Sinopsis Hotel Del Luna (2019) : Review Cerita, Genre Drama, Fakta Pemain dan Pemeran


Bagaimana sinopsis hotel del luna? Hotel Del Luna adalah drama korea bergenre fantasi terbaik di tahun 2019 dan menjadi kata kunci populer di korea selatan 2019. Ini juga menjadi drama terakhir bagi mendiang Sulli, mantan member girlgrup F(x) yang meninggal dunia karena bunuh diri di tahun yang sama. Mendiang Sulli di drama ini hanya muncul sebagai cameo, sedangkan untuk pemeran hotel del luna yang utama adalah solois IU yang berpasangan dengan aktor muda Yeo Jin Goo.

Genre hotel del luna sendiri adalah fantasi, yang mana menceritakan tentang sebuah hotel bernama Hotel Del Luna yang uniknya hanya dikunjungi oleh para hantu. Tidak hanya pengunjungnya saja yang berwujud hantu, bahkan pemilik dan karyawan di Hotel Del Luna semuanya adalah hantu, terkecuali satu orang yaitu Goo Chan Seong yang diperankan oleh Yeo Jin Goo yang merupakan satu-satunya manusia di Hotel Del Luna.

Dengan IU sebagai pemain Hotel Del Luna, drama bergenre fantasi ini berhasil menarik perhatian penonton baik dari Korea Selatan maupun luar Korea. Dengan jalan cerita yang juga dibungkus dengan apik, serta kemampuan berakting dari para pemerannya yang sempurna menjadikan drama Hotel Del Luna ini wajib untuk ditonton oleh K-lovers.

Baca Juga : [Fakta IU 2019] IU Akan Bintangi Drama Korea Hotel del Luna

Sinopsis Hotel Del Luna mengisahkan tentang sebuah hotel hantu yang terletak di Seoul, di mana hotel ini dikunjungi oleh para arwah yang transit sebelum mereka pergi ke alam baka dan bereinkarnasi. Semua hantu yang menjadi tamu di hotel ini adalah mereka yang masih penasaran dengan alasan kematiannya dan juga masih memiliki beban atau tugas yang belum terselesaikan semasa hidupnya. Dengan berkunjung ke Hotel Del Luna, diharapkan mereka dapat menyelesaikan masalah mereka dengan bantuan para staff hotel agar dapat pergi dengan tenang.

Lantas siapakah pemilik dari Hotel Del Luna ini? Tak lain tak bukan adalah Jang Man Wol yang diperankan oleh IU. Jang Man Wol di sini tidak bisa disebut sebagai hantu ataupun manusia, karena dia seperti dikutuk untuk hidup di antara dua dunia selama 1300 tahun lamanya. Jang Man Wol tidak bisa disebut hantu karena tidak benar-benar mati, tapi juga bukan manusia lagi, lebih tepatnya Jang Man Wol adalah makhluk abadi yang harus menjalani hidup hingga ribuan tahun untuk membayar lunas perbuatan atau kesalahannya selama masih hidup.


Dalam menjalankan Hotel Del Luna, Jang Man Wol dibantu oleh tiga karyawannya, yang mana mereka semua adalah arwah penasaran. Ketiga karyawan di Hotel Del Luna adalah Kim Seon Bi, Choi Seo Hee, dan Ji Hyun Joo. Selain mereka juga ada satu karyawan magang yang merupakan manusia namun memiliki kemampuan melihat hantu alias indigo bernama Kim Yoona. Terakhir, karyawan di Hotel Del Luna adalah seorang manusia yang merupakan pemeran utama yakni Goo Chan Seong yang diperankan oleh Yeo Jin Goo.

Goo Chan Seong sendiri direkrut oleh Jang Man Wol karena ayah Goo Chan Seong yang dulunya merupakan pencuri, pernah membuat perjanjian dengan Jang Man Wol bahwa nantinya Goo Chan Seong akan bekerja di Hotel Del Luna setelah dewasa. Ayah Chan Seong kemudian berubah menjadi orang baik dan bekerja keras untuk mendidik dan menyekolahkan Chan Seong hingga menjadi lulusan terbaik di Universitas Harvard.

Chan Seong tidak serta-merta langsung mau untuk bekerja di Hotel Del Luna. Dia berulang kali ingin kabur, namun dengan segala cara yang dilakukan Jang Man Wol, Chan Seong akhirnya dengan sukarela bersedia bekerja di Hotel Del Luna sebagai manajer.

