Penyebab Ketombe Gatal dan Cara Mengatasi

Penyebab ketombe gatal penting diketahui dari sekarang. Ketombe gatal menjadi salah satu permasalahan yang cukup mengganggu. Tidak hanya perasaan tidak nyaman namun juga penampilan. Oleh sebab itu bagi kamu yang mengalami permasalahan ini silahkan melihat penyebab serta cara mengatasinya disini.

Penyebab Ketombe Gatal Sekaligus Cara Ampuh Mengatasinya

Berikut beberapa penyebab ketombe gatal yang dapat kamu waspadai:

1. Alergi

Penyebab pertama ketombe gatal bisa datang karena faktor alergi. Salah satunya alergi produk perawatan rambut maupun styling rambut. Namun umumnya produk styling rambut merupakan mayoritas pemicu munculnya ketombe gatal pada kulit kepala.

Terdapat beberapa produk styling rambut yang biasa digunakan secara bebas oleh masyarakat. Hal tersebut seperti gel rambut, hair spray, pewarna dan lainnya. Berbagai kandungan zat kimia tersebut nantinya mampu menimbulkan ketombe yang terasa sangat gatal.

2. Konsumsi Makanan

Faktanya timbulnya ketombe juga dapat terjadi karena faktor makanan yang kamu konsumsi. Beberaap makanan terlalu manis mampu menurunkan kesehatan dari kulit kepala. Begitu juga pada makana pedas atau bahkan terlalu asin.

3. Rokok dan Alkohol

Penyebab ketombe gatal berikutnya adalah konsumsi rokok dan alcohol. Keduanya memiliki dampak sangat buruk bagi kulit. Terutama kulit kepala yang dapat kering dan memunculkan ketombe.

4. Kurang Vitamin B

Sementara itu ketombe gatal juga dapat muncul karena kamu kekurangan vitamin B. dimana asupan vitamin tersebut akan membantu menjaga kesehatan kulit kepala secara alami.

5. Frekuensi Keramas

Terakhir adalah frekuensi keramas yang terlalu sering justru membuat rambut rusak. Salah satu masalahnya adalah rambut berketombe dan gatal.

Cara Mengatasi Ketombe Gatal

Cara Mengatasi Ketombe Gatal

Sementara itu berikut adalah beberapa cara dalam mengatasi ketombe gatal yang bisa kamu ikuti:

1. Terapkan Makanan Sehat

Pertama kamu harus mulai merubah pola hidup yang lebih sehat. Salah satunya dengan menjaga makanan dan mengurangi gula maupun minuman beralkohol.

2. Pilih Shampo Tepat

Kedua perhatikan pemilihan produk perawatan rambut secara tepat. Hindari “gonta-ganti” produk karena penasaran atau coba-coba. Hal ini jelas akan menimbulkan permasalahan baru jika tidak cocok. Salah satu rekomendasi Shampo terbaik yang bisa kamu coba adalah Clear Hair CareKetombe basah dan kering bisa diatasi dengan Shampo Clear Hair Care.

3. Jangan Garuk Kepala

Terakhir penyebab ketombe gatal dapat diatas dengan mengurangi intensitas menggaruk kepala. Atau kalau bisa usahakan jangan pernah menggaruknya. Sebagai kebiasaan alami tubuh hal tersebut justru memperparah kondisi kesehatan rambut kamu.

Itulah beberapa penyebab ketombe gatal dan cara mengatasinya. Bagi kamu yang mengalami permasalahan tersebut silahkan menerapkan informasi diatas agar ketombe lekas membaik.