Cara Agar Story WA Tidak Buram, Dijamin HD!

Cara agar story WA tidak buram wajib diketahui oleh para pengguna aplikasi WhatsApp. Fitur unggah story yang dihadirkan oleh WhatsApp membuat banyak user yang menggunakannya untuk membuat story di WhatsApp.

Sebab, fitur ini dapat menampilkan tulisan, foto, dan video yang statusnya hanya akan terlihat selama 24 jam. Setelah itu, story akan menghilang secara otomatis apabila telah melewati dari waktu tersebut. Namun dalam mengunggah status terkadang ada masalah yang dialami, yaitu hasil statusnya menjadi buram.

Story WA yang buram atau pecah memang membuat mereka kurang puas. Baik itu orang yang mengunggah storynya atau mereka yang melihat story tersebut. Sebab, kurang memuaskan jika foto atau video yang dilihat tidak memiliki kualitas HD.

Cara Agar Story WA Tidak Buram, Simak!

Membuat story WA dengan kualitas HD memang menjadi kepuasan tersendiri oleh para penggunanya. Maka dari itu, ketika hasil story WA mereka terlihat buram, biasanya mereka akan segera mencari solusinya. Adapun cara agar story WA tidak buram yaitu Anda bisa melakukan dengan cara seperti ini:

1. Crop Sebelum Posting ke Status WA

Cara agar story WA agar tidak buram bisa Anda lakukan dengan cara yang mudah dan praktis. Salah satunya yaitu dengan memotong atau crop sebelum mengunggah ke postingan WA. Dengan cara ini, Anda tidak perlu memakai aplikasi.

Memotong foto sebelum diunggah ke status WhatsApp menjadi cara yang mudah dan secara otomatis akan merubah foto ke dalam ukuran yang lebih kecil.

Dengan cara ini, tampilan foto status pada postingan Whatsapp Anda tidak akan menjadi blur ataupun pecah-pecah. Meski demikian, foto ini tetap tidak bisa Anda lihat secara utuh karena sudah dicrop.

2. Kompres Foto dengan Lit Photo

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi status WhatsApp yang rusak atau buram yaitu dengan mengkompres foto dengan menggunakan aplikasi. Dengan menggunakan cara ini, Anda bisa memperkecil ukuran foto tanpa merubah kualitas foto sedikitpun.

Sekarang ini sudah banyak aplikasi yang hadir untuk kebutuhan mengecilkan resolusi foto, salah satunya yaitu LitPhoto. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengkompres foto. Namun Anda harus mengunduh aplikasi ini terlebih dulu secara gratis lewat Play Store.

Adapun cara menggunakan aplikasi ini untuk mengkompres foto antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pertama, Instal Foto Lit di Play Store.
  • Selanjutnya, Buka Aplikasi Lit Photo.
  • Klik selanjutnya pada opsi Kompres foto.
  • Pilih dan klik foto kanan atas yang akan digunakan untuk status Whatsapp.
  • Selanjutnya, klik Ukuran Peta pada Opsi Kompresi .
  • Pilihlah ukuran lalu masukkan ukuran maksimal 149 kb.
  • Sesudah Anda menyesuaikan semuanya, Anda bisa klik mulai kompresi.
  • Proses kompres foto akan segera dilakukan, Anda tinggal menunggu hingga proses selesai.
  • Sesudah selesai, mulailah untuk mengunggah foto mulai dalam status WA, hasilnya sudah bisa HD.

3. Gunakan Panda Video untuk Mengkompres Video

Proses kompres tidak hanya digunakan untuk membuat kualitas foto di story menjadi lebih jernih dan HD. Akan tetapi, kompres juga bisa dilakukan untuk membuat status video yang diupload menjadi lebih jelas.

Aplikasi untuk melakukan kompres file video dan foto memang memiliki perbedaan. Dengan demikian, Anda perlu menginstal aplikasi lain.

Nah, jika Anda ingin mengunggah status WA berupa video dengan kualitas yang bagus, maka cara agar story WA tidak buram bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi Panda Video.

Untuk mengkompres video pada status WA dengan Video Panda, maka Anda bisa melakukan cara seperti berikut ini:

  • Pertama, Instal Video Panda dari Play Store terlebih dulu.
  • Selanjutnya, buka aplikasi Panda yang telah terinstal di smartphone masing-masing.
  • Pilihlah video yang akan dikompres. Selanjutnya, klik tombol Berikutnya pada bagian pojok bawah.
  • Lanjutkan dengan memasukkan ukuran video dari laman pengaturan (Setel Ukuran).
  • Selanjutnya, klik pilihan File Kecil (Berbagi dengan Mudah) lalu klik Kompres.
  • Tunggulah hingga proses kompresi file selesai.
  • Unggah video ke status WhatsApp.

Cara agar story WA tidak buram bisa Anda Anda terapkan dengan cara menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Dengan mengetahui cara tersebut, kini Anda bisa mengunggah story yang lebih berkualitas dan HD.