VIXX LR Comeback, Inilah 7 Sub-Unit Populer K-POP


Senin (28/8/17), Sub-Unit dari VIXX yakni VIXX LR yang beranggotakan Leo dan Ravi, kembali muncul di panggung musik K-POP dengan mini album kedua mereka bertajuk ‘Whisper’. Sebelumnya mereka berhasil menjalankan projek sub-unit ini dengan mini album pertama berjudul ‘Beautiful Liar’ tahun 2015 kemarin. Lagu Beautiful Liar bahkan menempati posisi #2 di tangga lagu Gaon Album Chart 2015 dan posisi #2 di World Album Billboard Chart 2015. Dengan lagu yang sama VIXX LR juga berhasil meraih trophy kemenangan mereka di SBS MTV The Show dengan perolehan poin 9,464. 

Yuk simak keterangan selengkapnya tentang VIXX LR dan 6 sub-unit K-pop lainnya di bawah ini. 


1. VIXX LR



Seperti yang tertulis sebelumnya, sub-unit pertama dari VIXX ini baru saja merilis mini album dan MV ‘Whisper’ pada Senin (28/8/17). Di dalam mini album tersebut terkumpul 5 lagu untuk comeback kali ini, dengan ‘Whisper’ sebagai lagu utamanya. Sebagaimana debut VIXX LR di tahun 2015, di dalam mini album VIXX LR kedua ini setiap lagunya juga ditulis dan diproduseri oleh Leo dan Ravi. Lagu Whisper, Chocolatier dan Today diproduseri dan ditulis oleh Ravi , sementara Areumdaun Bam-e dan Feeling diproduseri oleh Leo dan ditulis oleh LR. Konsep yang mereka bawa kali ini masih sama, yakni mengusung tema ‘dua sisi’, sebagaimana makna LR yang bisa diartikan Left (kiri) dan Right (kanan). Jika di ‘Beautiful Liar’ Leo mengambil warna gelap dan Ravi mengambil warna terang, beda lagi dengan ‘Whisper’ dimana Leo berada di sisi biru sementara Ravi di sisi merah. Kedua idol ini terikat oleh tali berwarna biru dan merah di akhir MV.
2. EXO CBX



EXO juga tidak mau ketinggalan untuk mendebutkan Sub-Unit mereka. Sebelumnya EXO sudah terbagi dalam dua sub-unit dengan 6 member tiap unitnya. Namun semenjak tiga member EXO-M resmi keluar, EXO-M dan EXO-K pun mulai melakukan promosi sebagai satu grup. Kemudian pada Oktober 2016 agensi pun dengan resmi mendebutkan sub-unit baru dari EXO beranggotakan 3 orang, yakni Baekhyun, Xiumin dan Chen dengan nama EXO CBX. Mereka tidak hanya kuat secara vocal saja, tapi juga kuat dalam dance, dan visual. EXO CBX debut dengan lagu ‘Hey Mama’ dan berhasil membawa pulang trophy kemenangan dari acara musik The Show dalam masa promosi lagu tersebut. Baru-baru ini EXO CBX melakukan debut di Jepang dengan lagu ‘Ka Ching!’.

3. GD & T.O.P

Jauh sebelum VIXX LR dan EXO CBX debut, Sub-Unit dari grup legenda Big Bang yakni GD & T.O.P sudah menjadi cukup populer di kancah musik K-pop. Terdiri dari dua rapper, mereka menjadi sub-unit yang juga melegenda seperti Big Bang dengan lagu-lagu beraliran Hip Hop. GD & T.O.P debut dengan lagu ‘High-High’ pada Desember 2010, dan comeback dengan lagu ‘Zutter’ setelah 4 tahun hiatus. 


4. TaeTiSeo



Berbicara soal Sub-Unit, jangan lupakan trio wanita cantik ini. Taeyeon, Tiffany dan Seohyun yang sebelumnya sudah dikenal sebagai member dari girlgrup SNSD, resmi debut dengan nama TaeTiSeo (TTS) pada tahun 2012 dengan lagu ‘Twinkle’. Mereka bahkan menyertakan beberapa member EXO seperti Chanyeol, Baekhyun, Kai dan Sehun sebagai model MV. Setelah sukses debut sebagai trio, satu persatu dari mereka pun memulai debut solo. Yakni Taeyeon pada tahun 2015 dengan lagu ‘I’, Tiffany pada tahun 2016 dengan lagu ‘I Just Wanna Dance’ dan terakhir Seohyun pada Januari 2017 dengan lagu ‘Don’t Say No’.

5. Infinite H



Sukses mendebutkan Infinite, Woolim Entertainment pun berniat mendebutkan sub-unit dengan nama Infinite H. Terdiri dari Hoya dan Dong Woo yang merupakan rapper dalam grup. Januari 2013, Infinite H akhirnya resmi debut dengan mini album ‘Fly High’ dan tampil di acara musik dengan lagu utama ‘Special Girl’. Debut sub unit ini sepertinya sudah sangat ditunggu oleh fans karena lagu-lagu di mini album mereka masuk dalam Top 10 chart musik Korea usai rilis.
6. Super Junior KRY



Daripada mendebutkan sub-unit dengan dua anggota, SM Entertainment sepertinya lebih suka mendebutkan sub-unit dengan tiga orang member. Super Junior K.R.Y yang terdiri dari Kyuhyun, Ryeowook dan Yesung resmi debut pada tahun 2006 dengan lagu ‘The One I Love’. Sub-unit ini mengusung genre ballad dari setiap lagu-lagunya. Mereka juga telah mengisi beberapa soundtrack drama salah satunya OST untuk drama ‘To The Beautiful You’ yang diperankan oleh Minho SHINee dan Sulli ex-F(x).

7. Trouble Maker



Berbeda dengan 6 sub-unit sebelumnya. Sub-unit ini terdiri dari dua anggota yang berasal dari grup yang berbeda. Yakni Hyuna 4Minute dan Hyunseung ex-Beast. Keduanya debut dengan lagu ‘Trouble Maker’ dan langsung menempati posisi pertama dalam Gaon Single Chart serta nomor kedua dalam Billboard K-pop 100 pada 24 Desember 2011. Debut sub-unit ini terbilang sukses karena Trouble Maker berhasil memenangkan penghargaan Best Collaboration di Mnet Asian Music Awards pada tahun 2012. Bahkan untuk lagu ‘Now’ sendiri yang dirilis pada tahun 2013 juga meraup prestasi besar dengan menempati posisi #1 dalam Gaon Chart dan Billboard K-pop 100, serta membawa pulang penghargaan Best TV Stage Performance dari acara penghargaan 3rd European K-pop/J-pop Music Award pada tahun 2015. 

Manakah sub-unit favoritmu? [na]

Sumber foto: allkpop, onehallyu, Pinterest, ameblo.jp, MY FANTASY WORLD (wordpress).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel