Fungsi Kipas Processor pada Komputer

Selain laptop, komputer atau PC menjadi salah satu elektronik yang dibutuhkan oleh banyak orang. Dimana alat elektronik ini bisa digunakan untuk bekerja,berselancar di internet, bermain game, pengolahan video dan sebagainya. Penggunaan komputer yang terlalu lama bisa membuat komponennya panas sehingga dibutuhkan kipas processor.

Fungsi kipas processor pada komputer sangatlah banyak sehingga keberadaannya selalu dicari. Kamu yang belum tahu kipas processor itu apa dan fungsinya apa saja, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Kipas Processor?

Kipas processor merupakan salah satu bagian penting dari komputer. Kipas processor ini terletak di atas atau di sebelah processor. Processor adalah otak dari komputer dan bisa bekerja dengan cepat untuk melakukan perhitungan dan juga pemrosesan data. Semakin cepat processor bekerja maka banyak panas yang akan dihasilkan.

Membiarkan processor dengan suhu terlalu tinggi dalam waktu yang lama, tentu saja bisa menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen komputer lainnya. Selain itu, juga bisa menyebabkan komputer mati total sehingga tidak bisa digunakan.

Supaya kejadian tersebut tidak kamu alami, maka diperlukan kipas processor. Kipas processor ini bekerja dengan cara mengambil udara di sekitarnya lalu meniupkannya ke atas ataupun ke samping processor sehingga suhu di sekitar processor bisa turun.

Kipas processor sendiri terdiri dari baling-baling kecil yang berputar dengan sangat cepat. Selain itu, kipas processor juga didukung oleh motor kecil yang memungkinkan kipas bisa berputar dengan kecepatan yang tinggi.

Fungsi Kipas Processor pada Komputer

Berikut ini beberapa fungsi kipas processor yang ada pada komputer:

1. Menjaga Kestabilan Suhu di dalam Komputer

Fungsi kipas processor yang pertama adalah bisa menjaga kestabilan suhu di dalam komputer. Ini dikarenakan saat processor bekerja akan menghasilkan panas yang cukup tinggi dan terus menerus. Apabila suhu di sekitar processor terlalu tinggi akan mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen lain dalam komputer dan bisa membuat komputer mati total.

2. Mendinginkan Suhu di Sekitar Komputer

Suhu komputer yang terlalu tinggi bisa didinginkan oleh kipas processor. Kipas ini akan mendinginkan suhu di sekitar komputer agar tetap stabil atau berada di kisaran suhu yang aman. Dengan begini maka komputer akan terhindar dari kerusakan.

3. Membantu Menghindari Kebisingan

Fungsi kipas processor selanjutnya yaitu bisa membantu menghindari kebisingan yang tidak diinginkan. Ketika kipas processor berputar dengan cepat, maka akan menciptakan suara yang cukup bising. Akan tetapi, kipas processor sudah dirancang dengan baik sehingga bisa mengurangi kebisingan tersebut. Dengan begini maka komputer akan tetap bekerja dengan tenang dan tidak mengganggu penggunanya.

4. Meningkatkan Performa Komputer

Pada saat suhu di sekitar processor tetap stabil, maka processor bisa beerja denhan lebih efisien dan juga bekerja dengan kecepatan yang lebih tinggi. Hal ini tentu saja bisa membantu meningkatkan kinerja komputer secara keseluruhan, terutama untuk penggunaan yang cukup intensif seperti bermain game ataupun pengolahan video.

Fungsi kipas processor pada komputer memang sangat banyak. Tidak mengherankan jika kemudian kipas processor dianggap sebagai salah satu komponen komputer tang keberadaannya sangat penting. Bisa dibilang komponen ini merupakan otak dari komputer.

Supaya kipas processor bisa bekerja dengan baik, maka harus dibersihkan dengan rutin. Kipas processor yang bersih akan melindunginya dari kerusakan akibat panas pada CPU yang berlebihan. Debu yang menempel pada baling-baling kipas bisa mengganggu kinerja dari kipas tersebut sehingga harus segera dibersihkan.

Dari penjelasan diatas disimpulkan bahwa keberadaan kipas processor sangat penting karena bisa menjaga suhu processor tetap stabil dan terhindar dari komputer. Oleh karena itu, kamu sebagai pengguna komputer harus memperhatikan komponen ini. Untuk lebih lengkapnya silahkan berkunjung ke website Ace Komputer dan COC Komputer untuk mendapatkan informasi mengenai komputer khususnya prosesor. Semoga bermanfaat!