Cara Scan Barcode BPOM Tanpa Aplikasi

Sebagai lembaga yang mengawasi keamanan produk makanan dan obat-obatan yang beredar, maka BPOM mewajibkan konsumen untuk lebih bijak dan jeli memastikan keamanan. Caranya dengan melakukan scan barcode BPOM pada kemasan produk. Anda bisa lakukan scan barcode BPOM tanpa aplikasi dengan mengikuti panduan dibawah ini.

Cara Scan Barcode BPOM Tanpa Aplikasi

Berita miring tentang keamanan produk sangat banyak beredar di pasaran. Jangan mudah percaya dengan berita yang benar, sekalipun kadang ada yang benar dan tidak benar.

Untuk itu, sebagai konsumen yang bijak dan cerdas, maka Anda harus memastikan bahwa produk yang digunakan benar-benar sudah teregistrasi di BPOM. Sehingga, keamanan produk tak perlu dipertanyakan lagi dan bisa dibuktikan secara mandiri melalui nomor barcode yang telah tersedia pada label kemasan produknya.

Beberapa produk bahkan sudah memfasilitasi scan barcode tanpa aplikasi juga untuk menjamin mutu dan keamanan produk. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba salah satu produk yang dibeli lalu coba lakukan scan barcode BPOM tanpa aplikasi dengan panduan berikut ini.

1. Menggunakan Smartphone dengan Fitur Kamera

Pertama, Anda harus sudah memiliki smartphone maupun tablet yang sudah dibekali oleh fitur kamera yang jelas. Sehingga, barcode dapat terbaca dengan jelas di kamera.

Kamera tersebut akan digunakan untuk memindai kode QR yang terdapat ada label BPOM di kemasan produk. Selain memastikan kameranya, pastikan juga kalau produk tersedia barcode yang dapat di scan ya.

Setelah itu, fokuskan kameranya pada kode QR di label BPOM tersebut. Namun, perhatikan bahwa kameranya sudah berada di jarak yang tepat dan fokus supaya kode QR nya bisa terbaca dengan baik.

Jika kode QR nya terbaca jelas, maka tunggulah sampai informasi tentang produknya muncul. Informasinya akan berisikan nama produk, nama produsen, nomor izin edar, dan lainnya.

2. Menggunakan QR Code Scanner

Siapa bilang scan kode QR harus dengan aplikasi tambahan, Anda bahkan bisa lho scan menggunakan QR Code Scanner yang ada di Google Chrome.

Setelah fitur tersebut diaktifkan, Anda bisa langsung memindai barcode produk yang terdapat pada label produknya. Jika sudah berhasil dipindai, akan muncul informasi yang ada pada barcode tersebut.

3. Menggunakan Google Lens

Google Lens adalah fitur yang sudah ada di Aplikasi Google. Fitur ini ternyata berfungsi untuk memindai barcode produk tanpa perlu menggunakan aplikasi khusus dari Google Play Store maupun App Store.

Anda bisa menggunakan Google Lens dalam memindai barcode produk pada labelnya. Seperti fitur lainnya, hasil pun akan muncul apabila pemindaian kode produknya berhasil dilakukan.

4. Menggunakan Web Browser

Terakhir, pemindaian kode QR BPOM bisa dicoba melalui web browser yang telah tersedia di smartphone. Nah, Anda hanya perlu untuk membuka halaman website BPOM.

Kemudian, masukkan nomor barcode yang terdapat di label produk. Lalu, situs akan menampilkan sederet informasi yang telah tersedia di barcode produk tersebut.

Jadi pada intinya, pengecekan keamanan produk sebelum dikonsumsi dan digunakan adalah hal penting. Sebab, sangat berkaitan dengan kesehatan kita ke depannya. Maka dari itulah, scan barcode BPOM tanpa aplikasi ini tidak boleh dilewatkan.

Apalagi, kini scan barcode BPOM tanpa aplikasi bisa dilakukan dengan mudah. Jadi, sudah tak ada alasan lagi untuk melewatkan pengecekan keamanan produk ini. Sekarang, giliran Anda untuk mengecek keamanan produk yang pernah dibeli dengan cara-cara di atas!