Cara Menghitung Pajak Album Kpop Terbaru


Halo sobat Kpop Squad Media tercinta semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca informasi mengenai tarif pajak pajak album kpop di kpopsquad.com! Kali ini kita akan membahas seputar cara menghitung pajak album kpop terbaru dan contoh perhitungan pajak album kpop. Apa itu pajak album kpop? Pajak album kpop adalah pajak yang dikenakan untuk pembelian album kpop dari korea selatan. Berdasarkan peraturan pajak album kpop terbaru per-bulan Maret 2020, harga album kpop dibawah USD 3 bebas pajak. Sedangkan harga album kpop diatas USD 3 akan terkena pajak bea cukai. Pajak album kpop dibayarkan setelah album kpop sampai di Indonesia. Saat Check Out pembayaran album kpop di web korea, kalian hanya membayar Harga Barang + Ongkos Kirim (EMS/DHL/lainnya). Biasanya harga album kpop dalam kurs won, jadi pastikan untuk convert kurs won ke kurs USD. Jika menggunakan EMS saat membeli album kpop, cek melalui ems.posindonesia com album kpop sudah masuk dalam antrian pemeriksaan bea cukai. Setelah diperiksa, ditetapkan oleh pejabat bea cukai. Untuk perhitungan nilai FOB album kpop ditentukan oleh pihak/pejabat Bea Cukai untuk nilai atau total bayar pajak album kpop juga akan berpengaruh dengan Kurs Dollar Harian. Berikut ini contoh perhitungan pajak album kpop terbaru.

CONTOH PERHITUNGAN PAJAK ALBUM KPOP BEBAS PAJAK

Dewi membeli album dari korea selatan dengan rincian harga sbb:

Harga album kpop USD 3

(karena FOB < 3 USD maka Bea Masuk album kpop dibebaskan)

Ongkos Kirim USD 1 dan

Asuransi USD 1

dengan Kurs Pajak USD 1 = Rp 12.000*)

Maka,.....

1. Nilai Pabean Album Kpop (NP)

(Nilai barang album kpop + ongkos kirim album kpop + asuransi album kpop) x kurs pajak

(USD 3 + USD 1 + USD 1) x Rp 12.000 = Rp 60.000

2. BEA MASUK ALBUM KPOP (BM)

Dibebaskan karena masih dalam batas de minimus (s.d. USD 3)

3. NILAI IMPOR ALBUM KPOP (NI)

Nilai Pabean (NP) + Bea Masuk (BM)

Rp 60.000 + 0 = Rp 60.000

4. PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN ALBUM KPOP)

Tarif PPN x Nilai Impor

10% x Rp 60.000 = Rp 6.000

5. PAJAK PENGHASILAN (PPh ALBUM KPOP) Ps.22 Impor

Tidak Dipungut

Total yang harus dibayar Dewi

Rp 6.000

CATATAN : Kurs Pajak Berubah/ditetapkan tiap minggu

CONTOH PERHITUNGAN PAJAK ALBUM KPOP KENA PAJAK

Nita membeli album kpop dari korea selatan dengan rincian harga album kpop sebagi berikut:

Harga album kpop USD 80

( Karena FOB > 3 USD maka album kpop dikenakan Bea Masuk )

Ongkos kirim USD 18, dan

Asuransi USD 2,

dengan kurs USD 1 = Rp 15.000

Maka, ......

1. NILAI PABEAN ALBUM KPOP (NP)

(Nilai Barang + Ongkos Kirim + Asuransi) x Kurs

(USD 80 + USD 18 + USD 2) x Rp 15.000 = Rp 1.500.000

2. BEA MASUK ALBUM KPOP (BM)

Tarif Bea masuk x Nilai Pabean (NP)

7,5 % x Rp 1.500.000 = Rp 113.000 **)

3. NILAI IMPOR ALBUM KPOP (NI)

Nilai Pabean (NP) + Bea Masuk (BM)

