sedang offline. Saat sedang nonton drakor online, jangan lupa untuk download drakor lainnya. Dengan begitu, meski paket data internet habis nonton drakor offline tetap bisa dilakukan. Biasanya video drakor yang didownload hanya bisa dilihat lewat aplikasi platform streaming. Jadi pastikan untuk download aplikasinya terlebih dahulu. Pastikan juga menggunakan platform streaming yang legal agar terhindar dari iklan, virus dan hal-hal merugikan lainnya.

5. Pilih Aplikasi Nonton Drakor yang Ringan

paket data

Aplikasi nonton drakor saat ini sudah banyak tersedia di Google Play Store dan App Store. Mulai dari aplikasi nonton drakor yang legal dan ilegal hingga aplikasi nonton drakor yang ringan hingga berat semua bisa dipilih sesuai kebutuhan. Untuk menghemat kuota paket data internet dan aman digunakan, pastinya pilih aplikasi nonton drakor yang legal dan ringan saat digunakan. Ringan disini maksudnya, aplikasi yang penyimpanan memorinya sedikit dan tidak boros internet.

Itulah beberapa tips nonton drakor hemat kuota paket data internet. Semoga bermanfaat!

paket data