Pengertian Elektronika Industri dan Peluang Kerja

Pengertian Elektronika Industri dan Peluang Kerja

Sudah tahu pengertian elektronika industri? Jika belum yuk simak disini. Istilah elektronika industri identik dengan pendidikan kejuruan atau SMK. Saat ini pendidikan kejuruan menjadi salah satu opsi menarik bagi kebanyakan siswa di Indonesia. Bahkan sekolah menengah kejuruan juga menjadi pilihan populer karena menyediakan banyak peluang kerja setelah lulus nantinya.

Tentu ini bukan tanpa alasan, lulusan SMK sudah terlatih dengan pelajaran teori serta skill sesuai jurusan yang diminatinya. Tak heran jikan SMK membentuk lulusan siap kerja sesuai peminatan jurusan setiap siswa. Salah satu jurusan yang cukup banyak peminatnya adalah elektronika industri.

Pengertian Elektronika Industri

Pengertian Elektronika Industri

Pengertian elektronika industri adalah bidang yang mempelajari keterampilan serta keahlian seperti maintenance maupun system control.

Semua pembelajaran tersebut akan difokuskan terhadap semua peralatan industri dengan basis microprocessor serta electrical control. Sehingga bisa diketahui bahwa jurusan ini identik dengan teknologi yang sangat diperlukan dalam industri di lingkungan kerja nantinya.

Jurusan elektronika industri juga mendidik para siswanya dalam mempelajari beberapa komponen listrik serta beberapa jenis semikonduktor. Bisa dikatakan, jurusan ini masuk ruang lingkup teknik listrik serta elektro dengan arus kecil.

Keterampilan atau Skill

Keterampilan atau Skill

Di jurusan ini setiap siswa akan diajarkan banyak sekali keterampilan untuk meningkatkan peluang di dunia kerja. Berikut adalah beberapa keterampilan yang diajarkan:

  • Keterampilan di bidang teknik elektronika industri secara umum
  • Pengembangan sikap profesional dan mendidik siswa agar mempunyai daya saing di dalam karirnya
  • Dasar kelistrikan dan elektronika
  • Dasar teknik digital
  • K3
  • Dll

Peluang Kerja

Peluang Kerja

SMK elektronika industri memberikan banyak peluang kerja bagi siswanya. Berikut beberapa peluang kerjanya:

1. Electrical Design

Lulusan jurusan elektronika industri bisa bekerja sebagai electrical design. Profesi ini akan membantu proses pengembangan mesin terbaru yang erat kaitannya dengan teknologi serta sistem aplikasi kelistrikan.

2. Telecom Engineer

Selanjutnya adalah bekerja sebagai telecom enginerr yang erat kaitannya dengan internet. Tugas telecom engineer adalah memastikan keamanan, mendesain serta memastikan kinerja jaringan serta komputer berjalan dengan baik.

3. Robotic Enginerr

Pekerjaan lain yang bisa dilakukan oleh lulusan elektronika industri adalah bekerja sebagai robotic enginerr. Sesuai namanya, profesi tersebut akan bertugas sebagai perancang robotic dan pembuat sistem di dalamnya.

4. IT

Lulusan SMK Elektronika Industri juga bisa berprofesi dalam bidang IT. Disini ada beberapa posisi yang ditawarkan untuk lulusan ini, seperti IT auditor, business analyst dan lainnya . Sedangkan dari segi gaji sendiri prospeknya juga cukup tinggi.

5. Tenaga Pendidik

Terakhir juga bisa menjadi guru. Lulusan SMK jurusan Elektronika Industri dapat menjadi tenaga pendidik untuk beberapa mata pelajaran, seperti fisika, matematika maupun guru kejuruan.

Jayamap.co.id, Produsen Map Raport dan Map Ijazah

Jayamap.co.id, Produsen Map Raport dan Map Ijazah

Bagi SMK atau pengurus sekolah jenjang lainnya yang masih bingung mencari produsen map raport berkualitas, terbaik dan terpercaya bisa menghubungi Jayamap.co.id.

Jayamap.co.id atau Jaya Map adalah produsen tunggal percetakan map dan berbagai kebutuhan perkantoran lainnya yang sudah digunakan oleh banyak instansi. Mulai dari dinas perkantoran serta institusi pendidikan di seluruh Indonesia menggunakan produk dari Jaya Map.

WhatsApp