Ini Dia! 5 Cara Meningkatkan Traffic Website Paling Ampuh

Ini Dia! 5 Cara Meningkatkan Traffic Website Paling Ampuh

Dalam meningkatkan traffic web, penggunaan nama domain unik, layout keren, dan konten yang berkualitas saja belum cukup. Diperlukan beberapa cara meningkatkan traffic website  secara khusus yang ampuh dan memberikan hasil nyata.

Dengan adanya traffic web yang meningkat, otomatis akan membuat konten Anda banyak dibaca audiens dan semakin banyak pula penghasilan yang diperoleh.

Cara Meningkatkan Traffic Website

Dengan menerapkan beberapa cara yang tepat, website tentu tidak akan mengalami penurunan traffic. Berikut ini ada 5 cara meningkatkan traffic website yang ampuh.

1. Optimalkan Website untuk Mesin Pencari

Penggunaan teknik Search Engine Optimization yang tepat akan membantu meningkatkan traffic organik ke web dan menaikkan peringkat web di SERP. Memaksimalkan SEO juga akan mendatangkan banyak pengunjung pada akun Anda.

Saat melakukan riset, pahami dan pelajari berapa banyak audien yang mencari keyword dan seberapa ketat persaingannya. Tentukan keyword mana yang akan Anda gunakan untuk memperoleh peringkat tertinggi di mesin pencarian google.

2. Mulai Campaign Email Marketing

SEO On-Page memang dianggap cara meningkatkan traffic website yang bagus untuk menarik audiens, meski demikian Anda perlu memastikan bahwa audien tersebut tidak hanya berkunjung satu kali saja. 

Ajaklah audien berinteraksi, seperti mengirimkan newsletter reguler atau promosi melalui email. Bangunlah relasi dengan audien agar mereka tidak hanya berkunjung satu kali pada web Anda. 

3. Posting di Media Sosial Secara Teratur

Media sosial adalah salah satu tools yang dirasa paling ampuh dalam menaikkan traffic web. Dengan memanfaatkan media sosial dengan baik, dijamin audiens akan banyak mengunjungi website Anda.

Pastikan bahwa konten medsos Anda mudah dibagikan dengan cara menyematkan tool social sharing. Selain itu, bersikaplah proaktif dan jangkau calon audiens Anda. 

Selalu bagikan di sosial media setiap kali Anda mengupload konten-konten baru. Konten yang bisa Anda buat, seperti infografis, foto, video, cuplikan blog, dll. Dengan begitu, cara meningkatkan traffic website jauh lebih signifikan.

4. Tulis Konten yang Bagus

Inti dari setiap website adalah kontennya. Konten yang menarik pasti akan menarik audiens setia. Bahkan jika konten yang Anda buat berhasil memikat audiens, pasti mereka akan membagikannya dengan orang lain.

Untuk menerapkan cara meningkatkan traffic website terkait kontennya, bisa dilakukan hal-hal berikut:

  • Riset Keyword. Riset dan kembangkan keyword menjadi topik utama tulisan. Pilih keyword yang menarik audiens pada SERP. Untuk analisis keyword, gunakan tools seperti Semrush, Google Keyword Planner, dll.
  • Headling harus mampu memancing rasa ingin tahu seseorang. Headling sangat mempengaruhi perhatian audiens. Semakin menarik headling yang dibuat, maka semakin bagus. 
  • Hindari kalimat bertele-tele. Konten harus jelas dan ringkas. Banyak orang yang membaca konten dengan tujuan menemukan informasi yang sedang dicari. Jangan suguhi dengan kalimat yang panjang dan berbelit. 
  • Buat konten yang informatif. Konten yang dibuat harus memberikan jawaban atas pertanyaan yang banyak dicari pada google. Hindari kalimat yang tidak nyambung dan membingungkan pembaca. 
  • Tambahkan video atau gambar. Jika suatu konten yang dibuat tidak diselingi dengan gambar/video, tentu akan terlihat membosankan. Usahakan sisipkan elemen visual untuk menjadikan konten Anda lebih menarik. 
  • Cek tata penulisan konten. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan tools penulisan yang membantu memeriksa tata bahasa dan ejaan, seperti Grammarly.

Agar bisa menghasilkan tulisan yang baik dan sesuai PUEBI, sering-seringlah berlatih dan kuasai banyak perbendaharaan kata. Seiring berjalannya waktu, tulisan konten yang efektif mampu menaikkan traffic pada website Anda.

5. Buat Website Anda Mobile Friendly

Buat Website Anda Mobile Friendly

Website yang Anda kelola harus mudah diakses pada perangkat seluler. User experience yang baik adalah salah satu cara meningkatkan traffic website dengan maksimal. Jika user experience buruk maka akan berpotensi menghilangkan sebagian besar traffic.

Selain itu, website harus responsif, yaitu otomatis bisa menyesuaikan desainnya dengan berbagai ukuran layar pada perangkat seluler. Hal ini bertujuan untuk menjadikan audiens nyaman saat membaca konten.

Untuk mengetahui apakah web Anda sudah memenuhi standar, cobalah untuk memeriksanya dengan tool mobile-friendly Google. 

Dengan adanya web yang responsif, sangat berpengaruh besar pada peningkatan SEO. Untuk menentukan peringkat dan indexing, google menerapkan mobile first indexing dengan bot versi seluler website.

Hal ini menjadikan web yang tidak responsif akan mengalami penurunan peringkat dan harus berjuang keras untuk mendapat peringkat bagus di SERP.

Selain itu, memaksimalkan SEO bisa dibantu dengan mempromosikan web dan memodifikasi konten di dalamnya. Semakin tinggi posisi web di hasil pencarian, akan mendorong traffic organik yang didapat.

Cara meningkatkan traffic website di atas banyak digunakan oleh para web developer. Dengan perlahan memperbaiki sistem yang kurang sempurna, maka traffic website juga akan meningkat.