5 Kebiasaan Kecil Untuk Meningkatkan Hidup dari Produktivitas hingga Kreativitas

Pilihan yang kita buat dalam kehidupan kita sehari-hari menentukan masa depan kita dalam jangka panjang. Termasuk dengan membangun 5 kebiasaan kecil ini.

Seperti yang dikatakan dengan baik oleh John Maxwell:

"Anda tidak akan pernah mengubah hidup Anda sampai Anda mengubah sesuatu yang Anda lakukan setiap hari."

Kita tidak bisa hanya mengandalkan kemauan keras untuk membuat kita melewati penundaan dan membantu kita mencapai hal-hal hebat dalam hidup. Tekad itu terbatas, dan memudar saat malam tiba.

Jadi, untuk mencapai hal-hal hebat dalam hidup, kita harus menetapkan sistem dan kebiasaan yang mendukung perjalanan kita menuju tujuan yang berarti.

Banyak orang yang telah membentuk beberapa kebiasaan kecil selama beberapa tahun terakhir dan membantu mereka meningkatkan produktivitas dan mengaktifkan tombol kreatif mereka. Dikutip dari REKAH, ada 5 kebiasaan kecil untuk meningkatkan hidup dari produktivitas hingga kreativitas.

1. Tuliskan Ide

Mengandalkan ingatan Anda untuk mengingatnya sering kali mengecewakan. Sebab, kita memiliki jutaan pikiran setiap hari. Sebagian besar dari pemikiran ini tidak berarti dan tidak memiliki tujuan sama sekali, tetapi beberapa sisanya berharga; jika gagasan-gagasan itu Anda catat dan resapi, maka, mereka memiliki potensi untuk mengubah hidup Anda sepenuhnya.

Saya telah membiasakan diri untuk menuliskan ide-ide segera setelah mereka datang kepada saya. Saya menyimpan buku catatan di meja saya setiap saat, dan jika saya berjalan-jalan atau melakukan hal lain, saya merekam pikiran saya sebagai catatan suara atau pesan teks. Mengetahui bahwa saya dapat menggunakannya atau menerapkannya nanti meredakan kekhawatiran saya.

2. Beri Jeda Sebelum Anda Menanggapi

Setiap kali menemukan diri Anda berada di tengah-tengah perdebatan sengit dengan keluarga, teman, pasangan, atau rekan kerja, Anda mudah terbawa oleh emosi sendiri dan berperilaku dengan cara yang kemudian Anda sesali.

Sebelum menjawab, jeda atau jika mungkin keluarkan diri Anda dari situasi itu; jangan menyerah pada dorongan hewani Anda, di saat panas.

Memang tidak mudah, tetapi jika Anda menunda reaksi sekarang atau menjauhkan diri dari situasi tersebut, Anda akan memiliki waktu untuk mempertimbangkan sudut pandang alternatif.

Yang membuat Anda mencegah konflik yang tidak perlu, dan menjadi lebih sadar bagaimana emosi dapat menyebabkan kita melakukan hal-hal yang tidak kita lakukan.

3. Baca Sesuatu Setiap Hari

Di era informasi, di mana otak kita dibakar dengan dopamin murah dari video pendek dan bentuk konten lain yang merampas kemampuan kita untuk fokus pada satu aktivitas, membaca bermanfaat bagi pikiran dan metode yang bagus untuk mengonsumsi konten.

Dengan membaca buku-buku bagus, Anda akan mendapatkan pengetahuan dan sudut pandang baru, yang akan mengubah cara Anda memandang dunia dan cara Anda memikirkannya. Selain itu, pola pikir baru tersebut akan membantu Anda membuat keputusan yang cerdas dan praktis sepanjang hidup Anda.

4. Tulis Sesuatu Setiap Hari

Bagaimana Anda membuat jurnal jauh lebih penting. Jurnal bukan untuk pembaca, tapi untuk penulis. Tidak ada cara yang benar atau salah. Intinya adalah melakukannya dan memiliki waktu tenang dengan pikiran kita.

Kita mungkin mengosongkan pikiran kita dengan menuliskan beban emosional kita alih-alih menyimpannya di kepala kita. Menulis membantu Anda dalam:

  • Mendapatkan kesadaran akan realitas.
  • Mengurangi stres dan kecemasan.
  • Membuat penilaian yang lebih baik.
  • Bantu kami dalam mengenal diri sendiri dan pola pikir kami.

5. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Ada bukti ilmiah mengapa pergi ke luar dan mendapatkan cahaya membuat Anda merasa lebih baik. Serotonin adalah hormon yang meningkatkan mood dan membantu menjaga ketenangan dan fokus. Sinar matahari meningkatkan jumlah serotonin tubuh Anda.

Sebagian besar dari kita yang bekerja di era informasi terus-menerus menatap layar sepanjang hari, tetapi ini memiliki konsekuensi. Layar mengubah tubuh kita dan bahkan mungkin otak kita.

Jadi untuk mengurangi efek layar pada tubuh dan pikiran kita, kita perlu memaparkan diri kita ke sinar matahari agar tetap waras.