Perbedaan KOL dan Influencer di Media Sosial

Perbedaan KOL dan Influencer di Media Sosial

Sudah tahu perbedaan KOL dan Influencer di media sosial? Jika belum, yuk simak disini. Perkembangan media sosial memberikan keuntungan bagi banyak orang mulai dari personal branding hingga mendapatkan penghasilan.

Tentu Anda sudah tidak asing dengan sebutan “seleb” di media sosial yang memiliki beragam niche kontennya masing-masing. Namun dalam dunia profesional, posisi setiap “seleb” tersebut lebih mudah disebut sebagai KOL maupun influencer. Berikut adalah penjelasan sekaligus perbedaannya.

Apa Itu KOL Influencer?

Meskipun hampir sama, namun kedua hal tersebut cukup berbeda. Berikut ini adalah penjelasannya secara lengkap:

Pengertian KOL

Pengertian KOL

KOL merupakan Key Opinion Leader adalah sebutan bagi seseorang yang mampu menggiring opini setiap orang dalam melakukan pembelian maupun transaksi. Umummnya KOL di sosial media akan memiliki keahlian yang lebih spesifik dan valid.

KOL saat ini sangat dibutuhkan dalam sosial media marketing untuk mensukseskan sebuat iklan. Bahkan saat ini 92% masyarakat cenderung lebih mempercayai rekomendasi dari keluarga, kerabat dan KOL melalui survei dari Nielsen.

Pengertian Influencer

Pengertian Influencer

Sementara influencer aalah seseorang  yang punya kemampuan dalam memberikan pengaruh kepada orang lain.  Dimana di media sosial pihaknya adlaah orang yang memiliki jumlah followers tertentu.

Sehingga dari dua penjelasan diatas bisa diketahui bahwa influencer merupakan seseorang, yang memiliki kemampuan dalam memberikan pengaruh. Sedangkan KOL memiliki keahlian dalam bidang tertentu, seperti stategi akan campaign bisa berjalan lancar.

Perbedaan KOL dan Influencer Secara Umum

Jika Anda masih bingung dengan dua penjelasan diatas, simak perbedaannya disini:

1. Media

Media

Perbedaan pertama terletak dari penggunaan media, yang digunakan oleh Influencer maupun KOL. Influencer umumnya menggunakan media sosial sebagai platform untuk promosi diri serta brand yang sudah menjalanin hubungan kerjasama.

Sementara itu KOL akan memakai media yang lebih tradisional, seperti radio maupun tv. Dimana mereka nantinya akan memakai profesi sekaligus pengatahuannya sebagai sumber promosi yang valid.

2. Monetisasi Jasa

Monetisasi Jasa

Umumnya bagi seorang KOL nantinya tidak akan memperoleh imbalan setelah melakukan promosi produk yang berkaitan pada profesinya. Sedangkan untuk influencer pasti akan mendapatkan imbalan jasa, uang sesuai dengan kesepakatan di awal kontrak kerjasama.

3. Motivasi Audiens

Motivasi Audiens

Salah satu perbedaan cukup mendasar yang perlu diketahui adalah motivasi audiensnya. Bagi influencer akan memiliki sekelompok pengikut yang menadi tujuan promosi produk maupun layanan.

Sedangkan KOL sendiri cenderung tidak mempunyai audiens. Mengingat pihaknya tidak mencari keuntungan dan menjadikannya sebagai pelengkap dalam aktivitas sehari-hari.

Itulah perbedaan KOL dan Influencer di media sosial. Saat ini content creator menjadi salah satu jenis pekerjaan baru yang menjanjikan dan cukup mudah dilakukan melalui media sosial. Mulai dari TikTok, Instagram dan media sosial lain bisa digunakan untuk membuat konten menarik dan mendapatkan keuntungan. Dibawah ini video cara mendapatkan puluhan milyar dari TikTok.

Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa KOL dan Influencer untuk meningkatkan penjualan/awareness bisnis, jasa KOL Rankpillar adalah solusi yang tepat. KOL Rankpillar merupakan salah satu agency KOL terbaik di Indonesia. Sebagai agency KOL, Rankpillar akan membantu Anda terhubung dengan ratusan ribu influencer dan KOL terbaik di berbagai industri untuk membantu pengembangan bisnis Anda.

WhatsApp