Mengonsumsi atau Mengkonsumsi, Mana yang Benar?


Halo sobat Kpop Squad Media semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca informasi mengenai kosa kata dalam bahasa indonesia di kpopsquad.com! Kali ini kpopsquad.com akan membahas mana yang benar mengonsumsi atau mengkonsumsi, mengkonsumsi atau mengonsumsi mana yang benar? Untuk lebih lengkapnya, yuk simak penjelasannya dibawah ini hasil kerjasama Kpop Squad Media dan Rifka Rizkiana pemilik situs website kepenulisan dan sastra Rizkiana.com.

Dapatkan Informasi Mengonsumsi atau Mengkonsumsi di HPmu ( KLIK TOMBOL BINTANG DISINI ).

MENGKONSUMSI ATAU MENGONSUMSI?

Yang benar mengonsumsi atau mengkonsumsi? Jawaban yang benar adalah MENGONSUMSI. Berikut alasannya:

Kata dasar konsumsi adalah kosa kata dalam bahasa Indonesia. Dalam aturan tata bahasa baku, jika huruf konsonan 'k' jika digabungkan dengan awalan 'me-' akan luluh menjadi 'mengonsumsi'. Contoh lainnya :

Konfirmasi - Mengonfirmasi

Kerjakan - Mengerjakan

Istilah peluluhan dalam morfologi adalah proses mengubah huruf konsonan seperti : k, p, t, dan s. Akan menjadi: ng, m, n, ny, yang apabila bertemu dengan awalan me- atau pe- berubah seperti :

Me- (+) konsumsi = mengonsumsi, bukan menjadi mengkonsumsi. Bisa dilihat |k| beru

bah menjadi |ng|

Me- (+) taat = menaati, bukan menjadi mentaati. Huruf |t| luluh menjadi |n|

Untuk memastikan, silahkan cek  mengonsumsi atau mengkonsumsi ke KBBI online.

Baca Juga : Penulisan Partikel "Lah", "Kah", "Tah", dan "Pun"

Itulah penjelasan mana yang benar mengonsumsi atau mengkonsumsi. Jika ada pertanyaan mengenai mengonsumsi atau mengkonsumsi atau ada permintaan pembahasan kosa kata bahasa indonesia lainnya bisa kirim pesan ke alamat email kpopsquadmedia@gmail.com. Atau mungkin ada keinginan untuk kerjasama dengan KPOP SQUAD MEDIA seperti pasang iklan produk, review produk, promosi produk, content placement produk, backlink produk dan lainnya langsung kontak kami melalui alamat email diatas.

Tertarik pasang iklan di kpopsquad.com? Hubungi kpopsquadmedia@gmail.com