6 Jobdesk Operator Grader yang Perlu Kamu Ketahui

Grader termasuk alat berat yang biasanya digunakan untuk meratakan atau memperbaiki permukaan tanah. Misalnya meratakan jalan raya, memperbaiki lahan pertanian atau berbagai pekerjaan lainnya.

Motor grader ini dikendalikan penuh oleh operator yang berada di kendaraan tersebut. Jobdesk operator grader ini cukup beragam dan ini yang perlu diketahui oleh setiap orang.

Selama ini operator tersebut hanya dikenal mengendalikan motor saat meratakan jalan saja. Padahal selain itu masih ada beberapa tugas dari operator yang mengoperasikan grader ini.

6 Jobdesk Operator Grader

Orang yang mengoperasikan grader ini memiliki beberapa tugas penting diantaranya sebagai berikut:

1. Memeriksa Kondisi Grader

Sebelum motor grader digunakan maka operator ini akan melakukan pengecekan terlebih dahulu. Bentuk pengecekan bukan hanya pada motor tetapi berbagai peralatan didalamnya.

Misalnya sistem hidraulik, mesin, roda pada gigi motor, mesin, transmisi dan yang lainnya. Semua bagian tersebut harus di cek dengan seksama agar tidak ada masalah saat menjalankan grader tersebut.

2. Menjaga Kualitas Permukaan Tanah

Ketika motor ini sudah dijalankan maka operator perlu memastikan kualitas permukaan pada tanah. Pastikan kondisi tanah atau jalan sudah sesuai dengan rencana dan spesifikasi yang telah ditetapkan.

Selain itu tanah tersebut juga harus dipastikan memiliki permukaan yang halus dan rata. Maka dari itu tidak heran jika operator akan terus memperhalus tanah hingga benar-benar rata.

3. Membuat Rencana Kerja

Sebelum pekerjaan dimulai, operator grader juga perlu membuat rencana kerja terlebih dahulu. Misalnya luas tanah yang akan dihaluskan dan beberapa rencana lain terkait pekerjaan tersebut.

Setelah rencana itu dibuat maka operator harus menjalankan tugas tersebut sesuai yang ditetapkan. Umumnya rencana itu diberikan terlebih dahulu ke supervisor untuk di cek dan setelah disepakati maka pekerjaan bisa langsung dimulai.

4. Mengoperasikan Grader dengan Aman

Dalam menjalankan tugasnya, grader tidak boleh sembarangan mengoperasikan mesin tersebut. Operator harus terampil dan melakukan tugas tersebut dengan aman dan sesuai kesepakatan yang ada.

Bentuk keamanan mengoperasikan ini seperti mengendalikan kecepatan dari alat tersebut. Selain itu dalam hal pergerakan juga harus tepat dan sesuai dengan presisi yang ditentukan.

Kamu bisa menemukan pekerjaan yang cocok mu di TrustJobMy.

5. Mengukur dan Menandai Permukaan Tanah

Operator harus membaca dan menganalisa terlebih dahulu ukuran tanah yang akan dikerjakan tersebut. Selain itu permukaan tanah juga perlu dilihat mulai dari spesifikasi dan kualitasnya.

Setelah proses tersebut maka operator bisa mengukur luas permukaan tanah yang akan dihaluskan. Ketika pengukuran selesai, operator harus menandai beberapa bagian yang ada agar proses penghalusan dan pemerataan tanah sesuai kesepakatan yang ada.

6. Perawatan Rutin pada Grader

Saat grader sudah selesai digunakan maka operator juga perlu melakukan perawatan secara rutin. Bentuk perawatan tersebut bukan hanya pada mesin tetapi berbagai peralatannya juga perlu dirawat dengan baik.

Misalnya membersihkan beberapa bagian dan mengganti onderdil yang mengalami kerusakan atau aus. Jika perlu, operator juga harus membawa ke bengkel resmi jika tingkat kerusakannya tidak bisa ditangani sendiri.

Jadi itulah beberapa jobdesk operator grader dimana tugasnya termasuk cukup lengkap. Sebelum pemerataan tanah, operator harus mengukur dan menandai beberapa bagian yang akan dikerjakan.

Cari pekerjaan sebagai operator grader di job vacancy.

Ketika sudah selesai, operator perlu mengecek grader terlebih dahulu mulai mesin dan peralatan yang ada. Terakhir operator bisa menjalankan tugas ini dan mengoperasikan grader sesuai ketentuan yang ada. Operator harus menggunakan grader secara aman dan mengukur tingkat kecepatannya.