Rp 1.500.000 + Rp 113.000 = Rp 1.613.000

4. PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN ALBUM KPOP)

Tarif PPN x Nilai Impor

10 % x Rp 1.613.000 = Rp 162.000 **)

5. PAJAK PENGHASILAN (PPH ALBUM KPOP) Pasal 22 Impor *)

Tarif Pph x Nilai Impor

10% x Rp 1.613.000 = Rp 162.000 **)

JADI

Nita harus membayar sebesar : Bea Masuk + PPN + PPH

Rp 113.000 + Rp 162.000 + Rp 162.000

Rp 437.000

CATATAN :

*) Dapat menunjukkan NPWP, PPH = 10%, Tidak dapat menunjukkan NPWP, PPH = 20%

**) Dibuatkan jumlahnya dalam ribuan rupiah

CARA MEMBAYAR PAJAK BEA CUKAI ALBUM KPOP



Untuk pembayaran pajak album kpop ada beberapa cara, yaitu dengan datang ke kantor pos saat akan melakukan penjemputan album kpop, transfer bank atau melalui e-commerce (Tokopedia) dimenu pembayaran "Penerimaan Negara". Untuk no billing untuk pembayaran album kpop bisa dilihat saat kalian mengecek no tracking EMS album kpop di web ems.posindonesia.

Setelah melakukan pembayaran album kpop, hubungi kantor pos melalui whatsapp mengenai pengambilan barang album kpop ( Nilai barang album kpop lebih dari USD 3, harus diambil sendiri di kantor pos wilayah kiriman). Sebelum mengambil album kpop ataupun menghubungi kantor pos wilayah pastikan untuk mengecek dahulu status paket  album kpop di ems.posindonesia com, jika status paket sudah "cetak invoice/arrival for delivery, maka paket album kpop kalian sudah ada dikantor pos wilayah dan siap untuk diambil. Dengan membawa bukti pembayaran pajak album kpop yang sudah di print, ambil album kpop dikantor pos.

CARA MENGHITUNG PAJAK ALBUM KPOP DI APLIKASI MOBILE BEACUKAI



1. Cara menghitung pajak album kpop di aplikasi mobile beacukai yang pertama, instal aplikasi BEA CUKAI MOBILE di Google Play Store atau App Store.

2. Cara menghitung pajak album kpop di aplikasi mobile beacukai yang kedua, pilih "HITUNG PUNGUTAN".

3. Cara menghitung pajak album kpop di aplikasi mobile beacukai yang ketiga, Jenis Impor pilih "Barang kiriman melalui PJT/POS".

4. Cara menghitung pajak album kpop di aplikasi mobile beacukai yang keempat, Jenis barang (jika album atau merch kpop) pilih "LAINNYA".

5. Cara menghitung pajak album kpop di aplikasi mobile beacukai yang kelima, Mata uang silahkan di sesuaikan sendiri.

6. Cara menghitung pajak album kpop di aplikasi mobile beacukai yang keenam, Kolom Free On Board isi Harga total barang yang dibayarkan.

7. Cara menghitung pajak album kpop di aplikasi mobile beacukai yang ketujuh, Kolom Insurance silahkan di kosongkan jika tidak tau/tidak ada.

8. Cara menghitung pajak album kpop di aplikasi mobile beacukai yang kedelapan, Kolom Freight silahkan isi Harga Ongkir (EMS) yang dibayar.

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara menghitung pajak album kpop terbaru. Jika masih bingung dan punya pertanyaan mengenai perhitungan pajak barang kiriman dari luar negeri, silahkan menghubungi jasa konsultan pajak terbaik Indonesia seperti jasa konsultan pajak surabaya yaitu Proconsult.id. Proconsult melayani konsultasi pajak online, spt bulanan, spt tahunan, perencanaan pajak, pengembalian pajak, ulasan pajak, restrukturisasi pajak, perselisihan pajak dan pengurusan ijin. Silahkan datang ke kantor Proconsult di Jl. Ngagel Tirto II No. 44 Surabaya. Atau bisa langsung menghubungi nomor telepon jasa konsultan pajak surabaya Proconsult.id di 081350882882.