Peluang Usaha dan Bisnis Nasi Kotak Box Zero Waste

Nasi Kotak Box Zero Waste
 
Nasi box masih sering digunakan untuk acara semi formal seperti makan siang bersama di kantor atau bisa juga digunakan sebagai syukuran. Nasi ini dilengkapi dengan lauk pauk dikemas ke dalam bentuk karton.
 
Sayangnya, nasi kotak box tak sepenuhnya ramah lingkungan. Pangkalnya terletak pada plastik yang digunakan. Mulai dari plastik untuk menaruh nasi dan lauk pauknya, hingga bungkus kerupuk agak tak melempem, semua berbahan plastik. Sampah dari nasi boks konvensional bisa bertahan di alam hingga 400 tahun.
 

Nasi Kotak Box Zero Waste

 
Jika nasi box tidak ramah lingkungan, mungkin sulit rasanya untuk mengonsumsi makanan tersebut. Apalagi bagi kamu yang benar-benar peduli lingkungan, pasti tidak ingin menjadi penyumbang masalah lingkungan.
 
Tidak perlu khawatir, sebuah akun Instagram @kertabumikliniksampah atau Kertabumi menawarkan solusi boks nasi ramah lingkungan. Tanpa plastik sama sekali, boks nasi tersebut bisa dijadikan kompos atau menghubungi lembaga yang bergerak di bidang lingkungan itu untuk diambil kembali. Dengan begitu, kamu bisa membuat acara dengan nasi box tetapi tetap zero waste.
 

Cara Membuat Nasi Kotak Box Zero Waste

 
Tujuan mengenalkan boks nasi ramah lingkungan adalah demi menghijaukan industri kemasan makanan. Selama ini, kebanyakan boks nasi masih mengandung material plastik walau disebut wadah yang lebih ramah lingkungan. Beberapa katering lokal mulai mengikut ide ini.
 
Perbedaan boks nasi biasa dengan kemasan ramah lingkungan adalah penggunaan daun pisang sebagai tempat nasi dan lauk. Sementara, garpu dan sendok yang digunakan terbuat dari kayu.
 
Kalaupun hendak menambahkan kerupuk, tak lagi dikemas dalam bungkus plastik tetapi langsung dimasukkan ke dalam kotak.
 

Kelemahan Nasi Kotak Box Zero Waste

 
Meski begitu, ada kelemahan dari boks nasi ramah lingkungan ini. Nasi kotak box zero waster ini tidak bisa digunakan untuk makanan berkuah.
 

Harga Jual Nasi Kotak Box Zero Waste

 
Bagaimana dengan harga? Kertabumi menjual antara Rp 30 ribu hingga Rp 80 ribu bersama paket makanan.
 
Itulah peluang usaha dan bisnis nasi kotak box zero waste yang bisa kamu coba. Selain mudah membuatnya, saat ini masih belum banyak pesaing dalam bisnis. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang signifikan dari menjual kotak box ramah lingkungan ini. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel