Cara Merawat Skin Barrier dengan 7X Ceramide Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series

Cara Merawat Skin Barrier dengan 7X Ceramide Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series

Cuaca yang tak menentu belakangan ini tampaknya memengaruhi kesehatan kulit. Beberapa diantaranya warna kulit menggelap, kulit terasa kasar, iritasi, gatal, mengelupas, bahkan kering hingga dehidrasi. Saya pun berasumsi bahwa itu karena skin barrier saya sedang mengalami kerusakan. Dan ketika mencari referensi di internet mengenai cara merawat skin barrier, disarankan untuk menggunakan produk yang mengandung Ceramide.

Kebetulan sekali saya sedang tertarik untuk menggunakan Scarlett Body Serum dan Body Lotion Loving Series. Sebab, kandungan utama dari kedua produk seri Loving dari Scarlett tersebut adalah 7X ceramide. Semakin membuat saya tertarik mencobanya terlebih saat mengetahui bahwa Scarlett Body Serum dan Body Lotion Loving Series ini adalah pioneer body care pertama yang menggunakan kandungan 7X ceramide.

Kerusakan skin barrier kulit tubuh rupanya tidak hanya disebabkan oleh paparan sinar matahari. Ada banyak hal yang dapat membuat skin barrier terganggu, yang mungkin kita tidak sadari menjadi penyebab utama gangguan pada kulit. Berikut diantaranya.

Apa Saja Penyebab Skin Barrier Rusak?

1. Terpapar Polusi

Terpapar Polusi

Penyebab pertama dari kerusakan skin barrier tak lain adalah paparan polusi. Skin barrier adalah lapisan terluar kulit yang bertugas melindungi kulit di bawahnya dari paparan polusi dan radikal bebas. Namun bila kita terus menerus berada di tempat yang tinggi polusi, maka dapat menyebabkan kulit menjadi stress kemudian memicu peradangan hingga merusak struktur skin barrier.

Salah satu tempat tinggi polusi adalah jalan raya. Bagi yang sering bepergian atau sehari-harinya harus berangkat kerja atau sekolah, sudah pasti akan rentan mengalami kerusakan skin barrier. Polusi seperti debu, asap kendaraan, asap rokok, inilah yang dapat menganggu keseimbangan bakteri kulit pada lapisan skin barrier. Jika keseimbangannya terganggu, maka sudah pasti skin barrier kita akan rusak, kemudian kulit akan rentan mengalami infeksi.

2. Paparan Sinar Ultraviolet

Paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet juga dapat menjadi penyebab kerusakan skin barrier. Terlebih bila kita keluar rumah saat terik-teriknya, dan lupa tidak memakai tabir surya. Sinar UV ini dapat mengganggu proses alami dari pengelupasan sel kulit mati. Bahkan juga membuat lapisan skin barrier ikut terkelupas secara berlebihan.

Sinar UV selain terdapat pada sinar matahari juga ditemukan pada alat penggelap kulit dan pengering cat kuku. Adanya sinar UV ini dapat membuat lapisan minyak pada skin barrier mengalami oksidasi yang kemudian mengurangi fungsi perlindungannya.

3. Kurang Tidur

Kurang tidur juga ternyata dapat menjadi penyebab skin barrier mengalami kerusakan. Tampaknya ini salah satu penyebab kenapa skin barrier saya bermasalah. Kurang tidur dapat meningkatkan penguapan kadar air pada kulit. Apa hubungannya? Jadi bila skin barrier kita rusak, maka lapisan pelindung ini semakin tidak mampu menjaga kadar air dalam kulit kita. Akhirnya kulit menjadi kering dan mengalami dehidrasi.

Selain itu, kebiasaan kurang tidur juga dapat mengganggu produksi kolagen dalam kulit, meningkatkan peradangan di dalam tubuh sehingga risiko mengalami kerusakan skin barrier semakin besar.

4. Tidak Menggunakan Pelembab

Tidak Menggunakan Pelembab

Kebiasaan saya yang melewatkan menggunakan pelembab juga rupanya menjadi salah satu penyebab kenapa skin barrier menjadi rusak. Karena saya memiliki kulit yang gampang berkeringat, jadi selalu merasa kalau body lotion tidak diperlukan lagi. Ternyata saya salah besar.

Justru body lotion dapat membantu menjaga minyak alami pada skin barrier kita. Akibatnya bila tidak menggunakan pelembab, minyak alami pada lapisan pelindung kulit akan lebih mudah hilang saat terkena paparan sinar matahari, polusi, maupun saat eksfoliasi. Imbasnya, kulit jadi kehilangan kelembapan, dan skin barrier kita pun rentan mengalami kerusakan.

5. Eksfoliasi Berlebihan

Eksfoliasi Berlebihan

Eksfoliasi memang perlu. Tapi eksfoliasi berlebihan dan dilakukan terlalu sering juga rupanya dapat mengangkat lapisan pelembab alami kulit. Sehingga skin barrier kulit kita akan rusak yang ditandai dengan salah satunya kulit kering dan mengelupas.

Cara Merawat Keseimbangan Skin Barrier

Setelah sudah tahu apa penyebab dari kerusakan skin barrier, kini saatnya kita memperbaiki dan merawatnya supaya fungsinya tetap berjalan dengan baik. Bagaimana caranya? Simak disini yuk.

1. Menggunakan Tabir Surya

Menggunakan Tabir Surya

Salah satu cara kita merawat skin barrier kulit adalah dengan menggunakan tabir surya. Terutama bila kita beraktivitas lebih sering di luar ruangan. Disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30, akan lebih baik lagi jika menggunakan sunscreen SPF 50. Hal ini dimaksudkan supaya paparan sinar UV tidak langsung mengenai kulit kita.

2. Menggunakan Produk Body Care Berbahan Ceramide

Menggunakan Produk Body Care Berbahan Ceramide

Kedua adalah dengan menggunakan body care yang mengandung ceramide. Mengapa ceramide? Rupanya ceramide adalah salah satu bahan pada produk perawatan wajah dan tubuh yang mirip dengan minyak kulit dan bisa mmperkuat lapisan pelindung kulit kita.

Bahan lain yang dapat meningkatkan kadar ceramide alami adalah niacinamide. Combo dari kedua bahan ini akan mempercepat proses memperkuat skin barrier. Begitupun dengan adanya aloe vera yang dapat membantu mengurangi peradangan atau inflamasi pada kulit.

Semua bahan-bahan itu bisa kita temukan dalam produk Scarlett Body Serum dan Body Lotion Loving Series loh. Loving series ini adalah bentuk inovasi dari Scarlett untuk merawat skin barrier yang berfokus pada kulit badan melalui kandungan 7X ceramide. 

Seringkali kita hanya menemukan kandungan ceramide untuk skincare wajah. Padahal kulit tubuh seperti lengan dan kaki juga tak kalah membutuhkan perawatan skin barrier. Tapi sekarang kita tidak perlu khawatir lagi karena Scarlett Body Serum dan Body Lotion Loving Series hadir sebagai produk pertama yang menggunakan bahan aktif 7X Ceramide.

Nah jadi, kedua produk ini harus kita pakai bersamaan. Dengan urutan: 1) oleskan body serum pada area tubuh yang sering terpapar sinar matahari secara merata, lalu biarkan hingga meresap, 2) oleskan body body lotion secara merata.

Baik body serum dan body lotion loving series Scarlett mengandung ingredients aktif yang aman untuk kulit sensitive. Teksturnya juga mudah meresap ke kulit secara sempurna dan tidak memberikan rasa lengket sama sekali. Apalagi ditambah wanginya yang mewah bak rose dan berries yang tahan lama sehingga akan membuat kamu merasa percaya diri seperti karakter Loving series yang flirty, graceful dan hopeless romantic.

Adapun ingredients utama dari Scarlett Body Serum dan Body Lotion Loving series diantaranya:

  • 7X Ceramide: menjaga kelembapan kulit, membantu merawat skin barrier, mencegah tanda-tanda penuaan dini, membantu menghaluskan kulit.
  • Glutathione: antioksidan paling kuat untuk mencerahkan kulit, melindungi kulit dari efek buruk sinar UV.
  • Niacinamide: membantu mencerahkan kulit, serta menyamarkan noda gelap.
  • Shea Butter: menjaga kelembapan kulit, melindungi dari efek buruk sinar UV.
  • Titanium Dioxide: melindungi kulit dari  bahaya sinar UVA dan UVB.
  • 5 Phyto Oil: Scarlett’s secret formula untuk mencerahkan.
  • Vitamin E: menyejukkan kulit yang teriritasi ringan, merawat kekencangan dan elastisitas kulit.

Scarlett Body Serum dan Body Lotion Loving series ini menurut saya worth the hype. Body serumnya memiliki manfaat 3x mencerahkan dan meratakan warna kulit dengan non sticky ingredients, lalu body lotionnya bermanfaat extra mencerahkan oleh adanya Glutathione bahkan sejak pemakaian pertama. Semua klaimnya ini memang langsung saya rasakan bahkan dari sejak pemakaian pertama kali. Hasilnya seperti gambar di bawah ini, terlihat kan bedanya.

Testimoni

Buat saya, body serum dan body lotion Loving series Scarlett ini tuh sangat recommended. Kamu bisa beli produknya di link https://linktr.ee/scarlett_whitening. Pastikan kamu juga selalu cek keaslian produk di https://verify.scarlettwhitening.com. Isi data yang diminta lalu masukkan serial kode yang bisa kamu temukan di stiker hologram pada kemasan. Setelah itu akan muncul verified pada produk asli bila kode serialnya terdaftar. Semoga bermanfaat.