Singkat cerita, dalam menjalankan Hotel Del Luna bersama Jang Man Wol dan Goo Chan Seong saling jatuh cinta. Meskipun tidak ada kata "aku cinta kamu" yang terucap, akan tetapi penonton akan dengan mudah membaca bahwa mereka berdua sama-sama saling mencintai. Kisah cinta kedua tokoh utama tentunya dilengkapi dengan bumbu-bumbu berupa berbagai permasalahan yang datang silih berganti selayaknya drama pada umumnya.

Namun sayang sekali akhir cerita Hotel Del Luna malah justru menuai protes dari penonton. Pasalnya endingnya dinilai buruk dan tidak sesuai ekspektasi. Bukan akhir yang bahagia seperti kebanyakan drama Korea pada umumnya, melainkan akhir yang membuat bersedih dan terkesan mengambang, tidak jelas. Terlebih dengan munculnya aktor Kim Soo Hyun di epilog yang justru membuat penonton jadi melupakan jalan cerita Hotel Del Luna.

Baca Juga : Informasi Tentang Bayaran Kim Soo Hyun Per Episode Terbaru 2020

Meski begitu terdapat banyak hal menarik yang akan membuat penonton tertarik mengikuti jalan cerita Hotel Del Luna. Seperti fakta Hotel Del Luna berikut ini:

1. Fashion IU yang Keren


Dalam setiap episode drama Hotel Del Luna, penonton akan selalu dibuat terpukau dengan gaya busana Jang Man Wol yang sangat keren dan berkelas. Penampilan IU dalam drama ini bukan tanpa alasan loh, karena karakter Jang Man Wol di sini adalah sebagai pemilik Hotel Del Luna yang sangat up to date dengan perkembangan jaman dan suka menghamburkan uang untuk membeli pakaian bermerk, mobil mewah, bahkan yacht.

2. Dibintangi oleh Aktor dan Aktris Ternama


Para pemeran Hotel Del Luna hampir semuanya adalah aktor dan aktris yang populer di Korea Selatan dan sering membintangi berbagai drama. Sebagian besar justru lebih dikenal sebagai penyanyi dan idol, seperti IU, P.O Block B, Mina Gugudan, dan mendiang Sulli ex F(x). Aktor Yeo Jin Goo juga sudah sangat dikenal oleh pecinta K-drama karena kerap membintangi berbagai genre drama Korea.

3. Penulis Naskah Hotel Del Luna adalah Hong Sisters


Hong sisters merupakan penulis naskah yang sangat dikenal oleh pecinta K-drama karena setiap drama yang mereka tulis naskahnya selalu berhasil menarik minat penonton dan dramanya selalu sukses besar. Selain menulis Hotel Del Luna, Hong sisters juga menulis drama bergenre fantasi lainnya seperti My Girlfriend is A Gumiho, Master's Sun, Chun Yang dan lain sebagainya.

4. OST Hotel Del Luna diproduksi oleh Song Dong-Woon


Selain jalan ceritanya yang mampu mengaduk perasaan, OST-nya pun tak kalah menyentuh hati. Seluruh OST Hotel Del Luna diproduseri oleh Song Dong-woon yang sebelumnya menangani OST drama lainnya seperti Descendants of The Sun, Scarlet Heart : Goryeo, dan It's Okay, That's Love. Sebagian besar lagu tema Hotel Del Luna dibawakan oleh musisi populer Korea Selatan seperti Gummy, Taeyeon, IU, Punch, Heize, Red Velvet, Paul Kim, Chungha, 10 cm dan lain sebagainya.

Jadwal tayang drama korea Hotel Del Luna sendiri pertama kali ditayangkan pada 13 Juli 2019 di siaran TV kabel tvN dengan perolehan rating nasional 7,327% dan rating Seoul 7,749%. Dengan total episode sebanyak 16 episode, Hotel Del Luna berakhir tayang pada 1 September 2019 dengan perolehan rating rata-rata nasional 8,867% dan rating rata-rata penonton Seoul 10,197% menjadikan drama Hotel Del Luna sebagai salah satu drama Korea terbaik tahun 2019.

Cara nonton Hotel Del Luna sub Indo bisa ditonton secara gratis di vidio.com. Bisa ditonton dari browser atau dengan mengunduh aplikasinya. Di vidio.com semua episode Hotel Del Luna sudah terdapat subtitle bahasa Indonesia dan bisa ditonton kapanpun.